10 Cara Mengatasi Flu dan Hidung Tersumbat dengan Cepat

BERITA MILLENIAL Cara Mengatasi Flu dan Hidung Flu atau influenza merupakan penyakit yang mungkin pernah diderita oleh semua orang. Flu adalah suatu penyakit yang tidak membahayakan dan seringkali disepelekan atau diabaikan oleh penderita. Meskipun tidak berbahaya, tetapi gejala yang muncul dari penyakit flu sering kali menyebabkan rasa tidak nyaman pada penderitanya. Bahkan, bisa mengganggu aktivitas sehari-harinya. Gejala awal flu biasanya adalah keluar ingus atau lendir secara terus menerus atau sesekali, hidung tersumbang atau mampet atau bahkan kehilangan indra penciuman. Ketika Grameds mulai mengalami gejala awal dari flu, sebaiknya Grameds segera mengatasinya sebab flu juga bisa berkembang menjadi suatu penyakit yang cukup serius bagi sebagian orang.

Pada beberapa orang yang mengalami kondisi tertentu, seperti ibu hamil, biasanya flu akan berlangsung lebih lama. Ketika ibu hamil sedang mengalami flu biasanya selera makan perlahan mulai hilang, tidur menjadi sulit. Supaya hal itu tidak semakin parah, maka sebaiknya flu segera diatasi.

Namun, tak semua orang mengetahui dengan pasti cara menghilangkan flu. Kamu tak perlu khawatir karena artikel ini akan membahas tentang cara mengatasi flu. Berikut adalah beberapa cara mengatasi flu serta hidung tersumbat dengan cepat.
10 Cara Mengatasi Flu dan Hidung Tersumbat dengan Cepat

Cara Mengatasi Gejala Awal Flu

1. Banyak Minum Air

Cara Mengatasi Flu dan Hidung  Ketika gejala flu mulai muncul, maka sebaiknya Grameds segera minum lebih banyak air ataupun jus. Dengan begitu, Grameds akan terhindar dari gejala dehidrasi seperti hidung tersumbat maupun sakit tenggorokan. Tidak hanya dengan minum air mineral saja, Grameds juga bisa mencegah gejala awal flu dengan mengkonsumsi sup ayam maupun sayur bayam untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

2. Berkumur Menggunakan Air Garam

Cara Mengatasi Flu dan Hidung  Salah satu cara alami untuk mengatasi tenggorokan gatal ketika flu akan datang adalah dengan mengkonsumsi air hangat yang telah ditambahkan setengah sendok teh garam dapur.

Apabila tidak suka mengkonsumsi air mineral dengan garam dapur, maka Grameds bisa berkumur-kumur dengan menggunakan air garam. Mengapa air garam? Sebab air garam mampu menarik keluar kelebihan air pada jaringan tenggorokan, membersihkan lendir, mengurangi peradangan serta meringankan iritasi pada tenggorokan.

3. Menggunakan Semprot Hidung
10 Cara Mengatasi Flu dan Hidung Tersumbat dengan Cepat

Cara Mengatasi Flu dan Hidung  Ketika gejala awal dari penyakit flu muncul, maka Grameds harus memastikan bahwa hidung dalam keadaan bersih serta tidak mampet. Grameds bisa menggunakan obat semprot hidung yang mengandung saline, sehingga gejala awal dari flu pun tidak akan berkembang semakin parah.

4. Mengkonsumsi Obat

Cara Mengatasi Flu dan Hidung  Untuk melawan rasa sakit yang kemungkinan akan muncul ketika mengalami flu, Grameds bisa mencoba mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit. Contoh obat yang dapat dikonsumsi adalah acetaminophen.

Selain itu, Grameds juga bisa mencoba mengkonsumsi obat-obatan alergi, seperti benadryl dan zyrtec yang akan membantu meredakan gejala flu, seperti mata berair serta hidung meler. Sedangkan untuk membersihkan sinus, Grameds bisa menggunakan obat-obatan yang mengandung dekongestan.

5. Istirahat

Cara Mengatasi Flu dan Hidung  Pada faktanya, tubuh tidak akan mampu melawan virus dengan baik apabila tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Setelah gejala flu muncul, sebaiknya Grameds segera beristirahat.

Meskipun akan sulit untuk tidur nyenyak, tetapi istirahat yang cukup akan membantu meredakan gejala flu. Jika ingin tidur lebih nyenyak ketika mengalami flu, Grameds bisa mandi dengan air hangat lebih dulu.

