16 Cara Mendengarkan Bahasa Inggris Efektif Supaya Makin Jago

Cara Mendengarkan Bahasa Inggris Efektif Jika kalian tidak mampu menangkap apa yang mereka bicarakan dalam bahasa Inggris, maka kalian tidak akan mengerti apapun, terutama saat merespon apa yang mereka ucapkan dan tanyakan. Karena itulah pada artikel ini, kami akan memaparkan cara-cara mendengarkan bahasa Inggris secara efektif dan efisien supaya kemampuan listening kalian makin meningkat.

Ingin tahu apa saja cara-cara mendengarkan bahasa Inggris yang bisa kalian praktekkan dimana saja dan kapan saja? Yuk, simak terus poin-poin berikut ini!
16 Cara Mendengarkan Bahasa Inggris Efektif Supaya Makin Jago

1 – Membaca dan mendengarkan bahasa Inggris pada waktu yang sama

Cara Mendengarkan Bahasa Inggris Efektif Menurut kami, salah satu cara paling efektif untuk mendengarkan bahasa Inggris dan meningkatkan skill listening ini adalah dengan menggunakan 2 (dua) sumber pada saat yang sama. Ini berarti bahwa kalian tidak boleh hanya mendengarkan, tapi juga melakukan sesuatu yang lain pada saat bersamaan.

Disini kami akan memberitahukan cara paling mudah, yaitu dengan menonton video bahasa Inggris yang dilengkapi dengan subtitle bahasa Inggrisnya dan bukan bahasa Indonesia ya.

Dengan cara ini, kalian akan mendengarkan bahasa Inggris segala percakapan atau perbincangan apapun yang terjadi di klip video yang kalian tonton dan pada saat bersamaan kalian baca kata-kata bahasa Inggris yang tersedia pada subtitle.

Hal ini akan membuat pemahaman kalian menjadi lebih gampang dan tentunya membantu kalian untuk mengingat dan menghafal kata-kata yang sulit.

Selain menonton video, kalian juga bisa mendengarkan bahasa Inggris melalui audiobooks. Saat ini banyak buku yang sudah dicetak, kemudian dibuat dalam versi audiobook-nya yang bisa kalian dengarkan dimana saja kalian sempat.

Jika audiobook terlihat mahal untuk kalian beli, maka kalian bisa mencari sejumlah website di internet yang menyediakan audiobook secara gratis yang dilengkapi dengan teks digitalnya. Dengan demikian, kalian bisa mendengarkan bahasa Inggris secara efektif dan efisien dimana saja kalian berada.

2 – Coba mendengarkan bahasa Inggris dimanapun kalian berada

Cara Mendengarkan Bahasa Inggris Efektif Jika kalian tinggal di suatu negara yang mana penduduknya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, itu akan menjadi kesempatan emas bagi kalian meningkatkan skill listening.

Pasti awalnya sulit untuk mendengarkan para penutur asli berbicara bahasa Inggris karena biasanya mereka akan berbicara secara cepat dan terkadang menggunakan bahasa-bahasa slang.

Tapi jika di daerah kalian di Indonesia sangat jarang orang-orang asing, maka kalian bisa pergi ke lokasi dimana warga dan turis asing berkumpul. Pasti mereka punya komunitas perkumpulan.

Di  Jakarta, kalian misalnya bisa pergi ke jalan jaksa atau mall-mall seperti Grand Indonesia, Plaza Senayan, Senayan City, Plaza Indonesia dll sebab rata-rata orang asing atau para ekspatriat menghabiskan waktu senggangnya di sana.

Bergabunglah dengan mereka dan tetap percaya diri. Dengarkan setiap kata baru yang kalian dengarkan dari mereka, dan cobalah berusaha untuk melihat apakah kalian bisa menangkap isi pembicaraan mereka atau tidak.

Jika kalian sudah terbiasa, itu artinya skill listening kalian perlahan-lahan namun pasti akan semakin meningkat.

3 – Cobalah dengarkan podcast berbahasa Inggris yang sama setiap hari selama satu minggu
16 Cara Mendengarkan Bahasa Inggris Efektif Supaya Makin Jago

Cara Mendengarkan Bahasa Inggris Efektif Oh ya jika kalian ingin meningkatkan kemahiran pada aspek listening kalian, maka kalian juga bisa mendengarkan bahasa Inggris melalui podcast.

