15 Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Jangan Memanjakan Diri

Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat Rasa malas memang suka muncul tiba-tiba. Hilangnya gairah menjalani kegiatan, hingga pikiran menjadi buyar. Sifat malas memang wajar bagi setiap orang. Jika malas datang di kala senggang, solusi jitunya ialah tidur dan mengistirahatkan badan.

Namun apa jadinya jika rasa malas datang di kala padat beraktivitas. Alhasil, belajar tidak maksimal, bahkan saat bekerja dapat berakibat fatal. Jika tak segera menemukan cara menghilangkan rasa malas, akan berakibat fatal.

Rasa malas yang manusiawi tidak serta-merta selalu dituruti. Jangan mengedepankan rasa malas sehingga menjadi orang pemalas. Selain tujuan yang sulit tercapai, membuat Anda menjadi tidak fokus, bahkan memperbanyak peluang kegagalan.

Lantas, adakah cara menghilangkan rasa malas dengan cepat? Butuh tips jitu yang cepat dan mudah diterapkan. Untuk itu, berikut cara menghilangkan rasa malas dengan cepat melansir dari Healthline.com dan Magforwomen.com :
15 Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Jangan Memanjakan Diri

Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat

1. Merencanakan Aktivitas

Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Salah satu cara menghilangkan rasa malas dengan cepat ialah dengan aktivitas. Anda dapat menyegarkan tubuh dan pikiran dengan adanya aktivitas.

Oleh karena itu, perlu adanya rencana untuk melakukan aktivitas. Jangan tinggalkan pekerjaan untuk orang lain. Buat daftar aktivitas yang dapat menghilangkan rasa kemalasan dari dalam diri.

2. Menetapkan Target

Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Menetapkan target yang tidak realistis dan mengambil terlalu banyak pekerjaan dapat menyebabkan kelelahan. Kelelahan kerja dapat menyebabkan kehilangan minat dan motivasi. Tak jarang timbul keinginan untuk melarikan diri dari sebuah pekerjaan dan tanggung jawab. Untuk itu, wajib untuk menghindari kelebihan beban. Mulailah dengan taget yang ringan dengan menerapkan skala prioritas.

3. Membuat Rencana Aksi

Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Merencanakan bagaimana dirimu akan menyelesaikan sesuatu dapat membuatnya lebih mudah untuk sampai ke tujuan. Bersikaplah realistis tentang berapa banyak waktu, usaha, dan faktor lain yang diperlukan untuk memenuhi tujuan itu dan membuat rencana tindakan.

Membuat rencana aksi menjadi cara menghilangkan rasa malas dengan cepat. Memiliki rencana akan memberikan arahan dan kepercayaan diri yang dapat membantu bahkan jika kamu menghadapi rintangan yang sulit.

4. Menjadi Orang Proaktif

Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Tanamkanlah diri menjadi seorang yang proaktif dan memiliki inisiatif. Jangan menunggu orang untuk menghubungi Anda. Sebaliknya, Anda menelepon mereka dan meminta mereka keluar.

Jangan hanya duduk dan mengeluh mengapa memiliki sedikit uang atau mengapa masih belum menikah atau tidak punya pacar. Ambil sikap positif dan proaktif dalam hidup. Anda harus menetapkan tujuan hidup agar sukses mencapai sebuah tujuan.

5. Maksimalkan Kekuatan
15 Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Jangan Memanjakan Diri

Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Luangkan waktu sejenak untuk memikirkan apa kekuatanmu saat menetapkan tujuan atau bersiap untuk menangani suatu tugas. Cobalah untuk menerapkannya ke berbagai aspek tugas untuk membantu menyelesaikan sesuatu. Berfokus pada kekuatan meningkatkan produktivitas, perasaan positif, dan keterlibatan dalam pekerjaan.

Cara Menghilangkan Rasa Malas, Jangan Manja

6. Jangan Memanjakan Diri

Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Terbiasa untuk memilih dan melakukan hal yang ringan dan tak mau bekerja keras, hanya akan menambah rasa malas. Padahal hidup itu keras, jika Anda terlena dengan hal-hal yang memanjakan diri, maka kesuksesan tak akan pernah datang.

Milikilah mimpi yang besar dan berusahalah dengan keras agar mimpi terwujud. Jika diterapkan dengan baik, menghilangkan sifat manja menjadi cara menghilangkan rasa malas dengan cepat.

7. Jangan Menganggap Diri Sempurna

Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Satu studi 2017 yang mengamati mahasiswa antara 1989 dan 2016 menemukan peningkatan perfeksionisme selama bertahun-tahun. Penelitian tersebut mencatat “orang-orang muda menghadapi lingkungan yang lebih kompetitif, harapan yang lebih tidak realistis, dan orangtua yang lebih cemas dan mengendalikan daripada generasi sebelumnya.”

