Cara Menabung 1 Miliar Sebelum Usia 30

BERITA MILLENIAL Cara Menabung 1 Miliar Sebelum Usia 30 Halo, Sahabat. Kebiasaan berhemat untuk ditabung sering ditanamkan oleh para orang tua kepada anaknya. Kebiasaan itu pun baik dijalankan hingga beranjak dewasa. Lantas, bagaimana cara berhemat hingga bisa menabung sampai dengan 1 Miliar sebelum kita berusia 30 tahunan? Apakah bekerja dengan gaji yang sangat tinggi? Menjadi bintang film terkenal? Atau mencari pasangan yang kaya raya agar dapat membiayai kamu?

Sahabat, boleh coba kiat-kiat berikut dari kami yang hampir seratus persen berhasil dan masuk akal. Apa saja itu? Yuk, kita mulai.

12 Cara Menabung 1 Miliar Sebelum Usia 30 Tahun
Cara Menabung 1 Miliar Sebelum Usia 30

1. Buat Tabungan Otomatis

Cara Menabung 1 Miliar Sebelum Usia 30  Hasrat hati selalu ingin berbelanja di saat gajian tiba sukar dipungkiri. Ada cara menyisihkan uang untuk keadaan genting bahkan bagi kamu yang tergolong boros. Cukup buat sistem transfer otomatis ke dalam rekening tabungan kamu. Jika jumlahnya 5-10% dari pemasukan yang kedengarannya tidak banyak, kita pasti terkejut melihat nominalnya setelah beberapa tahun karena kita tidak tahu persis berapa jumlahnya sebelum ditransfer. Dengan demikian keinginan berbelanja kita akan berangsur menghilang.

2. Abaikan Tren Terkini

Cara Menabung 1 Miliar Sebelum Usia 30  Kita tidak perlu pergi ke mall dan membeli pakaian baru hanya karena pada musim ini warna tertentu sedang menjadi tren, serta untuk apa mengganti ponsel baru jika ponsel yang kita gunakan sekarang masih bagus. Teknologi baru akan selalu ada dan tren mode akan selalu berubah. Jika mencoba mengikutinya, itu akan sangat menghabiskan uang demi sesuatu yang tidak pernah berakhir. Cukup beli barang-barang yang kita perlukan saat membutuhkannya.

3. Batalkan Keanggotaan Klub yang Tidak Digunakan

Cara Menabung 1 Miliar Sebelum Usia 30  Kita mengira dengan mendapatkan dan membayar keanggotaan di pusat kebugaran akan memotivasi kita untuk berolahraga, tapi nyatanya tidak. Tidak ada waktu karena sibuk atau alasan lainnya. Jika ada keanggotaan yang tidak digunakan sebaiknya batalkan saja. Mereka akan menyedot uang secara berkala seperti “vampir yang haus darah”. Jika suatu saat memerlukannya kita bisa mengaktifkannya kembali.

4. Berhenti Bilang “Karena Aku Mampu Membelinya”
12 Cara Menabung 1 Miliar Sebelum Usia 30 Tahun

Cara Menabung 1 Miliar Sebelum Usia 30  Meski uang kita sudah cukup, keinginan kita untuk membeli semuanya karena alasan mampu akan membuat peluang kita menabung dalam jumlah besar untuk masa depan akan kecil. Memang benar, kita bisa saja membeli model iPhone terbaru atau sepatu desainer ternama. Pasti menyenangkan, namun apakah kita benar-benar memerlukannya? Orang yang menghasilkan sedikit uang tapi bijak dalam mengelolanya memiliki kesempatan untuk lebih besar menabung 1 milyar dibandingkan orang yang terus berbelanja untuk pamer.

5. Mengatur Suhu AC Di Rumah

Cara Menabung 1 Miliar Sebelum Usia 30  Mengatur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin dapat membantu kita melakukan penghematan yang sangat signifikan lho Sahabat. Jika udara diluar cukup panas, kita cukup mengatur suhu pada AC di angka 25-30 derajat celcius atau kita bisa mengakalinya dengan membuka jendela agar dapat merasakan angin yang masuk.

