5 Cara Menjaga Hubungan Baik antara Orangtua dan Anak yang Broken Home

Cara Jaga Hubungan Baik antara Orangtua dan Anak Perceraian menimbulkan dampak yang gak kecil pada hubungan antar anggota keluarga, baik bagi orangtua maupun anak. Terlebih bagi anak yang broken home, peran orangtua masih sangat dibutuhkan untuk mengajarkan dan membimbing mereka menghadapi kehidupan sehari-hari. “Perceraian dan perpisahan dapat berdampak pada anak-anak di usia berapa pun. Penting bagi orangtua untuk bersikap terbuka dan sejujur mungkin dalam situasi apa pun,” kata dokter anak, Heather Sever, dilansir Cleveland Clinic.

Perpisahan ini mungkin merupakan pengalaman traumatis bagi anak. Untuk itu, penting menjaga komunikasi dan terus menjalin hubungan baik dengan sang buah hati. Nah, simak cara berikut yang bisa diterapkan guna menjaga hubungan baik antara orangtua dan anak yang broken home.
5 Cara Menjaga Hubungan Baik antara Orangtua dan Anak yang Broken Home

1. Tetap rutin berkomunikasi dengan anak setiap hari

Cara Jaga Hubungan Baik antara Orangtua dan Anak Di zaman yang serba digital seperti sekarang, berkomunikasi dengan anak kapan dan di mana saja sangatlah mudah. Bahkan dengan anak kecil pun, mereka mengerti dan bisa berkomunikasi secara online.

Kamu juga bisa menjadwalkan waktu berkomunikasi via telepon, misalnya setiap sore atau malam hari. Dengan cara ini, anak tidak akan merasa kesepian dan lebih diperhatikan oleh orangtuanya.

2. Hadiri kegiatan sekolah anak

Cara Jaga Hubungan Baik antara Orangtua dan Anak Sesibuk apa pun pekerjaanmu, usahakan untuk hadir pada acara penting anak di sekolah. Entah itu perlombaan olahraga, pentas seni, maupun ekstrakulikuler.

Jadikan anak sebagai prioritas utama di kondisi seperti ini. Usahakan juga agar kedua orangtua datang bersama atau bergantian menghadiri acara ini agar anak merasa selalu dihargai dan ditemani oleh orangtuanya.

3. Selalu dengarkan curhatan anak
5 Cara Menjaga Hubungan Baik antara Orangtua dan Anak yang Broken Home

Cara Jaga Hubungan Baik antara Orangtua dan Anak Beritahu anak bahwa kamu tertarik dan peduli mendengarkan setiap cerita mereka. Namun, saat berkomunikasi pastikan kamu selalu fokus dan memberikan perhatian penuh terhadap curhatan anak.

Dengarkan curahan hati mereka dan ajukan beberapa pertanyaan yang sesuai dengan usianya. Misalnya, kepada anak yang paling muda, kamu bisa menanyakan hal-hal sederhana seperti mata pelajar apa favoritnya, apa yang dilakukan seharian selama di sekolah, atau makan siang apa favoritnya. Pertanyaan simpel seperti ini mampu menjaga kedekatan dan keharmonisan hubungan antara orangtua dan anak yang sudah berpisah.

4. Dorong anak untuk menjaga hubungan baik dengan kedua orangtua

Cara Jaga Hubungan Baik antara Orangtua dan Anak Ketika berpisah, doronglah anak-anak untuk selalu menjaga hubungan yang baik dengan kedua orangtuanya. Untuk mewujudkan hal ini, orangtua juga harus menjadi teladan yang baik agar anak mengerti meskipun sudah tidak bersama, tetapi kedua orangtua tetap memberikan kasih sayang dan perhatian sepenuhnya. “Dengan berkomunikasi dan menjadi teladan yang baik, kamu meyakinkan anak-anak bahwa kedua orangtua itu sama pentingnya dalam hidup mereka,” kata founder dan CEO Divorce Strategies Northwest, Leah Hill, dilansir Divorce Strategies NW.

5. Sebisa mungkin hindari menitipkan anak di childcare
5 Cara Menjaga Hubungan Baik antara Orangtua dan Anak yang Broken Home

Cara Jaga Hubungan Baik antara Orangtua dan Anak Jika memungkinkan, cobalah untuk menghindari menitipkan anak pada childcare. Namun, apabila kamu memiliki acara yang harus dihadiri selama waktu mengasuh anak, cobalah bekerja sama dengan co-parent untuk mengasuh anak, daripada meminta pengasuh bayi untuk melakukannya.

Cara ini dapat digunakan sebagai alat untuk membangun hubungan baik dan sehat setelah perceraian terjadi. Yakinkan anak-anak bahwa mereka adalah prioritas dan tunjukkan secara langsung dengan tindakan nyata darimu.

Deretan cara di atas bisa kamu coba untuk menjaga hubungan baik antara orangtua dan anak setelah perpisahan. Menjadi anak yang broken home tentu memerlukan perhatian dan kasih sayang yang lebih.

Kedua orangtua harus bekerja sama untuk mewujudkan hubungan yang harmonis dengan anak. Semoga cara-cara tersebut bisa membantu, ya!

By Admin