Peningkatan perfeksionisme ini menyebabkan orang menjadi terlalu kritis terhadap diri mereka sendiri dan orang lain. Ini juga menyebabkan peningkatan depresi dan kecemasan.

8. Melakukan Self Talk Positif

Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Layaknya introspeksi diri, self talk positif merupakan cara cepat menghilangkan rasa malas dengan cepat. Pasalnya, pembicaraan diri yang negatif dapat menggagalkan upaya untuk menyelesaikan sesuatu dalam setiap aspek kehidupanmu. Mengatakan pada diri sendiri bahwa dirimu adalah orang yang malas adalah bentuk self-talk yang negatif.

Alih-alih mengatakan, “Tidak mungkin saya bisa menyelesaikan ini,” katakan, “Saya akan memberikan segalanya untuk mewujudkannya.”

9. Meminta Bantuan

Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Melihat sifat diri dari kaca orang lain, menjadikannya bantuan untuk cara menghilangkan rasa malas. Banyak orang percaya bahwa meminta bantuan adalah tanda kelemahan. Tetapi tidak meminta bantuan bisa membuatmu gagal.

Sebuah studi 2018 menemukan bahwa orang yang tidak meminta bantuan rekan kerja lebih cenderung tidak puas dalam pekerjaan mereka dan memiliki tingkat kinerja pekerjaan yang lebih rendah. Mereka juga dianggap kurang baik oleh bos mereka.

10. Menghindari Gangguan

Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Kita semua memiliki kebiasaan favorit yang kita tuju saat tidak ingin melakukan suatu tugas. Apakah itu bermain media sosial atau bermain dengan hewan peliharaan.

Temukan cara untuk membuat gangguan tersebut tidak dapat dilakukan. Misalnya menemukan tempat yang tenang untuk bekerja, seperti perpustakaan atau ruang kosong, atau menggunakan aplikasi untuk memblokir situs yang kurang perlu di ponselmu.

Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Rutin Berolahraga

11. Rutin Berolahraga

Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Olahraga rutin menjadi salah satu cara menghilangkan rasa malas dengan cepat. Jangan hanya mengandalkan yoga. Temukan olahraga yang menuntut gerak lebih banyak seperti lari, menari, atau bersepeda. Kegiatan ini akan membuat Anda bersemangat dan menghilangkan rasa malas dengan cepat.

12. Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Makanan berlemak dan manis bisa membuat Anda malas. Asupan energi dengan vitamin serta makan bergizi sangat penting untuk menunjang semangat berkegiatan. Nutrisi yang seimbang akan menyehatkan tubuh dan meningkatkan gairah hidup.

13. Meningkatkan Kreativitas

Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Orang yang kreatif akan membuat hidupnya lebih indah. Orang kreatif tentu akan berpikir hal-hal yang belum pernah dicetuskan orang lain. Hal ini membuat rasa malas sirna karena kreatif dapat meningkatkan kualitas dan semangat hidup. Berpikir kreatif menjadi cara menghilangkan rasa malas dengan cepat. Otak dituntut untuk menjadi aktif dalam menemukan ide-ide cemerlang.

14. Menyeimbangkan Istirahat dan Aktivitas

Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Dalam sebuah kejadian, ketidakseimbangan waktu beraktivitas dan waktu beristirahat akan membuat Anda kelelahan. Oleh karenanya, motivasi untuk melakukan sesuatu menjadi menipis bahkan menghilang. Akibatnya malah membuat Anda menjadi malas untuk melakukan aktivitas dan pekerjaan tersebut.

Anda perlu memperhatikan pembagian waktu kerja dan istirahat Anda agar tetap dalam porsi yang seimbang. Anda harus memaksimalkan waktu istirahat.

Contoh, ketika sudah waktunya jam pulang kantor atau berakhir pekan, fokuslah pada apa yang ada di luar pekerjaan. Anda bisa fokus menghabiskan waktu sepenuhnya bersama keluarga, sahabat, dan diri sendiri. Ketika sedang berada di jam kantor, Anda bisa mengambil jeda untuk beristirahat 10 hingga 15 menit per dua jam.

Hal ini adalah salah satu cara menghilangkan rasa malas dengan cepat dan berguna juga bagi kesehatan mental.

15. Mencoba Cara Baru agar Tidak Bosan
15 Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Jangan Memanjakan Diri

Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Cepat, Janga Malas dan bosan merupakan dua hal yang menjadi penghambat Anda beraktivitas. Kebosanan terjadi karena bekerja atau beraktivitas dengan cara yang itu-itu saja alias monoton. Oleh karena itu, bila merasa bosan Anda harus coba cara baru dalam beraktivitas. Ini merupakan cara menghilangkan rasa malas dengan cepat.

Misalnya, jika bosan dengan meja kantor yang begitu-gitu saja, cobalah dekorasi meja kantor dengan sentuhan berbeda. Hal ini tentu bisa membuat Anda memiliki suasana baru saat bekerja dan rasa malas terusir.

By Admin