5 Cara Memasak Ikan Salmon agar Gizinya Terjaga

BERITA MILLENIAL Cara Memasak Ikan Salmon Memasak salmon ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya, tekstur ikan salmon cenderung lunak sehingga lebih mudah hancur daripada jenis ikan yang lain. Lantas, bagaimana cara masak salmon yang tepat?

Cara memasak salmon

Cara Memasak Ikan Salmon American Heart Association menganjurkan untuk makan ikan berlemak, termasuk ikan tuna dan salmon, minimal dua porsi seminggu untuk meraup manfaatnya.

Cara Memasak Ikan Salmon Namun, Anda perlu memasak ikan salmon dengan tepat agar kandungan gizinya tidak berkurang, atau malah menambah kandungan lemak jenuh.

Simak baik-baik beberapa cara memasak salmon berikut agar tidak kehilangan zat gizi penting.
5 Cara Memasak Ikan Salmon agar Gizinya Terjaga

1. Dibakar

Cara Memasak Ikan Salmon Dibandingkan dengan jenis ikan lainnya, daging salmon yang lunak akan lebih cepat matang dan mudah hancur saat dimasak. Untuk itu, Anda perlu memilih cara memasak yang tepat, misalnya dengan cara dibakar. Selain itu, ikan salmon yang dibakar dinilai lebih sehat karena Anda tak perlu menggunakan banyak minyak. Begini langkah-langkah memasak salmon dengan cara dibakar.

  1. Cuci bersih salmon yang akan dimasak, tambahkan sedikit perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.
  2. Potong seukuran dadu kecil sesuai selera, hindari memotong ikan terlalu tipis.
  3. Tambahkan bumbu marinasi seperti bawang putih, lada, garam, kecap asin atau manis, dan lainnya sesuai selera Anda. Biarkan meresap.
  4. Masukkan beberapa potongan salmon ke tusukan sate.
  5. Bakar menggunakan pemanggang sate sedang seperti saat membakar sate pada umumnya.
  6. Tak perlu lama-lama, cukup 5 – 10 menit agar daging salmon tidak hancur.

Jangan lupa tambahkan beberapa jenis sayuran seperti timun atau paprika supaya asupan gizinya semakin maksimal.

2. Direbus

Cara Memasak Ikan Salmon Salah satu cara mudah memasak salmon adalah dengan direbus. Ini merupakan cara memasak tanpa menggoreng yang paling mudah dilakukan. Ya, Anda hanya tinggal memasukkan potongan daging salmon ke dalam panci berisi air dan merebusnya hingga matang. Selain direbus dengan air, Anda bisa merebusnya dengan kaldu sayur atau tambahan bumbu-bumbu favorit Anda.

Berikut ini cara masak ikan salmon dengan direbus.

  1. Cuci bersih salmon dan beri perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.
  2. Siapkan panci dan air secukupnya untuk didihkan.
  3. Setelah air mendidih, masukkan daging salmon dan biarkan hingga 10 menit dengan api sedang.
  4. Anda bisa menambahkan beberapa sayuran dan bumbu kaldu atau sup pada 5 menit terakhir sebelum salmon matang.

Hasilnya, Anda akan mendapatkan daging salmon yang lembut sekaligus lezat untuk disantap. Jika sudah matang, tambahkan salad sayur dan beberapa batang asparagus sebagai pelengkap. Ikan salmon rebus Anda kali ini dijamin akan semakin lezat dan menggugah selera.

3. Dipanggang di oven
5 Cara Memasak Ikan Salmon agar Gizinya Terjaga

Cara Memasak Ikan Salmon Baik dalam bentuk daging utuh maupun yang sudah dipotong, keduanya sama-sama cocok dimasak dengan cara dipanggang. Metode memanggang makanan memang dikenal menyehatkan. Anda tidak perlu menambahkan asupan lemak atau kalori ke dalam daging ikan salmon. Proses pemanggangan cenderung membutuhkan waktu lama, yaitu 10 – 30 menit dalam oven, tergantung dari suhu panggangan. Berikut ini langkah-langkah memasak salmon dengan cara dipanggang.

  1. Cuci bersih salmon dan beri perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.
  2. Oleskan bumbu sesuai selera Anda dan biarkan meresap sejenak.
  3. Siapkan oven dan pemanggang.
  4. Pindahkan salmon yang telah dibumbui ke wadah tahan panas.
  5. Panggang salmon dalam suhu 180 – 200 °C selama 15 – 20 menit.

Menurut jurnal Molecules (2020), proses pemanasan ini hanya akan sedikit memengaruhi kandungan asam lemak. Anda pun tetap bisa mendapatkan khasiat kandungan asam lemak pada salmon.

Anda juga bisa menyajikan salmon panggang sebagai olahan salmon mentai.

4. Tumis di teflon

Cara Memasak Ikan Salmon Memasak ikan salmon dengan cara ditumis juga tak kalah menggiurkan. Anda juga tidak memerlukan terlalu banyak minyak untuk memasaknya, sehingga tidak berisiko menambah asupan minyak jenuh. Cara ini mirip dengan istilah grill, tetapi kali ini Anda dapat melakukannya dengan peralatan yang tersedia di rumah seperti teflon. Untuk mulai memasak, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Cuci bersih salmon dan beri perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.
  2. Oleskan bumbu sesuai selera Anda dan biarkan meresap sejenak.
  3. Siapkan teflon dan panaskan dengan api sedang.
  4. Setelah teflon panas, tuang minyak zaitun atau extra virgin olive oil secukupnya untuk menumis agar daging salmon tidak lengket.
  5. Masukkan daging salmon satu per satu, tunggu hingga matang di satu sisi kemudian balik ke sisi lainnya agar matang.
  6. Beri sedikit perasan jeruk nipis saat di atas teflon untuk menambah kesegaran rasa.

Angkat salmon dan sajikan selagi hangat bersama selada, tomat, dan mentimun.

5. Dikonsumsi dalam kondisi mentah
5 Cara Memasak Ikan Salmon agar Gizinya Terjaga

Cara Memasak Ikan Salmon Bagi Anda pecinta susyi atau sashimi, mungkin sudah sering mengonsumsi salmon yang masih mentah. Salmon yang masih segar alias mentah nyatanya mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi dan rasanya pun lebih segar.. Namun, sebelum Anda menyantapnya, ada beberapa cara mengolah ikan salmon mentah yang perlu Anda perhatikan.

  1. Pastikan daging salmon yang Anda pilih masih segar. Ini bisa dilihat dari warna oranye pada salmon dan tekstur yang masih kenyal.
  2. Cuci bersih salmon dan beri perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.
  3. Potong salmon dengan tepat, yaitu potong menyamping dan berlawanan dengan garis putih salmon.
  4. Sajikan selagi segar.

Meski salmon dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah, Anda tetap perlu waspada dengan risiko paparan bakteri Salmonella. Bakteri ini dapat menyebabkan masalah pencernaan dan gangguan kesehatan lainnya. Untuk lebih amannya, sebaiknya perhatikan cara memasak yang tepat untuk mendapatkan hidangan salmon yang lezat dan sehat.

By Admin