Inilah 14 Cara Cepat untuk Menenangkan Diri saat Cemas atau Panik

Cara Cepat untuk Menenangkan Diri saat Cemas Bagi seseorang dengan kadar sensitivitas atau kepekaan tinggi, sangat mudah kewalahan oleh banyaknya stimulasi yang terjadi di sekitarnya, maka diperlukan cara cepat untuk menenangkan diri.

HSP (Highly Sensitive Person) bukan gangguan mental, tapi merupakan tipe kepribadian. Tidak hanya untuk HSP, cara cepat menenangkan diri bisa juga diaplikasikan oleh semua orang saat cemas, panik, atau marah.

Tentunya cara cepat untuk menenangkan diri ini berfungsi sebagai teknik bantuan saja, bukan metode pengobatan.
Inilah 14 Cara Cepat untuk Menenangkan Diri saat Cemas atau Panik

1. Pijat Titik Tekanan

Cara Cepat untuk Menenangkan Diri saat Cemas Gunakan ibu jari dan pijat berbagai titik tekanan di telapak tangan secara bergantian. Teknik ini sangat praktis, bisa dilakukan kapanpun dan di mana saja.

2. Tekan Telapak Tangan

Cara Cepat untuk Menenangkan Diri saat Cemas Tempelkan kedua telapak tangan seperti memberi salam, lalu tekan dan tahan posisi selama 5 sampai 10 detik. Cara ini akan mengaktifkan proprioseptor pada tubuh.

3. Tutup Mata

Cara Cepat untuk Menenangkan Diri saat Cemas Sekitar 80 persen stimulasi sensorik diterima melalui mata. Menutup mata akan mengistirahatkan otak dan mengurangi stres.

4. Menghela Napas
Inilah 14 Cara Cepat untuk Menenangkan Diri saat Cemas atau Panik

Cara Cepat untuk Menenangkan Diri saat Cemas Tarik napas melalui mulut selama lima detik, lalu hembuskan dengan keras. Ini akan membantu untuk mengembalikan fokus.

5. Peregangan Tubuh 

Cara Cepat untuk Menenangkan Diri saat Cemas Rentangkan tangan ke depan, lalu turunkan. Lanjutkan dengan merentangkan tangan ke samping, turunkan lagi.

Terakhir, rentangkan tangan ke atas lalu turunkan sambil membungkuk. Cara ini efektif untuk melepaskan ketegangan otot.
6. Peluk Diri Sendiri

Cara Cepat untuk Menenangkan Diri saat Cemas Menerima 10 detik pelukan dalam sehari dapat mengubah kekuatan biokimia dan fisiologis dalam tubuh.

Hal ini mampu menurunkan risiko penyakit jantung, mengatasi stres, mengurangi kelelahan, meningkatkan sistem imun, dan membantu mengurangi depresi.

Mulailah dengan memeluk diri sendiri. letakkan tangan di area perut dan punggung lalu tekan. Cara ini akan membantu mengaktifkan proprioseptor dan menstabilkan diri.

7. Posisi Mendorong Dinding

Cara Cepat untuk Menenangkan Diri saat Cemas Posisi ini bermanfaat terutama bagi yang memiliki gangguan integrasi sensorik.

Posisikan diri menghadap dinding, tempatkan kedua telapak tangan pada dinding dan tahan selama 5 sampai 10 detik.

Cara ini biasa dilakukan setelah seseorang mengalami gempa yang akan membantu menenangkan diri bahkan di level bawah sadar.

8. Pose Superman

Cara Cepat untuk Menenangkan Diri saat Cemas Posisi ini bisa membantu menenangkan diri sekaligus menambah rasa percaya diri.

Lakukan dengan cara tengkurap lalu rentangkan tangan lurus ke depan dan kaki lurus ke belakang.

Tahan posisi ini selama 10 detik. Ini bentuk latihan yang bagus dilakukan saat Anda grogi, terlalu bersemangat, atau gelisah.

9. Getarkan Tubuh

Cara Cepat untuk Menenangkan Diri saat Cemas Buat gerakan tubuh menggetar untuk melepaskan tekanan yang tertahan oleh tubuh. Lakukan selama kurang-lebih 15 menit.

10. Tarik Napas Dalam

Cara Cepat untuk Menenangkan Diri saat Cemas Tarik napas dalam-dalam lewat hidung selama 5 detik, buang napas perlahan selama 5 detik.

Lalu letakkan telapak tangan satu di dada, dan satu lagi di bagian perut. Tarik napas melalui hidung dan tahan selama 5 detik.

Kemudian buang napas melalui mulut selama 5 detik secara perlahan.

11. Aromaterapi Minyak Esensial Lavender

Cara Cepat untuk Menenangkan Diri saat Cemas Terdapat beberapa teori mengenai efek menenangkan dari minyak esensial lavender.

Beberapa peneliti percaya bahwa lavender dapat menstimulasi aktivitas sel otak bagian amygdala dengan cara kerja yang mirip sedatif.

Peneliti lainnya berpikir bahwa molekul dalam minyak esensial berinteraksi dengan hormon dan enzim dalam darah.

Sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Hospice and Palliative Medicine mendata respon pasien kanker di rumah sakit terhadap aromaterapi menggunakan minyak esensial lavender. Hasilnya memperlihatkan perubahan positif pada tekanan darah dan denyut nadi, rasa sakit, kecemasan, dan depresi.

12. Hidrasi dan Meditasi Air

Cara Cepat untuk Menenangkan Diri saat Cemas Pertahankan hidrasi tubuh dengan meminum segelas air setiap jam. Jika bisa, coba berjalan di dekat sumber air seperti sungai atau kolam.

Dengarkan bunyinya, perhatikan riaknya, atau berenang. Air bersifat meditatif.

13. Terapi Musik
Inilah 14 Cara Cepat untuk Menenangkan Diri saat Cemas atau Panik

Cara Cepat untuk Menenangkan Diri saat Cemas Sejak awal peradaban, musik digunakan untuk memulihkan tubuh dan jiwa serta bentuk ekspresi nonverbal.

Para terapis membuat program terapi musik bagi orang-orang yang menderita depresi dengan cara menciptakan lirik lagu dan komposisi nada.
14. Latihan Pernapasan ‘Four-Square’

Cara Cepat untuk Menenangkan Diri saat Cemas Pernapasan Four-Square atau Empat Persegi bermanfaat untuk mengurangi rasa cemas

• Tahan napas selama empat hitungan

• Buang napas perlahan melalui mulut selama empat hitungan

. Latihan ini dilakukan dengan cara:

• Tarik napas selama empat hitungan

• Istirahat tanpa menghirup napas selama empat hitungan

• Bernapas normal dua kali

• Ulangi lagi dari awal

Lakukan latihan pernapasan tersebut sampai merasa cukup tenang.

By Admin