Monkeypox

Alhamdulillah, Pasien Monkeypox Pertama Pulih serta Rutinitas Kembali

Jakarta, BeritaMillenial – Juru Berbicara Kementerian Kesehatan RI, Mohammad Syahril, memberitahukan pasien pertama terverifikasi positif monkeypox atau cacar monyet, sekarang pulih serta telah mulai berkegiatan.

“Kejadian pertama orang yang terverifikasi monkeypox di 19 Agustus lalu telah usai isolasi, serta saat ini bekerja seperti rata-rata,” papar Syahril dalam diskusi reporter virtual, Jumat (16/9/2022).

1. Hasil kontak langsung dikatakan negatif

Syahril mengatakan pasien mengenyam tanda-tanda gampang, maka dari itu mengerjakan karantina mandiri dalam rumah. Lantas di 4 September 2022 dikatakan pulih.

Tapi, ada 3 orang kontak langsung serta telah dijalankan testing serta penelitianlans.

“Hasilnya segalanya sehat tidak ada verifikasi positif atau punyai gejala monkeypox,” tutur Syahril.

Hasil Kontak erat dinyatakan negatif
2. Kemenkes meningkatkan jumlah laboratorium jadi 15

Untuk mengoptimalkan penelusuran, Kemenkes meningkatkan jumlah laboratorium jadi 15. Awal kalinya cuma ada dua laboratorium penelusuran monkeypox.

“Seluruh laboratorium menyebar di banyak wilayah bukan cuma di Pulau Jawa tetapi ada juga di Sumatra hingga sampai ke Ambon,” kata Syahril.

Biobase

3. Mode kejadian monkeypox di dunia turun

Monkeypox
Sementara, Dokter Pakar Penyakit Dalam Robert Sinto, berkata mode kejadian monkeypox di dunia memanglah turun, akan tetapi ia mengharap terhadap seluruh pihak selalu hati-hati.

“Bahwasanya hasil penelusuran monkeypox selama ini negatif, serta selama ini mode di dunia pula beberapa hari paling akhir ini condong turun, tetapi kita haruslah tetap hati-hati. Indonesia telah menambah kemampuan untuk dapat mengontrolnya kejadian monkeypox,” kata Sinto.

By Admin