Kebetulan sudah banyak program-program yang sudah tersedia di podcast, memiliki transkrip bahasa Inggris ucapan si pembicara di podcast.

Kami sarankan untuk mendengarkan program-program favorit kalian untuk memberikan motivasi kalian untuk meningkatkan kemampuan listening kalian.

Caranya begini, kalian pilihlah satu episode dari sebuah program bahasa Inggris kesukaan kalian, dan lalu dengarkan  episode itu selama beberapa hari atau seminggu.

Silahkan dengarkan itu saat kalian melakukan aktivitas sehari-hari kalian seperti membersihkan kamar, mencuci baju dan piring, menyiram kembang di taman dan lain-lain.

Temukan kata-kata atau frasa yang sulit kalian pahami dan lalu ulang-ulang kembali di hari pertama dan kedua.

Nah, seiring berjalannya waktu, kalian tentunya akan terbiasa memahami kosakata dan frasa yang sulit itu.

Coba kalian hafalkan kata-kata secara baik sebab suatu hari nanti, kalian mungkin akan mendengarkan kata-kata yang sama di program podcast lainnya.

Dan di akhir waktu, kami jamin kemampuan listening kalian akan meningkat. Setelah episode pertama selesai, silahkan dengarkan episode kedua hingga program podcast bahasa Inggris kalian tamat.

4 – Cobalah mendengarkan bahasa Inggris saat kalian tertidur

Cara Mendengarkan Bahasa Inggris Efektif Kalian akan mengira bahwa cara ini terdengar aneh, bukan? Tapi percayalah, cara ini merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan listening kalian, dan itu benar-benar mungkin praktek bahasa Inggris saat kalian tertidur.

Cara ini cukup baik terutama saat kalian ingin belajar kata-kata yang baru atau memperbaiki pelafalan bahasa Inggris kalian. Tapi bagaimanapun juga, kalian mesti memilih audio berbahasa Inggris yang menjadi program favorit kalian.

Iya, sebenarnya banyak riset yang memperkenalkan cara ini sebagai cara terbaik untuk belajar kosakata, dan bisa juga digunakan untuk memperbaiki kemampuan listening kalian.

Nah, pada akhirnya kalian akan belajar bagaimana cara melafalkan kata-kata bahasa Inggris itu dengan benar dan tepat. Coba saja kalian praktekkan cara ini di rumah!

5 – Persiapkan percakapan kalian sebelum itu dilakukan dengan lawan bicara kalian

Cara Mendengarkan Bahasa Inggris Efektif Apakah ini terdengar aneh jika kalian harus mempersiapkan percakapan untuk meningkatkan skill listening kalian?

Tidak, ini sama sekali tidak aneh, sebab setiap percakapan apapun termasuk dengan bahasa Inggris, bahkan dengan diri kita sendiri, mencakup seorang pembicara dan seorang pendengar. Kalian berbicara, dan lawan bicara akan mendengarkan, lalu dia akan bicara, dan kalian akan mendengarkan, begitu seterusnya.

Cara ini dianggap sebagai salah satu cara mendengarkan bahasa Inggris paling efektif. Misalnya saja kalian diundang oleh kawan Australia kalian untuk datang ke rumahnya di Canberra, dan dia  sama sekali tidak bisa berbicara bahasa Indonesia.

Dengan kata lain, kalian harus mempersiapkan percakapan bahasa Inggris saat pertama kalian bertemu dengan kawan kalian itu misalnya di bandara, apa yang mesti kalian bicarakan dengannya, dan respon seperti apa yang mungkin akan kalian dengarkan dari teman kalian?

Kalian tahu bahwa kalian tidak akan mengerti segala percakapan kawan Australia kalian, tapi setidaknya kalian sudah mempersiapkan segala sesuatunya yang mungkin terjadi, termasuk isi percakapan dengannya.

Dengan demikian, kami jamin kalian akan punya percaya diri yang tinggi untuk tetap mendengarkan kawan Australia kalian saat dia berbicara, bertanya, dan mengajak kalian pergi ke rumahnya di kota Canberra untuk diperkenalkan dengan anggota keluarganya.

