4 Pemain Kroasia dengan Koleksi Penampilan Terbanyak di Euro

Pencapaian mereka sulit dilampaui #EURO2024

4 Pemain Kroasia dengan Koleksi Penampilan Terbanyak di Euro
BERITAMILENIALKroasia memang bukan negara yang punya rekam jejak mentereng di Euro. Mereka tercatat belum pernah mencapai semifinal apalagi meraih gelar juara. Prestasi Kroasia di Piala Dunia jauh lebih membanggakan ketimbang Euro.
Meski begitu, mereka bukan berarti tidak punya catatan apik di Euro. Beberapa pesepak bola veteran asal Kroasia berhasil menorehkan rekor penampilan terbanyak di Piala Eropa. Kebugaran fisik serta pengalaman mereka sangat penting bagi perjalanan Kroasia di Euro.
Berikut empat pemain Kroasia dengan rekor penampilan terbanyak di Euro.

1. Vedran Corluka bermain dalam sebelas pertandingan Euro sejak edisi 2008

4 Pemain Kroasia dengan Koleksi Penampilan Terbanyak di Euro
Vedran Corluka merupakan bek kanan jebolan akademi Dinamo Zagreb. Kariernya mengalami peningkatan pesat ketika pindah ke Inggris bersama Manchester City pada musim panas 2007. Corluka kemudian berhasil menjadi salah satu bek kanan andalan Tottenham Hotspur pada periode 2008–2012.
Performa apik selama bermain di English Premier League (EPL) membuat karier internasionalnya meroket. Ia kerap kali menjadi bek kanan andalan di turnamen mayor macam Euro. Corluka menjadi bagian dari tim Kroasia yang menyingkirkan Inggris pada babak kualifikasi Euro 2008. Ia tercatat selalu tampil sebagai starter dalam sebelas pertandingan di tiga edisi Euro pada 2008, 2012, dan 2016.

2. Darijo Srna mengoleksi 12 penampilan Euro

4 Pemain Kroasia dengan Koleksi Penampilan Terbanyak di Euro
Selain Corluka, Kroasia pernah memiliki bek kanan berbakat dalam diri Darijo Srna. Ia merupakan lulusan akademi Hadjuk Split dan menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Shakhtar Donetsk selama 15 tahun. Srna menutup perjalanannya sebagai pesepak bola ketika membela Cagliari pada 2019.
Srna pertama kali tampil di Euro pada edisi 2004. Namun, ia belum menjadi pemain inti dalam tiga pertandingan fase grup. Srna kemudian tampil sebagai starter ketika membela Kroasia pada Euro 2008. Ia mencetak satu gol saat Kroasia mengalahkan Jerman dengan skor 2-1. Srna lalu menjabat sebagai kapten dan mengisi posisi bek kanan pada Euro 2012 dan 2016. Ia total mengoleksi 12 penampilan Euro.

3. Ivan Perisic bermain dalam 13 laga Euro bersama Kroasia

4 Pemain Kroasia dengan Koleksi Penampilan Terbanyak di Euro
Ivan Perisic pernah menuai banyak kesuksesan dalam kariernya bersama klub-klub besar. Ia berhasil menjuarai Bundesliga bersama Borussia Dortmund yang diasuh Juergen Klopp pada 2011/2012. Perisic juga menjadi bagian dari kesuksesan Bayern Muenchen saat meraih gelar treble winner pada 2019/2020. Ia juga berkontribusi dalam perjalanan Inter Milan merajai Serie A Italia pada 2020/2021.
Perisic juga menjadi bagian dari sejarah Kroasia yang berhasil menembus final Piala Dunia 2018 dan merebut peringkat ketiga pada edisi 2022. Ia juga menjadi pemain Kroasia kedua yang mengoleksi penampilan terbanyak di Euro. Perisic telah berpartisipasi dalam empat edisi Euro pada 2012, 2016, 2020, dan 2024. Ia total menorehkan 13 pertandingan dengan catatan 4 gol dan 3 assist.

4. Luka Modric mencatatn 16 penampilan di Euro sejak edisi 2008

4 Pemain Kroasia dengan Koleksi Penampilan Terbanyak di Euro
Luka Modric menjadi salah satu pemain tersukses yang pernah dimiliki Kroasia. Ia tercatat berhasil meraih gelar juara bergengis, antara lain 6 Liga Champions Eropa, 4 LaLiga Spanyol, dan 5 Piala Dunia Antarklub. Modric juga menjadi pemain pertama yang memenangkan penghargaan Ballon D’Or pada 2018.
Anugerah tersebut ia dapatkan usai membawa Kroasisa menembus final Piala Dunia 2018 dan menjuarai Liga Champions Eropa bersama Real Madrid pada 2017/2018. Modric juga menjadi satu-satunya pemain Kroasisa yang berpartisipasi dalam lima edisi Euro sejak 2008. Ia mencatat 16 penampilan dengan torehan 4 gol dan 2 assist di Euro.
Keempat pemain di atas layak mendapat status legenda bagi sepak bola . Mereka telah memberikan kontribusi luar biasa bagi perjalanan Kroasia di turnamen mayor macam Piala Dunia dan Euro. Rekor keempat pemain ini akan sulit dilampaui oleh pemain lainnya. Pasalnya, mereka harus menjaga kebugaran fisik serta kualitas permainannya agar mampu tampil maksimal di turnamen dengan intensitas serta tekanan tinggi seperti Euro.

By Admin