12 Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut

BERITA MILLENIAL Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut Setiap kehamilan itu unik, Bunda. Kebanyakan wanita akan merasakan perubahan di tubuhnya sepanjang kehamilannya. Perubahan ini tanpa disadari dapat menjadi tanda kehamilan lho, Bunda. Menurut dr. Fredrico Patria, SpOG, hormon kehamilan bisa menjadi penyebab utama terjadinya perubahan ini.

“Setiap hormon mengatur fungsi tubuh dan membawa pesan dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya,” kata Fredrico dalam buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal. Beberapa jenis hormon dapat memengaruhi tubuh Bunda secara fisik. Di awal kehamilan, hormon estrogen dan progesteron akan membantu melepaskan sel telur dari indung telur dan menanamkannya dalam lapisan rahim. Progesteron dan hormon lainnya, ralaxin, juga memungkinkan otot-otot rahim untuk menjadi lebih elastis dan memberikan ruang bagi pertumbuhan bayi. Nah, perubahan ini dapat memengaruhi otot-otot lain dalam tubuh.

“Kadang-kadang perubahan ini bisa membuat sakit sendi dan punggung, serta memengaruhi bentuk dasar panggul ibu,” ujar Fredrico. Selain pemeriksaan medis, kehamilan biasanya bisa dideteksi sendiri di rumah. Salah satunya dengan memeriksa bagian perut, Bunda. Perut yang membuncit biasanya menjadi tanda paling mudah untuk mengetahui kehamilan. Meski begitu, tak semua perut wanita terlihat membuncit di awal kehamilannya. Disampaikan dr. Irfan Rahmatullah, SpOG, dalam buku 9 Bulan Dibuat Penuh Cinta Dibuai Penuh Harap, berat badan Bunda juga bisa memengaruhi postur saat hamil. Ini termasuk bentuk perut di trimester pertama kehamilan.

“Jika berat ibu agak kurus, maka mungkin hamil empat atau lima bulan perut sudah kelihatan mulai membuncit. Tapi kalau sebelum hamil ibu sudah gemuk, mungkin enam bulan kehamilan baru perut mulai kelihatan membuncit,” kata Irfan. Saat hamil, Bunda mungkin merasa ada perubahan di bagian perut. Pemeriksaan mandiri bisa dilakukan sebelum melakukan tes kehamilan dan ke dokter.

Melansir dari berbagai sumber, berikut 7 cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut :
12 Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut

1. Perut seperti kembung saat ditekan

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut Di awal kehamilan, Bunda akan sulit membedakan perut kembung karena mirip tanda menstruasi. Kembung umumnya dirasakan banyak wanita segera setelah mereka hamil dan perut akan terasa tidak nyaman dan kencang ketika ditekan.

Salah satu faktor utama yang berkontribusi memicu kembung selama hamil, yakni adanya peningkatan kadar progesteron. Progesteron merupakan hormon yang menyebabkan otot-otot di seluruh tubuh rileks, yang menyebabkan pencernaan melambat.

2. Perut terasa kram saat ditekan

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut Kram di awal kehamilan mirip dengan kram menstruasi, tetapi dapat juga terjadi pada perut bagian bawah. Kram ini dapat bertahan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan selama kehamilan, Bunda.

Kram yang disertai bercak menjadi salah satu ciri-ciri hamil. Sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan, blastokista akan ditanamkan di endometrium atau lapisan rahim. Hal ini dapat menyebabkan pendarahan implantasi dan kram di perut.

3. Perut mulas saat ditekan

Hormon progesteron dapat menyebabkan gangguan pencernaan termasuk konstipasi atau sembelit. Perubahan hormonal pada awal kehamilan dapat menyebabkan kondisi ini, Bunda.

Sembelit terjadi karena peningkatan kadar progesteron di awal kehamilan. Akibatnya, perut akan terasa tidak nyaman atau mulas.

4. Mual dan muntah saat perut ditekan
12 Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut Mual dan muntah saat hamil bisa dipicu saat kita menekan perut. Biasanya tanda ini semakin kuat ketika Bunda merasa mual dan ingin muntah saat mencium aroma tertentu.

Bunda perlu membedakan mual dan muntah sebagai ciri hamil atau tanda sakit maag ya. Untuk memastikannya bisa melakukan tes kehamilan atau cek ke dokter.