6. Memenuhi Kebutuhan Gizi Dengan Baik

Cara Mengatasi Flu dan Hidung  Pola makan yang sehat akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, Grameds perlu memenuhi kebutuhan gizi yang mencakup protein dan nutrisi lainnya.

Kandungan protein bisa Grameds dapatkan dengan mengkonsumsi ikan, kacang-kacangan, gandum, beras merah, daging tanpa lemak dan sebagainya. Selain itu, Grameds juga bisa mengkonsumsi sayuran yang berwarna, sebab sayuran berwarna kaya akan antioksidan.

7. Melakukan Latihan Fisik Ringan

Cara Mengatasi Flu dan Hidung  Meskipun istirahat dengan cukup sangat disarankan ketika sakit, tetapi jangan sampai Grameds bermalas-malasan. Sebab, latihan fisik ringan pun juga diperlukan oleh tubuh karena akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah ketujuh cara meredakan gejala awal flu. Perlu diingat bahwa flu sangat mudah menyebar melalui bersin serta batuk dari pengidapnya. Jadi, mungkin Grameds akan tertular flu dari pengidap sebelumnya.

Selain itu, flu juga bisa menular melalui benda-benda yang disentuh oleh pengidap flu. Oleh karena itu, perlu dilakukan pencegahan sebelumnya yaitu dengan menjaga kebersihan. Pastikan untuk selalu mencuci tangan serta menggunakan masker ketika bepergian, terutama jika ada orang di sekitar kita yang mengidap flu. Pastikan pula untuk selalu mengantongi hand sanitizer untuk memastikan kehigienisan.

8. Mengonsumsi Obat

Cara Mengatasi Flu dan Hidung  Penyebab hidung tersumbat ada beraneka rupa, salah satunya adalah gejala alergi. Untuk kamu yang merasa hidung mampet karena alergi, cobalah mengonsumsi obat antihistamin. Obat ini mampu meredakan gejala alergi. Dalam artian, ketika mengonsumsi obat antihistamin, keluhan hidung tersumbat yang merupakan gejala alergi pun bisa dikurangi. Hanya saja, obat antihistamin menimbulkan efek samping berupa rasa kantuk yang kuat. Pastikan kamu tidak mengonsumsinya ketika mau beraktivitas yang butuh konsentrasi, seperti menyetir ataupun bekerja.

9. Mengoleskan  Minyak Eucalyptus

Cara Mengatasi Flu dan Hidung  Cara lain mengatasi hidung tersumbat adalah mengoleskan minyak eucalyptus di kisaran hidungmu. Jenis minyak ini merupakan bahan alami yang sudah lama digunakan sebagai obat berbagai kondisi kesehatan. Untuk masalah hidung tersumbat, minyak eucalyptus pun mampu menjadi pereda yang mujarab. Cara menggunakan minyak ini bisa dengan cara dihirup ataupun dioleskan di area sekitar lubang hidung. Uap dari minyak eucalyptus mampu membuat lapisan lendir di rongga hidung menipis sehingga kamu dapat bernapas lebih lega. Beberapa pendapat bahkan mengatakan minyak eucalyptus dapat diminum untuk meredakan gejala masalah kesehatan, namun metode ini tidak disarankan karena dikhawatirkan efek sampingnya.

10. Mengonsumsi Teh Herbal
10 Cara Mengatasi Flu dan Hidung Tersumbat dengan Cepat

Cara Mengatasi Flu dan Hidung  Ini dia cara mengatasi hidung tersumbat dengan cara alami lainnya! Kamu bahkan akan merasa cara ini sebagai langkah pengobatan. Soalnya, kamu cukup mengonsumsi teh herbal untuk mengurangi gejala hidung mampet. Teh herbal, khususnya teh peppermint yang memiliki kandungan mentol, bisa menjadi dekongestan alami. Menyeruput teh ini hangat-hangat akan mampu membuat proses bernapas menjadi lebih lega karena peradangan di hidung berkurang. Kamu bisa meminum secangkir teh herbal sambil diiringi dengan musik ataupun ditemani biskuit. Selain bisa mengatasi hidung tersumbat, cara ini juga bisa mengurangi tingkat stres sehingga imunitas tubuh pun menguat.

Penyebab hidung tersumbat salah satunya adalah paparan virus yang bisa menyebabkan influenza. Mandi air hangat dengan sabun cair Lifebuoy yang bersifat antibakteri terbukti efektif membunuh kuman dan virus yang ada di tubuhmu. Jadi, kemungkinan mengalami hidung tersumbat yang melelahkan pun bisa dikurangi

By Admin