17 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram, Harus Kreatif!

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Instagram kini menjelma menjadi salah satu media sosial yang bisa menghasilkan uang. Tidak heran banyak orang yang berlomba-lomba mendapatkan banyak followers untuk menjadi influencer.w

Pengguna Instagram mulai mempercantik feed Instagram untuk berjualan konten hingga menjual barang atau jasa mereka. Pasalnya, uang yang didapat tidaklah sedikit apabila mau bekerja keras dan memutar otak. Untuk itu, berikut IDN Times rangkum 17 cara mendapatkan uang dari Instagram. Yuk, coba!
17 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram, Harus Kreatif!

1. Riset konten menarik

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Salah satu kunci cara mendapatkan uang dari Instagram adalah rajin-rajin melakukan riset pada konten-konten yang menarik bagi pengguna Instagram. Namun, kamu perlu mengetahui dulu target audiens kamu akan seperti apa.

Kemudian, mulailah riset konten dengan melihat akun-akun yang memiliki niche serupa dan menarik bagi pasar. Kamu bisa lebih dulu meriset akun-akun selebgram. Jenis konten seperti apa yang mengundang banyak engagement dengan publik.

2. Konsisten membuat konten

Cara mendapatkan uang dari Instagram berikutnya adalah dengan konsisten membuat konten dalam berbagai jenis atau format. Tentu saja setelah mengetahui niche, topik, atau kategori yang ingin ditonjolkan pada akun kamu.

Setidaknya dalam satu hari terdapat satu konten baru di akunmu. Akun yang aktif mengunggah konten akan dianggap oleh algoritma Instagram sebagai akun yang hidup, aktif, dan akan direkomendasikan kepada para pengguna terus menerus.

3. Gunakan fitur Instagram Story
17 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram, Harus Kreatif!

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Instagram Story adalah fitur mengunggah foto atau video yang akan bertahan selama 24 jam saja. Instagram Story berbeda dari unggahan di feed yang bisa bertahan sampai kapan pun selama tidak dihapus atau diarsipkan oleh pemilik akun.

Fitur ini harus dimanfaatkan untuk meningkatkan engagement dan followers akunmu. Buat konten-konten singkat atau cuplikan dari konten utamamu untuk menarik audiens melihat kontenmu.

4. Menjual barang atau jasa

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Instagram bisa dimanfaatkan sebagai platform untuk berjualan berbagai produk, baik barang maupun jasa. Instagram menyediakan fitur belanja bagi akun bisnis yang memudahkan audiens melihat produk-produk yang dijual sebuah akun.

Sebelum itu, pastikan kamu sudah mengetahui siapa saja target pasar agar kamu bisa merencanakan strategi-strategi pemasaran berikutnya.

5. Menjual barang second atau preloved

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Salah satu tren berjualan online yang eksis sampai saat ini adalah menjual barang-barang second atau preloved. Kamu bisa menjual barang-barang yang menumpuk di rumahmu. Kamu juga bisa mengumpulkan barang-barang bekas dari teman-teman atau keluargamu.

Jika kesulitan, kamu juga bisa menjual barang-barang second, seperti pakaian atau sepatu yang biasanya diimpor dari luar negeri. Kamu bisa membeli satu bal untuk dijual kembali.

6. Manfaatkan fitur Instagram Ads

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Instagram juga menyediakan fitur Instagram Ads yang sudah terhubung dengan Facebook Ads. Jadi, jika kamu menggunakan layanan Instagram Ads, maka iklanmu bisa muncul juga di Facebook.

Harga mengiklankan produk di Instagram Ads juga berbeda-beda. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu.

7. Jalin kerja sama dengan merek favorit kamu

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Dengan membuat konten bermerek yang sesuai dengan gaya kamu, kamu memiliki kekuatan untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan dan menumbuhkan followers kamu.

Menurut Instagram, biasanya followers akan mencari akun yang membagikan merek dan produk yang mereka sukai. Dan seiring waktu, kamu dapat mulai dibayar oleh merek tersebut untuk berbagi informasi di Instagram.

Saat akan menegosiasikan dengan perusahaan suatu merek, Instagram menyarankan agar kamu memberikan data seperti jumlah followers dan jumlah rata-rata like, berapa banyak postingan kamu dilihat, komentar, dan jumlah yang membagikan konten kamu.

