5 Cara Menerapkan Teknik Belajar Spaced Repetition, Coba Terapkan!

Cara Menerapkan Teknik Belajar Spaced Repetition Meskipun belajar sebenarnya adalah sebuah konsep yang sederhana, tapi ada sebuah teknik belajar bernama spaced repetition yang belum banyak diketahui orang. Dilansir UPchievespaced repetition adalah metode belajar dengan mengingat materi dalam beberapa sesi belajar.

Spaced repetition pada dasarnya merupakan cara untuk me-review kembali ingatan tentang sesuatu, tetapi secara bertahap. Bagian ‘spaced’ sendiri memiliki makna pengulangan yang mengacu pada jeda waktu di antara sesi belajar.

Buat kamu yang mungkin mengalami kesulitan untuk menghafal atau memahami materi belajar, maka cara ini bisa kamu coba. Berikut lima langkah belajar dengan teknik spaced repetition!
5 Cara Menerapkan Teknik Belajar Spaced Repetition, Coba Terapkan!

1. Rencanakan terlebih dahulu interval jarak dalam sesi belajarmu

Cara Menerapkan Teknik Belajar Spaced Repetition Cara pertama spaced repetition adalah merencanakan jarak sesi belajarmu. Langkah ini paling penting karena berfungsi sebagai dasar dalam konsep belajar spaced repetition. 

Contoh, pada hari ke-1 untuk jadwal pengulangan materi sesi 1, hari ke-7 untuk pengulangan materi sesi 2,  hari ke-16 untuk pengulangan materi sesi 3, dan seterusnya. Kamu juga bisa bereksperimen dengan jarak interval lain yang paling cocok untukmu. Cara ini bisa digunakan untuk mengingat materi yang banyak tanpa membebani otak.
“Dalam periode empat bulan, melakukan spaced repetition selama 30 menit sehari bisa membuat kamu mampu mengingat isi dari 3600 flashcards dengan akurasi 90-95 persen,” kata penulis buku Gabriel Wyner, dilansir Lifehack.

2. Mempelajari catatan yang telah dibuat untuk pertama kalinya

Cara Menerapkan Teknik Belajar Spaced Repetition Untuk menerapkan teknik spaced repetiton, kamu perlu membacanya dengan detail kemudian langsung mencoba mengingat apa yang kamu baca tanpa membuka catatan tadi. Ingatlah poin-poin penting yang baru saja kamu baca.

Mempelajari materi untuk pertama kalinya, termasuk beberapa catatan kecil, pertanyaan, atau materi tambahan yang relevan. Pastikan kamu memiliki waktu yang cukup dan ruang belajar yang nyaman untuk me-review kembali materi belajar sepenuhnya tanpa gangguan.

3. Ingat kembali materi pada sesi waktu pertama
5 Cara Menerapkan Teknik Belajar Spaced Repetition, Coba Terapkan!

Cara Menerapkan Teknik Belajar Spaced Repetition Setelah mempelajari dan mengulas secara penuh konsep atau materi, maka saatnya untuk menggunakan teknik repetiton atau pengulangan. Saat mengingat kembali materi pada jeda interval pertama, cobalah untuk mengikuti cara yang telah kamu lakukan sebelumnya.

Cara tersebut dapat membantu kamu memperkuat ingatan yang sudah ada sebelumnya. Ingatlah bahwa sesi belajar pertama memiliki waktu yang lebih pendek dari sesi berikutnya agar mampu mengingat materi lama sebelum memasuki informasi materi baru.

4. Disiplin untuk rutin belajar pada sesi waktu yang telah dipilih

Cara Menerapkan Teknik Belajar Spaced Repetition Setelah menyelesaikan proses repetition pada sesi pertama, maka selanjutnya adalah mengingat informasi kembali seperti sebelumnya. Seiring berjalannya sesi belajar, kamu perlu mengingat informasi sebelumnya ditambah dengan sedikit informasi materi yang baru.

Konsep spaced repetition pada dasarnya adalah belajar menghafal materi secara bertahap. Ingatlah bahwa jarak waktu belajar ini penting supaya tidak membebani ingatan dan memudahkanmu mengingat apa yang telah dipelajari.

5. Pastikan ruang belajarmu nyaman dan terbebas dari gangguan
5 Cara Menerapkan Teknik Belajar Spaced Repetition, Coba Terapkan!

Cara Menerapkan Teknik Belajar Spaced Repetition Belajar dengan spaced repetition mengharuskanmu untuk selalu fokus dalam setiap materi yang dibaca. Kamu akan mengulang-ulang materi yang sama ditambah dengan beberapa materi baru sepanjang berjalannya sesi belajar. Ruang belajar yang nyaman, kondusif, dan tanpa gangguan tentunya membuat kamu lebih fokus dalam belajar menghafal. “Ruang belajaryang nyaman akan membuat anak belajar lebih efektif dan efisien,” kata owner Visions of Home Feng Shui Laurelyn Baker, dilansir Daily Camera.

Itulah lima cara belajar dengan teknik spaced repetition. Tujuan utama dari teknik ini adalah belajar banyak materi, tetapi tanpa membebani ingatanmu. Semoga ulasan ini bisa kamu jadikan referensi teknik belajar yang efektif.

By Admin