6. Cabut Kabel Gadget Yang Tidak Terpakai

Cara Menabung 1 Miliar Sebelum Usia 30  Mencabut kabel peralatan listrik yang tidak digunakan adalah hal yang bijak. Bahkan kabel charger gadget yang tidak terpakai tetap menyedot listrik tanpa disadari. Mungkin terdengar remeh, tapi jika menjumlahkan semua energi yang kita bayar sepanjang tahun pasti kita akan terkejut begitu mengetahui jumlah yang sudah kita bayar selama ini.

7. Beralih Ke Lampu LED

Cara Menabung 1 Miliar Sebelum Usia 30  Bola lampu LED memang lebih mahal dibanding lampu pijar model lama, tapi manfaatnya lebih penting daripada harga belinya. Bola lampu LED menyala dan menghabiskan energi 10 kali lebih kecil dari lampu model lama dan mampu menyala 10 kali lebih lama. Tapi tetap jangan lupa matikan lampu saat meninggalkan ruangan ya, Sahabat.

8. Pilih Ukuran Alat Masak Yang Tepat

Cara Menabung 1 Miliar Sebelum Usia 30  Pilihlah alat masak yang memiliki diameter sama dengan tungku api kompor. Kamu pasti akan kaget saat mengetahui jika ukuran panci atau penggorengannya salah hampir 50% gas atau listrik yang terpakai akan sia-sia. Matikan kompor 5 menit sebelum masakan matang sepenuhnya. Kompor maupun oven dapat menyimpan panas yang lumayan lama, jadi masakan tetap matang tanpa pengeluaran ekstra.

9. Hemat Air

Cara Menabung 1 Miliar Sebelum Usia 30  Jika kamar mandi di rumah masih menggunakan bak sebagai penampung airnya, gunakan trik dengan terus mengucurkan air secara sangat kecil seperti kran yang bocor. Dengan demikian air di dalam bak akan terus terisi tanpa perlu mengucurkan dalam volume yang besar. Jika menerapkan trik tadi, lihat tagihan air kamu di bulan berikutnya, pasti akan jauh lebih murah.

10. Belajar Memasak
12 Cara Menabung 1 Miliar Sebelum Usia 30 Tahun

Memanjakan diri makan di restoran bukan hal yang biasa. Meski kita memakan hidangan cepat saji yang murah alih-alih makan di restaurant mahal, uang kita tetap akan terkuras dibandingkan memasak sendiri. Jadi kembangkan bakat memasak mu dan buat senyaman mungkin dapur di rumah. Agar lebih hemat lagi, buatlah anggaran belanja dan rencana menu makan setiap minggunya, agar kita tidak membeli sesuatu yang tidak diperlukan.

11. Jangan Membeli Kendaraan Terlalu Mahal

Cara Menabung 1 Miliar Sebelum Usia 30  Bagi kamu yang masih berusia 20 tahunan, mungkin mengendarai mobil atau motor mahal menjadi kebanggaan sebagai penanda sukses, tapi apakah membeli sesuatu yang nilainya akan terus berkurang di masa mendatang akan menjadi sebuah investasi yang bagus? Selalu ingat, dibalik kendaraan mahal terdapat nilai pajak yang juga mahal.

12. Investasi Properti dan Emas

Cara Menabung 1 Miliar Sebelum Usia 30  Ketimbang uang yang kita miliki dibelikan untuk sesuatu yang tidak akan berkembang nilainya, seperti kendaraan mewah dan pakaian branded. Coba investasikan uang kita dengan mulai mencicil rumah, cicil emas, atau menabung emas. Seperti yang kita tahu, rumah dan emas adalah benda yang tidak pernah turun nilainya bahkan akan terus naik di masa mendatang.

Nah, bagaimana Sahabat, kiat-kiat diatas cukup realistis untuk dicoba bukan? Yuk, mulai berhemat dan menjadi lebih cerdas dalam mengelola keuangan kita! Sahabat bisa kunjungi halaman ini untuk membaca artikel terbaru tentang inspirasi keuangan lainnya dari Pegadaian.

By Admin