6 – Silahkan rekam aktifitas kelas kalian dengan ponsel kalian

Cara Mendengarkan Bahasa Inggris Efektif Saat mendengarkan bahasa Inggris dari seorang guru native speaker di kelas, mungkin saja kalian akan merasa kesulitan untuk menangkap beberapa penjelasannya.

Meskipun guru kalian akan berusaha berbicara perlahan-lahan, namun  tetap saja ada beberapa kata atau frasa yang mungkin kalian belum pernah mendengarnya.

Jalan keluarnya adalah kalian boleh merekam setiap aktivitas kelas kalian dengan menggunakan ponsel kalian.

Dengan adanya rekaman ini, kalian bisa mendengarkan kembali hal-hal apa saja yang terjadi di kelas dan materi atau isi ucapan guru kalian.

Biasanya sebuah ponsel akan dibekali dengan fitur voice recorder, tapi jika di ponsel kalian tidak ada fitur tersebut, maka kalian bisa mengunduh aplikasi untuk merekam di Google Play Store untuk penggunaan sistem Android atau Apple Store untuk sistem IOS.

Oh iya kalian perlu mendengarkan intonasi dan tone dari kata-kata yang diucapkan oleh guru-guru kalian. Ini tentunya akan membantu kalian untuk melafalkan kata-kata sulit lebih jelas dan lebih mudah.

Dan pada akhirnya, kalian akan menemukan hal itu mudah untuk memahami segala yang sedang diucapkan di dalam kelas.

7 – Mendengarkan bahasa Inggris diri kalian sendiri

Cara Mendengarkan Bahasa Inggris Efektif Ini juga terdengar sangat aneh ya belajar mendengarkan bahasa Inggris kalian sendiri saat kalian berbicara sendiri misalnya di depan cermin.

Benar, cara ini terdengar gila tapi ini bisa dianggap sebagai salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan kemahiran kalian dalam berbahasa Inggris.

Misalnya saja saat kalian sedang mandi atau menyiram tanaman, maka kalian bisa membuat percakapan imajiner dengan menanyakan hal-hal apa saja dan memberikan jawaban itu dengan berpura-pura kalian adalah orang lain yang mendengarkan.

Dengan cara ini, kalian akan bisa mempelajari banyak kosakata yang biasa kalian gunakan pada percakapan bahasa Inggris dengan kalian sendiri. Kalian juga bisa meniru seorang aktor saat dia sedang berbicara bahasa Inggris di film-film favorit kalian.

Pada mulanya, kalian mungkin tidak menyadari bahwa kalian ini sedang praktek mendengarkan bahasa Inggris, tapi seiring berjalannya waktu, kalian akan tahu bahwa skill listening kalian akan meningkat.

8 – Ajaklah teman sekelas kalian untuk praktek mendengarkan bahasa Inggris bersama-sama

Cara Mendengarkan Bahasa Inggris Efektif Cara ini juga tergolong efektif dan efisien, sebab kalian dan teman sekelas kalian bisa sama-sama meningkatkan kemampuan listening secara intensif dan baik.

Karena itulah mulai sekarang, silahkan cari salah seoran teman sekelas kalian yang ingin belajar bahasa Inggris dengan kalian.

Misalnya kalian berdua bisa setuju untuk menggunakan podcast tertentu, program talkshow,  film, lagu, pidato orang-orang terkenal dan lain sebagainya.

Misalnya saat bersama-sama mendengarkan talkshow populer berbahasa Inggris, kalian bisa mengajukan beberapa pertanyaan seputar talkshow dan meminta teman kalian untuk menjelaskan jika kalian melewatkan satu atau beberapa kata yang sulit.

Dengan melakukan cara ini, teman sekelas kalian mungkin saja akan mengerti kata-kata yang tidak kalian pahami, dan begitu juga sebaliknya. Selain bisa praktek listening dengannya, kalian juga akan mengenal teman sekelas kalian jauh lebih baik.

9 – Cobalah mendengarkan bahasa Inggris dengan aksen-aksen yang berbeda

Cara Mendengarkan Bahasa Inggris Efektif Untuk orang Indonesia, aksen british atau orang-orang Inggris akan lebih sulit dipahami dibandingkan aksen Amerika.

