8 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

BERITA MILLENIAL Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental Cara menjaga kesehatan mental masih menjadi banyak perbincangan di kalangan pekerja, terutama bagi mereka perhatian dengan kesehatan mental. Di sisi lain, masih banyak karyawan kantoran yang ternyata abai terhadap kesehatan mental. Banyak dari mereka yang enggan mencari cara menjaga kesehatan mental di tempat kerja.

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental Padahal, tekanan di tempat kerja bisa begitu memengaruhi suasana hati seseorang. Gangguan kesehatan mental yang paling sering dialami oleh para karyawan atau pekerja adalah cemas dan depresi. Jika tidak segera dicari solusinya, gangguan tersebut bisa membuat seseorang menjadi tidak bersemangat dan kekurangan motivasi dalam menyelesaikan pekerjaan.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Seperti apa? Berikut cara ampuh menjaga kesehatan mental di tempat kerja, seperti disadur dari Klikdokter
8 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

1. Membantu Rekan Kerja

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental Studi membuktikan bahwa membantu orang lain dapat menumbuhkan rasa bahagia di dalam diri. Seperti diketahui, bahagia merupakan satu di antara cara menjaga kesehatan mental tetap prima.

2. Berlatih Berpikir Positif

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental Pikiran buruk bisa muncul saat kamu sedang dalam suatu masalah. Kamu bisa mengatasinya dengan mulai berlatih berpikir positif. Dengan berpikir positif, kamu bisa mengatasi stres dan meningkatkan daya tahan tubuh. Berpikir positif tidak berarti hanya benar-benar menghilangkan pikiran negatif.

Berpikir bahwa tetap akan ada hal buruk yang terjadi juga bisa membuat kamu lebih siap. Namun, porsi pikiran negatif dalam diri harus kecil dan tidak mendominasi.

3. Olahraga

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental Berolahraga secara rutin dapat mengurangi kejadian depresi dan gangguan cemas. Aktivitas sehat ini juga baik untuk menjaga kesehatan mental dan tubuh. Beberapa pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan di kantor, misalnya berjalan memutari kantor, lebih memilih naik tangga daripada naik lift, dan lainnya.

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

4. Bersosialiasi
8 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental Studi membuktikan bahwa perasaan dekat atau dihargai oleh orang lain adalah kebutuhan dasar manusia. Maka itu, hubungan sosial yang baik dapat menunjang kesehatan mental tetap optimal.

5. Manfaatkan Momen Makan Siang

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental Nikmati waktu makan siangmu. Bersantai dan bercerita sambil makan siang bersama rekan kerja dapat mengembalikan mood dan mengusir rasa penat akibat pekerjaan.

6. Cari hiburan

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental Ketika kamu stres dengan pekerjaan, coba cari sedikit hiburan, misalnya mendengarkan musik. Aktivitas ini dapat membantu kamu melepas penat dan membantu mengembalikan fokus bekerja.

Studi membuktikan bahwa musik yang pelan dan tenang dapat memberikan relaksasi serta mengurangi kecemasan.

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

7. Mengatur Waktu dengan Baik

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental Atur waktu dengan baik saat bekerja sehingga semua pekerjaan dapat selesai sesuai waktunya. Kurangi mengerjakan pekerjaan di saat deadline sehingga waktu kerja dan istirahat dapat seimbang yang memicu kesehatan mental yang baik di tempat kerja.

8. Sampaikan Apa yang Dirasakan
8 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental Stress dan depresi dapat muncul karena perasaan yang ditahan atau tidak diungkapkan. Gunakan bahasa yang baik untuk mengungkapkan perasaan di tempat kerja baik itu kepada rekan, atasan atau bawahan.

By Admin