12 Cara Efektif Bersihkan Rumah agar Hemat Waktu

Cara Efektif Bersihkan Rumah agar Hemat Waktu Tahun yang baru ini jadi momen yang pas untuk memulai sebuah rutinitas baru untuk membuat rumah semakin bersih. Berikut ini 12 cara untuk membersihkan rumah secara efektif yang bisa Anda coba di rumah, dilansir The Spruce.
12 Cara Efektif Bersihkan Rumah agar Hemat Waktu

1. Jangan sampai kehabisan produk pembersih di rumah

Cara Efektif Bersihkan Rumah agar Hemat Waktu Akan sangat repot jika kehabisan produk pembersih rumah. Untuk itu Anda harus memeriksa produk dan perlengkapan kebersihan secara berkala.

2. Minta anggota keluarga membantu

Cara Efektif Bersihkan Rumah agar Hemat Waktu Jika Anda merasa kewalahan dengan tumpukan cucian, inilah saatnya untuk merampingkan rutinitas mencuci Anda dan melibatkan semua orang di rumah dalam prosesnya.

Misalnya, anak Anda dapat menyortir cucian berdasarkan warna dan memindahkannya ke ruang cuci. Mulailah dengan menerapkan peraturan ini, jika Anda tidak memakai suatu barang, langsung kembalikan ke tempat semula.

Jika Anda memakai sesuatu dan berpikir itu bisa dipakai lagi, letakkan di tempat yang telah ditentukan di lemari Anda. Jika Anda memakai sesuatu yang harus dimasukkan ke dalam keranjang, lakukan segera. Hal ini untuk menghindari tumpukan baju yang terlihat berantakan.

3. Buat jadwal membersihkan rumah

Cara Efektif Bersihkan Rumah agar Hemat Waktu Anda dapat membuat daftar tugas untuk minggu, bulan, dan tahun akan membantu Anda mengingat apa yang perlu dilakukan serta kapan harus melakukannya.

4. Gunakan produk pembersih dengan benar

Cara Efektif Bersihkan Rumah agar Hemat Waktu Untuk membersihkan dengan efektif, periksa label produk pembersih yang Anda pakai untuk memastikan penggunaannya dengan tetap. Biarkan produk tersebut selama lima hingga sepuluh menit sebelum memulai membilasnya.

5. Saat membersihkan ruangan, mulailah dari atas
12 Cara Efektif Bersihkan Rumah agar Hemat Waktu

Cara Efektif Bersihkan Rumah agar Hemat Waktu Saat Anda membersihkan sesuatu, mulailah dari bagian atas ruangan atau operasi pembersihan untuk mengumpulkan apa pun yang jatuh ke bawah. Misalnya membersihkan dinding, mulailah dari bagian paling.

6. Jangan biarkan debu dan kotoran masuk ke rumah

Cara Efektif Bersihkan Rumah agar Hemat Waktu Anda dapat memasang keset di semua pintu masuk dan pilihlah karpet pintu masuk yang mudah dibersihkan. Ingatkan semua orang untuk melepaskan sepatu mereka di pintu. Sediakan bangku atau kursi untuk melepas sepatu dengan mudah. Sediakan rak sepatu di dekatnya.

7. Simpan produk dan alat kebersihan di tempat yang mudah dijangkau

Cara Efektif Bersihkan Rumah agar Hemat Waktu Jika Anda menyimpan produk dan alat kebersihan di tempat yang mudah terjangkau, Anda dapat menghemat waktu untuk bersih-bersih. Gunakan ruang vertikal di lemari, penyimpanan di atas pintu, atau rak dengan roda yang dapat berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain untuk menyimpan barang-barang pembersih. Jika Anda memiliki rumah bertingkat, pertimbangkan untuk membeli vakum tambahan atau produk pembersih lantai.

8. Bersihkan peralatan

Cara Efektif Bersihkan Rumah agar Hemat Waktu Jika perlengkapan pembersih Anda seperti vakum, pel, kemoceng, spons, dan sikat berubah  kotor setelah digunakan, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Ketika Anda menggunakan kain pel yang kotor untuk mengepel rumah, Anda dapat membuat rumah menjadi lebih kotor. Bersihkan peralatan kebersihan Anda sehingga dapat melakukan tugasnya.

9. Bersihkan kamar mandi setelah digunakan

Cara Efektif Bersihkan Rumah agar Hemat Waktu Setiap minggu, pancuran atau bak mandi harus dibersihkan. Namun, jika Anda membersihkan pancuran atau bak mandi selama 60 detik setiap kali Anda mandi, Anda tidak perlu membersihkannya menyeluruh selama dua minggu.

  1. Setelah setiap kali mandi, seka dinding pancuran dan bersihkan pintunya dengan spons atau handuk mandi.
  2. Biarkan barang-barang mandi (seperti sikat atau poof) benar-benar kering sebelum membersihkan saluran pembuangan dari sisa-sisa rambut.
  3. Cara cepat ini akan menjaga agar keramik, fiberglass, dan penutup pancuran batu tetap terlihat terbaik sekaligus membuat pembersihan mingguan menjadi lebih mudah.

10. Minimalkan debu

Cara Efektif Bersihkan Rumah agar Hemat Waktu Mengurangi debu yang menempel pada furnitur atau jendela rumah Anda menjadi salah satu cara memudahkan agenda bersih-bersih rumah. Anda dapat menutup pintu dan jendela, gunakan vakum yang disaring HEPA, tambahkan pembersih udara, sikat dan mandikan anjing berbulu secara teratur, dan bersihkan filter udara HVAC Anda sesering mungkin.

11. Selesaikan setiap tugas
12 Cara Efektif Bersihkan Rumah agar Hemat Waktu

Cara Efektif Bersihkan Rumah agar Hemat Waktu Kita semua sering diinterupsi, tetapi berusahalah untuk menyelesaikan tugas setelah Anda memulainya.

  1. Jika Anda mengeluarkan papan setrika, jangan beristirahat sejenak untuk media sosial sampai semua penyetrikaan selesai.
  2. Hanya perlu beberapa menit untuk mengosongkan mesin pencuci piring, sehingga piring-piring kotor bisa langsung dimasukkan ke dalam mesin daripada ditinggalkan di wastafel.
  3. Bagilah pekerjaan bersih-bersih berdasarkan ruangan atau tugas dan lakukan setidaknya satu per hari untuk membuat pembersihan seluruh rumah tampak tidak terlalu menakutkan.

12. Mengorganisir barang-barang

Cara Efektif Bersihkan Rumah agar Hemat Waktu Untuk membuat waktu bersih-bersih Anda semakin efektif, Anda dapat mengurangi barang-barang Anda. Ruangan yang berantakan dapat dikurangi dengan cara berikut:

  1. Daur ulang barang-barang yang tidak Anda gunakan.
  2. Menyimpan kotak penyimpanan di lemari untuk pakaian yang sudah tidak terpakai.
  3. Membersihkan ruangan sedikit demi sedikit agar tidak terlalu lelah. Buatlah strategi untuk memeriksa seluruh rumah dan menyingkirkan apa pun yang tidak Anda butuhkan

By Admin