Mengapa demikian? Salah satu alasan adalah kita sejak kecil sudah terbiasa menikmati berbagai tayangan film, serial, dan musik yang dilakukan aktor dan aktris atau penyanyi dari Amerika Serikat, tapi tidak dengan tayangan berasal dari Inggris misalnya.

Akibatnya,banyak dari kita yang lebih mengutamakan aksen amerika dibandingkan aksen-aksen lainnya karena telinga kita sudah terbiasa dengan mendengarkan aksen-aksen tersebut.

Nah karena itulah, cobalah sekarang untuk belajar mendengarkan bahasa Inggris dengan aksen Inggris.

Ada banyak film atau serial menarik seperti Mr. Bean yang diproduksi oleh negara Inggris, yang sebagiannya bisa kalian dapatkan melalui channel Youtube.

Kalian bisa mendengarkan bahasa Inggris mereka secara gratis dan pastinya menyenangkan sebab kalian akan banyak belajar untuk memperbaiki skill listening dari orang-orang Inggris secara langsung.

Tidak hanya, kalian juga akan banyak belajar kosakata dan frasa-frasa baru yang mungkin tidak kalian temukan saat mendengarkan bahasa Inggris dengan aksen Amerika.

10 – Coba sesuaikan kecepatan audio atau video bahasa Inggris kalian
16 Cara Mendengarkan Bahasa Inggris Efektif Supaya Makin Jago

Cara Mendengarkan Bahasa Inggris Efektif Kami fikir cara ini bisa jadi opsi alternatif yang menghibur dan menyenangkan saat kalian berlatih mendengarkan bahasa Inggris.

Caranya mudah, kalian hanya perlu memilih salah satu klip video atau audio dari Youtube, Instagram, Facebook atau berbagai media sosial lainnya yang memungkinkan kalian untuk mengubah kecepatan audio atau video sesuai keinginan kalian. Sekarang ini, hampir seluruh audio dan video bisa dipercepat dan juga bisa diperlambat sesuai keinginan kita.

Oh iya, saat pertama kalian menonton atau mendengarkan, lakukan dengan kecepatan normal. Kalian mungkin saja akan ketinggalan sejumlah informasi yang dibicarakan, tapi tidak apa-apa sebab itu biasa terjadi pada semua pelajar bahasa Inggris. Kalian tidak boleh langsung menyerah dan mudah putus asa.

Nah, pada saat kalian mendengarkan video atau audio untuk kedua kalinya, maka silahkan pilih kecepatan hingga 0,75 untuk memperlambat suara pembicaraan. Kami yakin jika dimainkan lebih perlahan, kalian akan bisa menangkap hampir semua kata yang diucapkan.

Kalian bisa saja memperlambat video atau audio kurang dari 0,75 sesuai dengan kebutuhan kalian, tapi disini kami tidak menyarankan kalian untuk memutarkan kurang dari 0,60 atau 60%.

11 – Coba ikut bergabung dengan grup percakapan bahasa Inggris di daerah kalian

Cara Mendengarkan Bahasa Inggris Efektif Di Indonesia memang agak sulit untuk melakukan praktek bahasa Inggris, tapi hal itu bukan tidak mungkin sama sekali. Salah satu cara untuk belajar mendengarkan bahasa Inggris dengan baik adalah dengan cara bergabung dengan grup atau komunitas bahasa Inggris di daerah kalian masing-masing.

Biasanya baik di kota besar maupun kota kecil di Indonesia terdapat sejumlah grup atau komunitas penggemar bahasa Inggris yang menjadi tempat berkumpulnya para pelajar yang ingin meningkatkan skill mereka dalam bahasa Inggris.

Komunitas itu biasanya bertemu setiap minggu, meski kalian tidak harus hadir secara teratur. Tujuannya hanya satu, kalian bisa praktek bahasa Inggris satu sama lain secara intensif dan bahkan membuka pertemanan baru.

Misalnya saja jika kalian berdomisili di kota Bandung, Jawa Barat, maka kalian bisa gabung dengan sejumlah komunitas populer seperti We English, English Cafe Bandung, Osbert English Bandung dan lain sebagainya.

