Banda Neira

8 Bukti Menarik di Balik Keindahan Banda Neira yang Viral di Twitter

Beritamillenial.com – Dalam fotonya, dia tunjukkan landscape Banda Neira yang jauh dari nuansa kekinian serta siap hotel tua.

Panorama asri dengan saluran sungai lantas bertambah menimbulkan rasa ingin tahu.

Banda Neira

Berada di Timur Indonesia

Siapa duga  Banda Naira ini berada di Timur Indonesia ialah Propinsi Maluku. Walaupun bukan pulau yang besar, Banda Neira punya daya pikatnya sendiri.

Banyak benteng pertahanan yang dibuat VOC serta Portugis

Banda Neira punya histori penjajahan. Bangsa Eropa lantas dirikan benteng buat membela diri. Benteng yang dibikin oleh bangsa Portugis yaitu Benteng Belgica buat memonitor kehadiran lawan.

Masa kehadiran VOC, berdiri pun benteng lain seperti Benteng Concordia, Benteng Hollandia, serta Benteng Revengie.

Monumen pembantaian saudagar rempah-rempah

Banda Naira adalah area yang historis. Tempat ini jadi tempat pembantaian serta perang saudagar rempah-rempah.

Penjajah bangsa Eropa pengin kuasai tempat ini. Mereka pun kirim rakyat ke Pulau Jawa selaku budak. Petaka serta histori gelap itu lantas digambarkan dengan didirikannya Monumen Parigi Rante.

Bangsa Eropa pernah menjajah Banda Neira

Banda Neira persis dengan pulau pembuat pala. Perihal tersebut yang bikin bangsa Eropa seperti Spanyol, Portugis, serta Inggris suka serta hadir buat berkuasa. Bangsa Belanda lantas setelah itu hadir buat kuasai tempat ini pun.

Pulau pembuat pala yang menjadi daya magnet Eropa

Banda Neira yaitu pulau pembuat pala yang termasyhur. Banyak yang merasa pulau ini adalah cuma satu pulau pembuat pala di dunia. Pala yang meluap di pulau ini lantas jadi daya magnet buat masyarakat Eropa.

Kecantikan Banda Neira didokumentasikan di mata uang

Eloknya Banda Neira ada di pecahan uang kertas Rp1000 emisi 2016. Gambar itu tampak ada dalam sisi belakang bersama Bunga Anggrek Larat serta Tarian Tifa selaku identitas Maluku.

Posisi pengisolasian Bung Hatta

Bung Hatta pernah dipencilkan oleh Belanda di Banda Naira di 11 Februari 1936. Pengisolasian ini gak cuman diterima oleh Bung Hatta, namun juga Sutan Syahrir serta Dr. Cipto Mangunkusumo.

Sebelumnya di Banda Naira , Bung Hatta pernah dipencilkan di Boven Digoel, Papua di 1935 waktu 1 tahun. Setelah itu dia dipindahkan ke Banda Naira .

Banda Neira hampir diganti lewat traktat pergantian lokasi

Perang yang terjadi di antara Inggris serta Belanda masa itu selanjutnya sempat selesai. Ke-2 nya menyetujui Traktat Breda yang dibentuk di 31 Juli 1667.

Satu diantara klausa dalam Traktat itu ialah kalau Inggris mesti berpindah dari Pulau Run, Kepulauan Banda. Karenanya pulau ini dapat menjadi punya Belanda.

Belanda lantas gak asal menyingkirkan. Belanda memberinya Nieuw Amsterdam di Amerika Utara. Niew Amsterdam waktu ini jadi kota usaha paling besar di dunia, Manhattan.

Pulau Ran saat ini berkembang dengan begitu lambat sebab redupnya juga nilai pala di dunia.

By Admin