5 Cara Menghilangkan Debu di Ruangan Biar Bersih Maksimal

Cara Menghilangkan Debu di Ruangan Cara Menghilangkan Debu di Ruangan Debu kerap menjadi masalah umum yang ditemui di hampir semua rumah. Kotoran ini biasanya muncul karena sudut atau area rumah jarang dibersihkan. Hasilnya, debu menumpuk di bagian tersebut dan membuat ruanganmu tampak kotor.  Selain itu, ruangan berdebu juga sangat membahayakan kesehatan pernafasan atau kulit jika tak kunjung kamu bersihkan.

Nah, jika rumahmu berdebu langsung saja simak lima cara menghilangkan debu di ruangan rumah berikut agar interior bersih maksimal. Cek selengkapnya di bawai ini, yuk!
5 Cara Menghilangkan Debu di Ruangan Biar Bersih Maksimal

1. Rutin mengepel lantai ruangan

Cara Menghilangkan Debu di Ruangan Lantai adalah salah satu tempat yang sering menjadi sarang debu untuk menempel. Biasanya disebabkan oleh kotoran yang terbawa dari kaki memasuki ruangan tanpa mencuci kaki.

Solusinya adalah kamu harus rutin mengepel lantai agar debu kasar maupun halus yang ada di lantai bisa hilang. Caranya sebelum kamu pel, pastikan kamu sapu terlebih dahulu dan kemudian kamu bisa mengepel lantai ruangan dengan kain pel dan sabun.

2. Membersihkan langit-langit rumah secara berkala

Cara Menghilangkan Debu di Ruangan Karena langit-langit rumah termasuk bagian yang sulit dijangkau, membuat bagian ini sangat jarang dibersihkan.  Alhasil, banyak debu dan juga sarang laba-laba yang muncul di langit-langit rumah.

Agar hal ini tidak terjadi, kamu bisa membersihkan langit rumah dengan sapu lidi atau sejenisnya. Khusus langit-langit kamar mandi kamu bisa membersihkannya setiap satu sampai tiga bulan sekali tergantung dengan situasi interior rumah kamu.

3. Jangan terlalu lama membuka jendela
5 Cara Menghilangkan Debu di Ruangan Biar Bersih Maksimal

Cara Menghilangkan Debu di Ruangan Membuka jendela memang punya dampak yang baik bagi ruangan yakni, rumah mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Namun, membuka jendela juga bisa membuat debu masuk ke dalam rumah. Apalagi kalau di sekitar rumah kamu sedang ada pekerjaan renovasi rumah.

Agar hal tersebut tidak terjadi, kamu bukalah jendela dalam waktu yang tidak terlalu lama 1-2 jam di pagi hari. Setelahnya tutup jendela ruangan secara rapat. Namun jika ruangan terasa panas atau gerah, kamu bisa menggunakan kipas angin atau AC agar lebih sejuk.

4. Cuci sofa, seprei dan bantal secara berkala

Cara Menghilangkan Debu di Ruangan Sprei, sofa, atau bantal yang jarang dicuci atau di vacuum bisa menimbulkan aroma yang tidak sedap. Selain itu, juga bisa membuat gangguan saluran pernapasan karena adanya debu tang menempel.

Sebaiknya, kamu mencuci seprei sekitar 1 bulan sekali agar kamar kamu tetap bersih sepanjang waktu. Apabila jarang dipakai, kamu bisa mencuci sekitar 2 bulan sekali agar debu hilang dari kamar atau ruang tamu.

5. Gunakan air purifier
5 Cara Menghilangkan Debu di Ruangan Biar Bersih Maksimal

Cara Menghilangkan Debu di Ruangan Terakhir, cara menghilangkan debu di ruangan adalah menggunakan air purifier. Alat elektronik yang satu ini bekerja dengan cara menyaring udara pada filter yang dimiliki dan menghembuskannya kembali dengan suhu yang relatif lebih dingin.

Alat ini juga bisa menghilangkan virus atau bakteri berbahaya lewat teknologi HEPA filter. Harga produk ini pun tidak terlalu mahal, mulai dari ratusan ribu hingga satu jutaan tergantung merek.

Itulah tadi beberapa cara untuk menghilangkan debu di ruangan agar bersih maksimal sepanjang hari. Dengan membersihkan ruangan secara rutin debu-debu di rumah bisa dihindari. Selamat mencoba!

By Admin