7 Aplikasi yang Wajib Diinstal di PC Gaming

Ada Discord hingga Bluestacks

Intinya Sih…
BERITAMILENIAL

  • Steam adalah toko dan launcher game digital teratas dengan katalog game lengkap, termasuk game free-to-play yang seru.
  • Discord penting untuk berkomunikasi saat bermain game online bersama teman, bergabung ke server, atau streaming bersama.
  • CCleaner direkomendasikan untuk menghapus file sampah yang mempengaruhi performa PC gaming, sementara Opera GX adalah browser ringan untuk gaming.

 PC gaming tidak akan maksimal apabila tidak digunakan dengan aplikasi yang tepat. Sebab diluar sana, ada banyak aplikasi yang kurang direkomendasikan karena menaruh embel-embel bisa meningkatkan performa PC, padahal nyatanya malah membuat PC menjadi lemot. Jika kamu seorang gamer dan punya PC gaming dengan spesifikasi apik, ada beberapa aplikasi yang wajib kamu instal. Mulai dari aplikasi untuk membeli game secara digital hingga emulator untuk bermain game dari platform lain, berikut 7 diantaranya.

1. Steam

7 Aplikasi yang Wajib Diinstal di PC Gaming

Ketika berbicara soal aplikasi wajib untuk PC gaming, Steam menjadi yang teratas. Aplikasi ini pada dasarnya adalah toko sekaligus launcher untuk game-game digital yang bisa kamu beli. Aplikasi yang mirip dengan Steam memang banyak, namun Steam sejauh ini jadi yang paling terkenal dan punya katalog game yang paling lengkap. Selain game-game berbayar (yang sering mendapatkan diskon di musim-musim tertentu), Steam juga menawarkan game free-to-play yang tak kalah seru untuk dimainkan.

2. Discord

7 Aplikasi yang Wajib Diinstal di PC Gaming
Jika kamu termasuk gamer yang suka bermain game online bersama temanmu, Discord jadi aplikasi yang tidak boleh dilewatkan. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk berkomunikasi dengan temanmu ketika bermain game lewat panggilan suara. Selain itu, Discord juga bisa kamu gunakan untuk bergabung ke berbagai server atau komunitas berbeda untuk game-game tertentu atau bahkan, menggunakannya untuk streaming apapun yang kamu mainkan bersama temanmu.

3. CCleaner

7 Aplikasi yang Wajib Diinstal di PC Gaming

Salah satu cara terbaik untuk memastikan performa PC gaming tetap maksimal adalah dengan menghapus file sampah yang dapat mempengaruhi performa. Dari sekian banyaknya aplikasi, CCleaner jadi yang paling direkomendasikan. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis maupun berbayar, di mana versi gratisnya sudah lebih dari cukup untuk sebagian besar pengguna. CCleaner punya user-interface yang ramah pengguna awam dan sangat ringan untuk dioperasikan.

Baca Juga: 7 Mitos Mengenai PC Gaming yang Sama Sekali Tidak Benar

4. Opera GX

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 7 Platform AI Terbaik untuk Desain Grafis, Apa Saja?
  • 3 Cara Melihat Kata Sandi Email yang Lupa, Pakai HP dan Laptop
  • Mengenal Ransomware, Kejahatan Siber yang Bisa Lumpuhkan Sistem!
7 Aplikasi yang Wajib Diinstal di PC Gaming
Opera GX dipasarkan sebagai “browser untuk gamer” dan itu bukan tanpa alasan. Browser ini jadi browser yang dapat meningkatkan pengalaman PC gaming-mu. Sederhananya, Opera GX memastikan jika dirinya tidak mengonsumsi banyak sumber daya PC-mu yang penting untuk kebutuhan bermain game. Browser ini juga memungkinkanmu untuk mengatur batas penggunaan prosesor/CPU, RAM dan bandwidth jaringan. Opsi kustomisasinya juga beragam dan UI-nya juga terlihat cukup ‘gaming’.

5. MSI Afterburner

7 Aplikasi yang Wajib Diinstal di PC Gaming
Selanjutnya adalah MSI Afterburner, aplikasi yang cocok untuk gamer yang merasa jika performa PC gaming mereka kurang maksimal dan ingin performa yang lebih. Meski pada awalnya hanya dirancang untuk GPU dari MSI, aplikasi ini kini bisa digunakan untuk GPU buatan brand manapun. Lewat MSI Afterburner, kamu bisa mengatur voltase, batas tenaga, clock speed dan lain-lain dari GPU-mu. Pastikan jika kamu tidak mendorong kemampuan PC-mu melebihi batasnya untuk menghindari resiko overheating dan kerusakan komponen diluar GPU.

6.PC Gaming Launchbox

7 Aplikasi yang Wajib Diinstal di PC Gaming
Tidak ada platform resmi seperti Steam untuk pemain yang ingin mengakses semua game-game klasik yang ingin mereka mainkan via emulator dengan mudah. Untungnya, muncul aplikasi bernama Launchbox yang memungkinkanmu untuk mengelola semua game klasik sehingga bisa kamu akses dengan lebih mudah dan cepat. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengelola dan mencari semua emulator dan game klasik didalam satu tempat dan menjalankannya secara langsung tanpa ribet.

7. Bluestacks

7 Aplikasi yang Wajib Diinstal di PC Gaming
Bagian terbaik dari PC gaming dibanding konsol adalah keserbagunaannya. Selain emulator game-game klasik, PC juga menyediakan emulator untuk game Android di mana salah satunya adalah Bluestacks. Sejauh ini, Bluestacks jadi yang paling kaya akan fitur meski memang butuh PC dengan spesifikasi tinggi untuk bisa dijalankan dengan optimal. Yang menarik, kamu juga bisa mengakses Bluestacks dengan streaming via cloud atau bermain langsung via browser (hanya untuk beberapa game tertentu dengan label “Instant Play in Browser”).

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa aplikasi terbaik untuk diinstal di PC gaming. Jika kamu punya saran aplikasi lain, langsung tulis di kolom komentar di bawah ya!

Artikel ini telah tayang di Idntimes.com dengan judul “7 Aplikasi yang Wajib Diinstal di PC Gaming”.

By Admin