Dan kami yakin di daerah kalian pasti ada sebuah komunitas belajar bahasa Inggris yang selalu siap menerima kalian untuk belajar bahasa Inggris. Bukan begitu, ya?

Ini merupakan salah satu cara paling efektif untuk mendengarkan bahasa Inggris dengan berbagai aksen dan suara. Jika kalian merasa gugup berbicara, maka ingatkan diri kalian bahwa kalian akan menjadi seorang pendengar yang baik.

Kalian juga bisa meminta lawan bicara kalian untuk mengulang isi pembicaraan mereka ketika kalian merasa kesulitan menangkap salah satu substansi pembicaraan.

12 – Cobalah menyaksikan video-video di Youtube sesering mungkin

Cara Mendengarkan Bahasa Inggris Efektif Semua orang tentu menyukai Youtube karena menyajikan video-video kesukaan yang bisa dipilih. Pastinya dengan melihat Youtube channel berbahasa Inggris, kalian akan bisa berlatih mendengarkan bahasa Inggris secara langsung.

Ada beberapa channel Youtube dimana kalian bisa meningkatkan skill listening kalian seperti Easy English yang cocok untuk pemula, National Geographic dan How Stuff Works yang cocok untuk kalian yang sudah memasuki level intermediate, atau bahkan kalian bisa mencoba mendengarkan acara TEDx.

Terlebih dahulu kalian bisa menonton video-video itu dengan subtitle, namun jika kalian sudah mahir, maka usahakan untuk menontonnya tanpa subtitle sekalipun. Oh ya, kalian juga bisa mencatat kata-kata atau frasa yang diucapkan untuk kalian gunakan saat kalian praktek bahasa Inggris dengang orang lain.

13 – Mendengarkan siaran radio berbahasa Inggris

Cara Mendengarkan Bahasa Inggris Efektif Mendengarkan radio adalah bisa dianggap sebagai cara yang baik untuk meningkatkan skill listening kalian. Meskipun akhir-akhir ini, fungsi radio banyak ditinggalkan oleh para pendengar, namun media elektronik ini bisa jadi alat yang efektif untuk mendengarkan bahasa Inggris.

Radio punya banyak program bahasa Inggris yang bisa kalian pilih. Misalnya saja program TuneIn yang menyediakan berbagai siaran radio dari sejumlah negara-negara berbahasa Inggris. Kalian juga bisa mendengarkan BBC Radio, CBC Radio, ABC radio dan banyak lagi.

Oh iya mendengarkan bahasa Inggris pada radio juga mesti disesuaikan dengan level bahasa Inggris kalian.

Contohnya jika kalian masih level pemula, maka kalian bisa mendengar program yang mudah dicerna seperti Breaking News English.

Atau jika kalian sudah mencapai level intermediate, kalian juga bisa mencoba untuk mendengarkan siaran-siaran dari VOA Learning English, Adept English dan lain-lain.

14 – Latihan mendengarkan bahasa Inggris dengan film-film Netflix

Cara Mendengarkan Bahasa Inggris Efektif Di Indonesia sendiri, sudah banyak orang yang berlangganan Netflix yang menyediakan berbagai jenis film favorit mereka. Meskipun harus terhubung ke jaringan internet untuk bisa mengakses film-film itu, menonton Netflix di rumah ternyata bisa jadi salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan skill listening kalian.

Disini kami menyarankan untuk pertama melihat sebuah film hollywood kesukaan kalian dengan subtitle terlebih dahulu. Jika kalian tidak paham, kalian bisa memunculkan subtitle.Silahkan catat kata-kata atau frasa yang kalian anggap sulit untuk dihafal dan digunakan.

Lambat laun, skill listening kalian akan dengan sendirinya akan menjadi lebih baik saat menemukan kata-kata yang sama di film-film yang lainnya.

Oh ya, menonton Netflix dengan tujuan untuk meningkatkan skill listening kalian, juga perlu disesuaikan dengan level bahasa Inggris kalian.

Misalnya saja jika level bahasa Inggris kalian masih pemula, maka kami sarankan agar kalian menonton film-film yang dikhususkan untuk anak-anak sebab tidak banyak memerlukan pengetahuan budaya dan tidak banyak juga menggunakan kata-kata slang.

