7 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif bagi Anda yang Suka Overthinking

BERITA MILLENIAL Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Pikiran negatif kadang muncul tanpa disadari. Sayangnya, memiliki pikiran negatif malah akan merugikan karena bisa-bisa Anda malah menjadi overthinking. Jika sudah begini, perlu beragam cara menghilangkan pikiran negatif supaya Anda bisa hidup dengan lebih tenang.

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Menghapus pikiran negatif ini memang harus dimulai dari Anda sendiri. Pasalnya, pikiran-pikiran yang mengganggu ini biasanya muncul karena adanya gangguan dalam diri. Sebut saja Anda yang merasa sangat stres akan memiliki kecemasan berlebih.

Jangan pernah anggap remeh pikiran negatif yang muncul. Jika dibiarkan, Anda yang terus-menerus memiliki pikiran negatif akan berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Bukan hanya itu, pikiran negatif juga menjadi awal dari depresi, loh. Nah, segera cari cara untuk mengatasinya, ya!
7 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif bagi Anda yang Suka Overthinking

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Journal of Personality and Social Psychology menjelaskan bahwa pikiran merupakan respons dari sebuah kebiasaan. Dengan kata lain, cara untuk menghilangkan pikiran negatif adalah membiasakan melakukan hal positif. Berikut beberapa cara menghilangkan pikiran negatif yang bisa Anda coba!

1. Mengenali penyebabnya

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Seperti yang sudah disebut di atas, pikiran akan muncul dari hal-hal yang Anda rasakan sendiri. Saat pikiran negatif yang muncul, berarti Anda sedang merasakan hal-hal negatif tersebut. Cobalah kenali penyebab pikiran negatif yang muncul.

Kebanyakan orang berpikir negatif karena merasa tidak dihargai oleh orang lain. Kemungkinan lain yang bisa muncul adalah faktor kelelahan dan beban pikiran. Jika sudah tahu penyebabnya, seharusnya Anda bisa mencari jalan keluar sendiri.

2. Mencatat pikiran negatif yang muncul

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Sebuah opini pernah “Jika Anda underthinking, membacalah! Jika Anda overthinking, menulislah!” Penting untuk menuangkan segala hal yang ada dalam pikiran ke dalam tulisan. Anda tidak perlu memusingkan hasil tulisannya nanti.

Menulis juga akan membuat Anda memiliki catatan dari hal-hal yang Anda suka, benci, maupun inginkan. Membacanya kembali akan membuat Anda ingat segala pikiran negatif yang pernah dipikirkan. Jadi, Anda bisa menghindarinya di masa depan.

3. Membuat pikiran positif
7 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif bagi Anda yang Suka Overthinking

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Cara lain untuk menghilangkan pikiran negatif adalah menggantinya dengan pikiran positif. Ucapkan hal-hal baik berulang-ulang sambil ditanamkan dalam hati. Cara ini efektif untuk terapi pikiran tanpa disadari.

Awali pikiran positif dari hal yang paling kecil. Anda bisa memulai dengan kata-kata sederhana, seperti “saya bisa”, “saya gembira”, atau “saya bahagia”. Biarpun terdengar sepele, cara ini cukup ampuh menghilangkan pikiran-pikiran negatif untuk diri sendiri maupun orang lain.

4. Berteman dengan orang baik

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Sedikit-banyak teman akan memengaruhi Anda dalam kebiasaan maupun pikiran. Teman yang selalu menularkan aura akan membawa pengaruh buruk pada pikiran Anda juga. Jika Anda tidak mengubahnya, dialah yang akan mengubah Anda.

Untuk itu, cobalah memilih teman yang memberikan pengaruh baik untuk Anda. Jika memang belum bisa berikan pikiran positif, setidaknya dia mengingatkan Anda saat memiliki pikiran negatif.

5. Menjalankan pola hidup sehat

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Stres bisa muncul saat gaya hidup Anda sedang tidak sehat. Hal ini menjadi awal pikiran negatif muncul dalam diri Anda. Untuk melawan pikiran negatif, cobalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Mulailah dengan mengatur pola istirahat dengan mencukupi waktu tidur. Lalu, biasakan berolahraga setiap hari selama 30 menit. Lanjutkan dengan mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Dijamin, pikiran negatif akan jauh-jauh dari Anda.

6. Meditasi

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Menenangkan diri merupakan cara terbaik agar pikiran negatif tidak terus-menerus muncul. Sisihkan sedikit waktu untuk melakukan meditasi setiap hari. Anda bisa melakukannya pada pagi hari supaya lebih fokus menjalankan aktivitas. Bisa juga dilakukan malam hari untuk membuat tidur lebih nyenyak.

Anda bisa menyalakan lilin aroma terapi untuk memberikan ketenangan yang lebih. Lakukan di tempat yang sepi dengan pencahayaan remang untuk membuat Anda lebih fokus.

7. Bicarakan pikiran tersebut
7 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif bagi Anda yang Suka Overthinking

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah membicarakan pikiran negatif tersebut. Anda bisa curhat dengan saudara atau teman dekat yang dianggap bisa bersikap netral. Jika memang diperlukan, manfaatkan jasa psikolog untuk mendapatkan saran yang lebih baik dari sudut pandang kesehatan mental.

Menghilangkan pikiran negatif sebelum bertambah besar akan menyelamatkan Anda dari berbagai penyakit. Selain membuat pikiran Anda sehat, tetap lindungi diri dengan proteksi terbaik. Langkah ini bisa membuat Anda jauh dari overthinking dalam hal kesehatan.

Cigna Indonesia memiliki berbagai produk asuransi terbaik untuk Anda dan orang-orang terdekat. Pilih produk proteksi terbaik untuk dapatkan manfaat yang maksimal.

By Admin