5. Perut terasa membesar saat disentuh

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut Ukuran perut yang membesar adalah hal yang wajar selama Bunda hamil. Di awal kehamilan, perut akan membuncit, terasa keras, dan mungkin akan nyeri saat ditekan.

Kondisi ini berbeda dengan perut membuncit karena penambahan lemak tubuh ya. Untuk memastikannya, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kehamilan.

6. Ingin buang air kecil (BAK) saat perut ditekan

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut Bunda akan sering buang air kecil (BAK) saat hamil. Ciri-ciri ini akan terasa ketika perut ditekan.

Sering buang air kecil di awal kehamilan disebabkan perubahan hormon. Setelah embrio berada di uterus, tubuh mulai memproduksi hormon hCG (human chorionic gonadotropin), yang memicu ibu hamil sering buang air kecil.

“Hampir 99,9 persen wanita yang baru hamil akan sering buang air kecil dengan frekuensi yang sering,” ujar Sherry A. Ross, MD, ahli kesehatan wanita dan penulis buku She-ology: The Definitive Guide to Women’s Intimate Health Period, dikutip dari The Bump.

7. Perut terasa tidak nyaman saat disentuh atau ditekan

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut Perut Bunda hamil akan terasa tidak nyaman saat ditekan. Kondisi ini disebabkan karena perubahan hormon tubuh.

Selain itu, rasa tidak nyaman bisa disebabkan perut terasa kencang. Hal ini disebabkan janin mulai berkembang di awal kehamilan.

Bunda perlu waspada bila merasakan perut kencang disertai rasa sakit di minggu-minggu pertama kehamilan ya. Perut kencang disertai kram dan pendarahan hebat bisa menjadi tanda keguguran.

8. Perut terasa kencang dan berat

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut Dikutip dari Babycenter, perut sesak adalah perubahan yang umum dialami para bunda saat hamil. Merasakan perut yang berat dan kencang kemungkinan besar menjadi tanda Si Kecil tumbuh dan rahim mengambil lebih banyak ruang di tubuh Bunda.

9. Pusar menonjol

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut Dikuti dari Verywellfamily, terkadang kehamilan akan membuat pusar pada perut jadi menonjol. Hal ini disebabkan karena selama kehamilan pembesaran perut Bunda dapat menyebabkan pusar menjadi “outie”.

10. Pusar terasa gatal

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut Kulit gatal, terutama di sekitar pusar, cukup umum terjadi selama kehamilan. Saat kulit meregang, kulit bisa teriritasi dan gatal, tetapi ini biasanya bersifat sementara dan normal.

Jadi sebaiknya jaga kebersihan kulit Bunda dengan sabun dan air agar tetap terhidrasi dengan baik, atau dengan dengan lotion favorit Bunda untuk meredakannya. Krim hidrokortison atau antihistamin yang dijual bebas dapat membantu untuk sementara, jika dokter sudah merekomendasikannya.

11. Pusar terasa sakit

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut Terkadang orang hamil akan merasakan sensasi nyeri di dalam pusarnya. Ini bisa disebabkan oleh peregangan kulit di perut Bunda atau bisa juga karena masalah otot. Sebaiknya Bunda segera melakukan tes kehamilan dan pemeriksaan lanjutan jika mersakan pusar terasa sakit.

Tenaga kesehatan mungkin memiliki beberapa saran untuk membantu meringankan rasa sakit. Tetapi jangan khawatir bagi kebanyakan orang, ini bersifat sementara saat perut meregang.

12. Merasakan denyut nadi saat menyentuh perut
12 Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut Beberapa dari Bunda mungkin merasakan denyutan di perut selama kehamilan dan mengira itu adalah detak jantung bayi. Selama kehamilan jumlah darah yang beredar di seluruh tubuh akan meningkat secara drastis, sehingga menyebabkan ada lebih banyak darah yang dipompa pada setiap detak jantung. Akibatnya, hal ini membuat denyut nadi di aorta perut lebih terasa.

Namun, semuanya tergantung pada seberapa banyak darah yang mengalir di pembuluh darah, karena selama kehamilan volume darah meningkat 50 persen. Meskipun terdengar cukup tidak berbahaya, tapi disarankan untuk Bunda agar tidak tidur dengan posisi berbaring telentang, karena beban akan menjadi lebih berat dan dapat menekan pembuluh darah tersebut.

By Admin