8. Manfaatkan lencana saat live di Instagram

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Orang-orang dapat membeli Badges atau Lencana untuk mendukung video yang kamu siarkan secara langsung, sekaligus menghubungkan kamu dengan penggemar terbesar kamu.

Saat kamu melakukan siaran langsung dengan lencana, pemirsa dapat membeli lencana untuk mendukung kamu dan mendapatkan pengakuan ekstra, sementara kamu mendapatkan uang dari konten yang sudah dibuat.

Saat pemirsa membeli lencana, kamu akan melihat hati di samping nama pengguna mereka. Kamu juga dapat melihat jumlah total lencana yang dibeli dan total penghasilan. Pemirsa dapat membeli beberapa lencana selama kamu Live dengan harga 0,99 dolar AS, 1,99 dolar AS, dan 4,99 dolar AS.

Namun, perlu diingat bahwa kamu harus memenuhi syarat untuk monetisasi. Jika belum, kamu dapat mengajukan permohonan dalam aplikasi dengan mengklik “Apply for monetisation” dan periksa dasbor profesional kamu untuk pembaruan status.

9. Ajak followers belanja di akun kamu

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Jika kamu memiliki produk untuk dijual, kamu dapat memperluas jangkauan dengan menjual di Instagram. Sehingga kamu dapat menjangkau pelanggan baru dan mudahkan orang untuk berbelanja dengan mempromosikan merchandise dari toko kamu di Instagram.

Membuka toko di Instagram cukup mudah, berikut ini caranya:

  1. Ubah akun kamu ke akun bisnis.
  2. Hubungkan Halaman Facebook Anda.
  3. Unggah katalog produk.
  4. Selesaikan peninjauan akun.

Aktifkan Belanja / Shopping.

10. Dapatkan uang ekstra untuk konten kamu melalui IGTV dan Reels
17 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram, Harus Kreatif!

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Pada akhir 2022, Instagram berencana untuk menginvestasikan lebih dari 1 miliar dolar AS pada program yang menyajikan cara baru untuk menghasilkan uang dari konten yang kamu buat di Facebook dan Instagram. Instagram ingin memberi penghargaan pada content creator, terutama yang baru memulai, untuk membuat konten yang disukai oleh komunitasnya.

Investasi ini akan mencakup program bonus baru yang membayar kreator yang memenuhi syarat karena mencapai tonggak prestasi tertentu saat mereka menggunakan fitur kreatif dan monetisasi.

“Kami juga akan menyediakan pendanaan awal bagi kreator untuk memproduksi konten mereka. Tujuan kami adalah membantu sebanyak mungkin kreator untuk menemukan keberhasilan jangka panjang dan berkelanjutan di aplikasi kami,” tulis Instagram dalam laman resminya.

Di Instagram, bonus pertama akan tersedia melalui undangan dan akan diberikan pada kreator yang mendaftar di iklan IGTV dan menggunakan lencana di Siaran Langsung dan Reels.

11. Bangun komunitas dan dapatkan penghasilan bulanan dari Instagram

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Instagram memperkenalkan fitur Subscriptions atau Langganan yang membantu pembuat konten menghasilkan penghasilan bulanan berulang di Instagram.

Sebelumnya, pada 2020, Facebook meluncurkan Subscriptions yang telah membantu pembuat konten membangun bisnis berkelanjutan yang didukung oleh dukungan komunitas mereka.

“Berdasarkan masukan yang kuat dari pembuat konten, kami sekarang siap untuk menghadirkan model bisnis ini kepada pembuat konten di Instagram,” kata Instagram.

Dengan Subscriptions Instagram, pembuat konten dapat mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan pengikut mereka yang paling terlibat dan meningkatkan pendapatan rutin bulanan mereka dengan memberi pelanggan akses ke konten dan manfaat eksklusif. Semuanya dalam platform yang sama tempat mereka berinteraksi dengan mereka.

Contoh Subscription Instagram:

  • Subscriber Lives: Kreator dapat menyiarkan Live eksklusif ke subscriber mereka, memungkinkan mereka untuk terlibat lebih dalam.
  • Subscriber Cerita: Kreator dapat membuat cerita hanya untuk pelanggan mereka, memungkinkan mereka untuk berbagi konten eksklusif dan menggunakan stiker cerita interaktif hanya dengan pengikut mereka yang paling terlibat.
  • Subscriber Badges: Pembuat konten akan melihat lencana pelanggan di samping komentar dan pesan sehingga mereka dapat dengan mudah mengidentifikasi pelanggan mereka.

