8 Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki, Efektif untuk Dicoba!

BERITA MILLENIAL Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki Kapalan di kaki sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman, terlebih saat sedang berjalan tanpa alas kaki. Namun, jangan khawatir. Ada beberapa cara menghilangkan kapalan di kaki yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah.

Meski bukan tergolong masalah kulit yang berbahaya, namun kapalan yang disertai dengan rasa nyeri patut diwaspadai. Lantas, bagaimana cara menghilangkan kapalan di kaki? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.
8 Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki, Efektif untuk Dicoba!

Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki

Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki Kapalan atau callus adalah masalah kulit yang cukup umum terjadi. Kapalan di kaki disebabkan oleh tekanan atau gesekan secara terus-menerus pada area kaki, terutama tumit dan jari kaki. Kondisi ini ditandai dengan kulit yang mengeras, menebal, dan bertekstur kasar. Kapalan sering dialami oleh seseorang yang jarang menggunakan alas kaki saat berjalan atau menempatkan sebagian besar tekanan pada satu titik di kaki seperti menggunakan high heels. Kondisi ini terjadi sebagai reaksi alami tubuh untuk melindungi kaki dari iritasi.

Meski begitu, kapalan dapat dihilangkan dengan beberapa cara. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Merendam Kaki dalam Air Hangat

Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki Cara menghilangkan kapalan di kaki yang pertama adalah dengan merendam kaki dalam air hangat. Cara ini dapat membantu melunakkan penumpukan kulit yang mengeras dan menebal sehingga lebih mudah dibersihkan. Cobalah merendam kaki di air hangat selama 10-20 menit. Anda juga dapat menambahkan garam epsom ke dalam air rendaman. Garam ini bermanfaat sebagai eksfoliator alami yang membantu melunakkan kapalan di kaki.

2. Mengoleskan Krim Pelembap

Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki Cara mengatasi kapalan di kaki berikutnya adalah mengoleskan krim pelembap. Gunakanlah krim pelembap yang mengandung amonium laktat, urea, dan asam salisilat. Sebab kandungan ini dapat membantu melembutkan kulit kapalan secara perlahan. Anda juga dapat mengoleskan krim pelembap setelah merendam kaki di air hangat. Lakukan cara ini secara rutin sesuai anjuran yang tertera dalam kemasan produk untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Menggunakan Krim Eksfoliasi
8 Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki, Efektif untuk Dicoba!

Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki Hindari mengelupas secara paksa kulit yang kapalan. Anda dapat menggunakan krim eksfoliasi untuk meluruhkan sel-sel kulit mati yang menumpuk dan menebal pada kaki. Cara ini akan membantu pengelupasan kulit secara perlahan, sehingga kaki bisa halus kembali. Cara menghilangkan kapalan di kaki juga bisa dilakukan dengan menggunakan masker khusus kaki. Ada berbagai sheet mask yang berfungsi melembutkan permukaan kulit dengan melakukan pengelupasan sel kulit mati.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan zat eksfoliasi yang mengandung urea. Urea memiliki sifat melembapkan dan keratolitik (meluruhkan sel-sel kulit keratin yang mati).

4. Menggunakan Batu Apung

Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki Menggunakan batu apung adalah cara alami menghilangkan kapalan di kaki yang dapat dicoba. Anda dapat menggosokkan batu apung di area kulit yang kapalan setelah merendamnya di air hangat. Lakukan cara ini secara perlahan dengan gerakan memutar, namun hindari menggosoknya terlalu keras untuk mencegah luka dan infeksi. Setelahnya, bilas kaki dengan bersih dan oleskan krim pelembab. Namun, cara ini tidak disarankan untuk penderita diabetes karena rentan menyebabkan luka atau berdarah.

5. Menggunakan Plester atau Gel Penghilang Kapalan

Cara menghilangkan kapalan di kaki selanjutnya adalah dengan menggunakan plester atau gel penghilang kapalan yang mengandung asam salisilat. Pengobatan ini diberikan sesuai anjuran dari dokter. Dokter pun akan memberitahu Anda seberapa sering plester perlu diganti. Namun, pastikan Anda telah mencuci area kapalan dengan bersih sebelum mengaplikasikan plester, ya.

6. Menjalani Prosedur Mengikis Kapalan

Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki Langkah medis yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kapalan adalah dengan menjalani prosedur mengikis kapalan. Prosedur ini dilakukan dengan menghilangkan kulit yang menebal dengan pisau bedah. Prosedur ini hanya bisa dilakukan dengan bantuan tim medis profesional. Hindari mencobanya sendiri di rumah karena dapat menyebabkan infeksi apabila tidak dilakukan secara tepat.

7. Operasi

Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki Dokter akan menyarankan prosedur operasi apabila ditemukan kelainan pada struktur dan bentuk kaki yang menyebabkan tumbuhnya kepalan secara berulang. Prosedur ini biasanya melibatkan perbaikan atau pengangkatan struktur tulang. Operasi ini juga bisa dilakukan apabila kapalan menimbulkan rasa nyeri hebat sehingga menyebabkan penderitanya kesulitan untuk berjalan dan merasa tidak nyaman.

8. Menggunakan Alas Kaki yang Sesuai

Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki Penggunaan sandal atau sepatu yang tidak sesuai bentuk dan ukuran kaki dapat menjadi salah satu pemicu kapalan. Karena itu, usahakan untuk menggunakan alas kaki yang tidak terlalu longgar maupun sempit guna menghilangkan kapalan di kaki. Anda juga dapat menambahkan bantalan atau pelapis pada sepatu untuk mencegah iritasi lebih lanjut pada area yang kapalan. Bantalan ini akan membantu mengurangi gesekan dan mencegah kontak langsung area kapalan dengan sepatu.

Cara Mencegah Kapalan di Kaki
8 Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki, Efektif untuk Dicoba!

Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki Anda dapat mencegah kapalan di kaki dengan menerapkan beberapa kebiasaan berikut ini:

  • Menggunakan kaus kaki dan sepatu yang sesuai dengan ukuran dan bentuk kaki.
  • Menghindari berjalan tanpa alas kaki, terutama saat berada di luar rumah.
  • Rutin menggunting kuku kaki.
  • Menggunakan bantalan pada sepatu.
  • Mengurangi intensitas penggunaan sepatu hak tinggi atau high heels.

Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki Kapalan pada kaki bisa hilang dengan sendirinya apabila gesekan pada area kulit tersebut berkurang. Apabila Anda merasakan kapalan di kaki yang menimbulkan rasa nyeri dan tidak kunjung membaik, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter dermatologi Siloam Hospitals untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Hubungi call center kami di 1-500-181 atau gunakan fitur yang tersedia di aplikasi MySiloam untuk membuat janji temu. Mari jaga kesehatan kulit Anda #BersamaSiloam!

By Admin