Jika kalian sudah memasuki level intermediate pada kemampuan bahasa Inggris kalian, maka silahkan temukan film-film yang benar-benar kalian sukai dan akan menontonnya meskipun kalian tidak benar-benar mengerti apa yang mereka ucapkan.

Dan usahakan untuk tidak menonton bahasa Inggris dengan terjemahan bahasa Indonesia. Kalian boleh mengulang adegan-adegan di film dengan menggunakan metode di atas.

15 – Bermain video games favorit kalian sambil mendengarkan instruksi dalam bahasa Inggris

Cara Mendengarkan Bahasa Inggris Efektif Ternyata jika kalian punya hobi bermain games, maka itu bisa dijadikan sebagai cara mendengarkan bahasa Inggris yang efektif untuk memperbaiki skill listening kalian.

Bermain video games akan mengharuskan kalian untuk mengerti apa yang diucapkan.

Dan faktanya kalian bisa menghabiskan waktu berjam-jam lamanya untuk bermain video games yang menghibur dan menyenangkan sambil kalian berusaha menangkap apa yang dibicarakan di dalam video games tersebut.

Oh iya selain bisa meningkatkan skill listening kalian, video games juga pastinya bisa membuat skill reading kalian lebih baik . Untuk itu, silahkan catat kata-kata atau frasa yang kalian temukan sulit dan praktekkan setelah kalian selesai bermain games.

Karena itulah, silahkan mainkan games-games yang penuh dengan dialog dan instruksi dalam bahasa Inggris. Dan pastinya bermain video games untuk melatih skill listening juga harus disesuaikan dengan level-level bahasa Inggris kalian.

Misalnya saja jika kalian level pemula, maka pilihlah games-games yang lebih mudah dengan dialog yang tidak banyak. Kalian bisa saja memilih games untuk anak-anak. Jika level bahasa Inggris kalian lebih tinggi, maka kalian bisa mencoba berinteraksi dengan para pemain lainnya jika hal itu mungkin dilakukan .

16 – Jaga kontak mata dengan pembicara

Cara Mendengarkan Bahasa Inggris Efektif Cara terakhir ini merupakan tips yang mungkin bisa kalian lakukan saat berhadapan dengan lawan bicara yang menggunakan bahasa Inggris saat berkomunikasi dengan kalian.

Saat kalian mendengarkan bahasa Inggris yang diucapkan oleh seseorang, maka kalian mesti menjaga kontak mata dengannya. Artinya, pandangan kalian tidak boleh dialihkan ke yang lain, seperti melihat jendela, main HP, sibuk dengan laptop kalian.

Itu artinya kalian menghargai si lawan bicara, dan kalian akan punya kepercayaan diri untuk merespon mereka dengan bahasa Inggris yang lebih lancar.

Atau silahkan anggap lawan bicara kalian tidak mengarahkan pandangan mata ke kalian karena mungkin malu, atau kultur mereka yang tidak menggunakan kontak mata secara langsung saat komunikasi.

Bagaimanapun juga kalian harus tetap menatap wajahnya meski mereka tidak melihat kalian dan kalian akan berusaha untuk menangkap kata-kata bahasa Inggris yang mereka ucapkan.

Kalian juga bisa meminta lawan bicara dengan penuh sopan santun untuk mengulang lagi kata-kata yang belum kalian mengerti. Kami pikir mereka tidak akan keberatan untuk mengulangi lagi asal kalian bisa menunjukkan kepadanya bahwa kalian itu menghargai apa yang diucapkan.

Jadi, untuk mendengarkan bahasa Inggris supaya skill listening kalian bertambah baik, kalian bisa mencoba salah satu cara yang dipaparkan di atas.

Kalian juga mesti sabar, tidak terburu-buru untuk cepat bisa karena segalanya memerlukan proses yang cukup panjang, bisa berminggu-minggu dan bahkan bisa berbulan-bulan.

Dan satu hal yang harus kalian ingat adalah lakukan kegiatan praktek bahasa Inggris kalian dengan penuh cinta dan motivasi supaya hasil usaha kalian untuk meningkatkan skill kalian tidak sia-sia.

Silahkan dicoba ya dan semoga sukses selalu!

By Admin