12. Menjadi influencer

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Pekerjaan menjadi influencer atau selebgram menjadi dambaan bagi sebagian orang saat ini. Hal ini bisa menjadi cara untuk mendapatkan uang dari Instagram yang efektif. Terutama bagi kamu yang suka tampil dan berbicara di depan kamera.

Pada dasarnya, influencer adalah orang yang dianggap mampu memengaruhi followers-nya tentang suatu hal. Entah itu gaya hidup, kesehatan, tren berpakaian, literasi keuangan, dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu, setiap influencer harus memiliki karakter dan niche yang berbeda-beda agar bisa mendapatkan pengikut yang loyal. Kamu harus membangun personal branding yang kuat agar pengikutmu bisa mengikuti hal-hal positif yang kamu bagikan di Instagram.

Sebagai influencer, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari endorsement, kerja sama dengan brand, dan sebagainya.

13. Menjadi admin akun Instagram

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Salah satu pekerjaan yang banyak diminati oleh orang-orang saat ini adalah Social Media Admin. Salah satu pekerjaannya adalah mengelola sebuah akun Instagram milik perusahaan, brand, atau lembaga agar bisa sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai. Misalnya, meningkatkan penjualan, brand awareness, dan sebagainya.

Pekerjaan ini biasanya membuat konten untuk Instagram secara rutin dalam bentuk IG Story, feed, hingga reels. Kamu perlu memiliki kemampuan berpikir kreatif dan mengoperasikan beberapa tools, seperti aplikasi editing foto, video, dan sebagainya.

14. Membuka jasa sponsorship atau paid promote

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Cara mendapatkan uang dari Instagram selanjutnya adalah dengan membuka jasa sponsorship atau paid promote. Jasa-jasa seperti ini biasanya dibutuhkan oleh brand-brand untuk memperluas pasar dan harapannya bisa meningkatkan penjualan mereka.

Tarif jasa sponsorship atau paid promote ini juga disesuaikan dengan jumlah followers hingga jenis akunmu. Kamu bisa menawarkan jasa ini ke brand-brand dengan niche dan karakter yang sama seperti para pengikutmu di Instagram.

15. Jasa membuat filter Instagram

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Penggunaan filter untuk foto di Instagram tetap eksis sampai sekarang. Ada yang membuat filter-filter lucu, aesthetic, dan sebagainya. Siapa yang menyangka kalau hal ini bisa menjadi ladang cuan bagimu.

Kamu bisa membuat filter-filter menggunakan aplikasi Lightroom atau yang sejenisnya, kemudian dijual kepada para pengikut di Instagram atau siapa pun yang tertarik.

16. Menjual akun Instagram

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Mungkin cara mendapatkan uang di Instagram yang satu ini terlihat aneh. Namun, cara ini kenyataannya cukup efektif untuk menghasilkan uang tambahan.

Cara ini bisa efektif jika kamu sudah memahami cara kerja Instagram dan bagaimana membangun sebuah akun dari nol sampai besar. Jika kamu berhasil melakukannya, kamu bisa menjualnya ke perusahaan atau brand yang membutuhkannya.

17. Menjadi kreator konten berbayar

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Pekerjaan sebagai kreator konten memang terlihat gratis dan tidak dibayar. Mereka membuat konten yang diunggah di akun Instagramnya secara cuma-cuma. Namun, kamu bisa membuat konten-konten eksklusif yang berbayar untuk para pengikutmu.

Kamu bisa membuat semacam kelas-kelas atau pelatihan sederhana yang terbuka bagi siapa saja, tapi khususnya untuk followers-mu di Instagram. Misalnya, niche kamu di Instagram adalah tentang dunia coding dan IT.

Kamu bisa membuka kelas pelatihan sederhana bagi orang-orang yang baru mau belajar coding. Patok harga yang rendah terlebih dulu. Jika disambut dengan baik oleh pasar, maka kamu bisa perlahan meningkatkan harga dan kualitas materi yang diberikan.

Demikianlah 17 cara mendapatkan uang dari Instagram yang bisa kamu coba praktikkan. Namun bagaimana pun, cara-cara ini tidak bisa dilakukan secara instan. Kamu perlu sabar, rajin, ulet, dan tetap kreatif untuk mencoba cara-cara ini.

By Admin