6 Cara Menghitung Engagement Rate untuk Bisnismu, Catat ya!

Cara Menghitung Engagement Rate untuk Bisnismu Media sosial bukan hanya menjadi sarana komunikasi dengan teman atau keluarga. Lebih jauh lagi, media sosial menjadi cara bagi pengusaha untuk menggaet calon pembeli baru lewat strategi marketing. Salah satu aspek yang dilihat dari keberhasilan media sosial sebagai strategi pemasaran adalah dengan melihat engagement rate.

Engagement rate adalah metrik tingkat keterlibatan yang dipakai untuk mengukur performa sebuah konten atau akun media sosial. Kamu bisa menilai keterlibatan audiens di akunmu, sekalius menjadi indikator dalam melihat brand awarenessEngagement rate penting untuk menilai user experience dan memantau efektivitas konten yang dikerjakan.

Lalu bagaimana cara mengetahui engagement rate pada konten atau akun kamu? Ada 6 cara menghitung engagement rate dari media sosial yang wajib kamu ketahui. Berikut pembahasan lengkapnya di bawah ini.
6 Cara Menghitung Engagement Rate untuk Bisnismu, Catat ya!

1. Engagement Rate based on Reach (ERR)

Cara Menghitung Engagement Rate untuk Bisnismu Engagement Rate based on Reach (ERR) adalah salah satu cara yang akurat untuk melihat engagement rate media sosial kamu. Cara yang pertama ini melihat performa reach atau jangkauan konten media sosialmu secara umum. Sebab bisa saja sebuah konten juga dilihat oleh akun-akun yang tidak mengikuti atau follow akunmu.

Cara menghitung ERR adalah:

ER = Total engagements per post reach per post x 100

2. Engagement Rate based on Post (ERP)

Cara Menghitung Engagement Rate untuk Bisnismu Bagi kamu yang ingin melihat performa pada setiap unggahan atau postingan, kamu bisa menggunakan cara menghitung Engagement Rate based on Post (ERP). Metode ini cocok untuk akun media sosial dengan angka reach yang lebih fluktuatif.

Hasilnya akan lebih stabil karena jumlah engagement pada satu unggahan dibagi dengan jumlah followers. Berikut rumusnya:

ER = Total engagements on a post / total followers x 100

3. Engagement Rate based on Views (ERV)
6 Cara Menghitung Engagement Rate untuk Bisnismu, Catat ya!

Cara Menghitung Engagement Rate untuk Bisnismu Cara menghitung engagement rate yang ketiga adalah dengan menggunakan metode Engagement Rate based on Views (ERV). Cara ini dinilai paling ideal untuk melihat performa unggahan berbentuk video.

Namun, angka views di sini sifatnya generik dan berbeda dari unique views. Maksudnya, 5.000 views bisa saja didapatkan dari 1.200 akun yang melihatnya berulang kali.

Rumus ERV sendiri adalah:

4. Engagement Rate based on Impression (ER Impression)

Cara Menghitung Engagement Rate untuk Bisnismu Engagement Rate based on Impression (ER Impression) adalah metode yang akan menghasilkan nilai impresi fluktuatif. Cara ini dilihat berdasarkan tingkat impression atau seberapa sering unggahan tersebut muncul di linimasa audiens. Rumus ER Impression adalah:

ER = Total engagements on a post / total impressions x 100

5. Daily Engagement Rate (DER)

Cara Menghitung Engagement Rate untuk Bisnismu Sesuai namanya, Daily Engagement Rate (DER) berguna untuk melihat akumulasi engagement rate secara harian. Namun, cara menghitung engagement rate yang satu ini kurang akurat karena tidak bisa membedakan mana follower yang melakukan engagement berkali-kali dan mana yang hanya satu kali dalam sehari.

Kalau kamu ingin mencoba mengetahui Daily Engagement Rate, berikut rumusnya:

ER = Total engagements in a day / total followers x 100

6. Factored Engagement Rate
6 Cara Menghitung Engagement Rate untuk Bisnismu, Catat ya!

Cara Menghitung Engagement Rate untuk Bisnismu Cara menghitung engagement rate yang terakhir adalah Factored Engagement Rate. Metode ini membantu untuk menghitung tingkat engagement audiens berdasarkan faktornya, seperti jumlah likes atau komentar.

Jika kamu ingin menghitung engagement berdasarkan jumlah komentar, maka rumus yang digunakan adalah sebagai berikut.

ER-comment = ((Jumlah comments x 2) – jenis engagements lainnya) x 100

Cara Menghitung Engagement Rate untuk Bisnismu Rumus itu berlaku juga kalau kamu ingin menilai engagement berdasarkan jumlah likes. Kamu tinggal mengganti rumusnya dengan jumlah likes.

Demikianlah enam cara menghitung engagement rate yang perlu kamu ketahui untuk melihat efektivitas strategi social media marketing

 kamu. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

By Admin