Cara Mengobati Ambeien secara Mandiri dan Tindakan Medis 2023

BERITA MILLENIAL – Cara Mengobati Ambeien secara Mandiri Ambeien merupakan penyakit yang umum terjadi. Cara mengobati ambeien pun beragam, mulai dari penanganan secara mandiri di rumah hingga prosedur medis. Langkah penanganan pun dilakukan berdasarkan tingkat keparahan ambeien yang diderita.  Ambeien atau wasir adalah penyakit yang muncul ketika pembuluh darah di bagian bawah rektum atau anus mengalami pembengkakan akibat adanya peningkatan tekanan di bagian bawah rongga perut. Penyakit yang dikenal dengan istilah medis hemoroid ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kebiasaan mengejan terlalu kuat, duduk terlalu lama, hingga mengangkat beban berat secara terus-menerus. Ambeien juga dapat dipicu oleh kondisi tertentu, seperti sembelit, kehamilan, hingga faktor keturunan Cara Mengobati Ambeien secara Mandiri
Cara Mengobati Ambeien secara Mandiri dan Tindakan Medis 2023

Jenis Ambeien dan Ciri-Cirinya

Berdasarkan lokasi kemunculannya, penyakit wasir dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

Ambeien dalam

Cara Mengobati Ambeien secara Mandiri Ambeien dalam atau hemoroid internal biasanya tidak terlihat dari luar, kecuali jika mengalami penonjolan. Wasir jenis ini berasal dari rektum, yaitu bagian akhir dari usus besar dan sebelum anus.

Hemoroid internal umumnya tidak menimbulkan rasa nyeri bila belum menonjol sampai keluar anus, tetapi bisa menyebabkan Anda mengalami BAB berdarah.

Ambeien luar  

Cara Mengobati Ambeien secara Mandiri Ambeien luar atau hemoroid eksternal terbentuk di bagian luar anus atau lebih tepatnya di sekitar lubang anus. Ambeien jenis ini biasanya ditandai dengan gejala rasa gatal dan perih di sekitar anus, serta adanya benjolan atau pembengkakan di sekitar anus dan berdarah.

Meski ambeien tidak berbahaya dan biasanya akan sembuh dengan sendirinya, tetapi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri. Namun, Anda bisa melakukan beberapa cara sederhana untuk mengatasi dan meringankan gejala ambeien yang muncul.

Cara Mengobati Ambeien secara Mandiri

Cara Mengobati Ambeien secara Mandiri Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat bisa menjadi salah satu cara mengobati ambeien secara mandiri di rumah. Beberapa cara menerapkan pola hidup sehat untuk mengatasi ambeien meliputi:

1. Konsumsi makanan berserat

Cara Mengobati Ambeien secara Mandiri Konsumsi makanan berserat tinggi merupakan salah satu cara mengobati ambeien. Hal ini karena serat bisa membuat tinja menjadi lebih lunak, sehingga Anda tidak perlu mengejan terlalu kuat saat BAB. Beberapa makanan berserat yang baik dikonsumsi meliputi sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

2. Perbanyak asupan cairan tubuh

Cara Mengobati Ambeien secara Mandiri Memperbanyak konsumsi air putih bisa menjaga tinja tetap lunak dan mengurangi kemungkinan terjadinya sembelit. Selain itu, Anda juga harus menghindari minuman berkafein dan beralkohol karena dapat menyebabkan ambeien bertambah parah.

3. Jaga kebersihan anus

Cara Mengobati Ambeien secara Mandiri Untuk mengobati sekaligus mencegah komplikasi infeksi dari ambeien di anus yang pecah, Anda dianjurkan untuk rutin membersihkan kulit di sekitar anus. Gunakan handuk kecil yang lembut, lalu tepuk area kulit anus perlahan. Hindari pemakaian sabun pembersih yang mengandung pewangi untuk mencegah iritasi.

4. Jangan tunda buang air besar

Cara Mengobati Ambeien secara Mandiri Menunda buang air besar dapat membuat tinja menjadi keras dan kering, sehingga memungkinkan Anda harus mengejan terlalu kuat. Oleh karena itu, segeralah ke kamar mandi apabila Anda telah merasakan dorongan untuk buang air besar.

5. Olahraga secara teratur
Cara Mengobati Ambeien secara Mandiri dan Tindakan Medis 2023

Cara Mengobati Ambeien secara Mandiri Olahraga secara teratur tidak hanya berguna untuk menurunkan berat badan, tetapi juga bisa mengontrol tekanan darah dan mencegah terjadinya sembelit. Oleh karena itu, Anda dianjurkan berolahraga minimal 30 menit setiap harinya.

6. Gunakan obat alami

Cara Mengobati Ambeien secara Mandiri Selain mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, ada juga beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk meringankan ambeien, seperti:

  • Daun ungu (Graptophyllum pictum) yang dipercaya dapat mengobati dan mencegah wasir berkat isi kandungannya yang berperan sebagai antioksidan, antiradang, dan antimikroba
  • bioflavonoid

Cara Mengobati Ambeien secara Mandiri Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan tingkat efektivitas bahan alami dalam pengobatan wasir. Bagi Anda penderita penyakit tertentu, Anda tidak dianjurkan mengonsumsi bahan herba di atas sebelum berkonsultasi dengan dokter.

Cara Mengobati Ambeien Melalui Prosedur Medis
Cara Mengobati Ambeien secara Mandiri dan Tindakan Medis 2023

Cara Mengobati Ambeien secara Mandiri Bila cara pengobatan ambeien secara mandiri tidak meredakan gejala, Anda lebih baik periksakan diri ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan obat-obatan lebih dulu. Obat ambeien dapat berupa obat yang dimasukkan melalui anus untuk meredakan pembengkakan dan rasa tidak nyaman.

Peresepan obat ambeien paling ampuh akan disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien, salah satunya adalah berupa obat yang dimasukkan melalui anus untuk meredakan pembengkakan dan rasa tidak nyaman.

Cara Mengobati Ambeien secara Mandiri Ada pula obat-obatan yang diminum, biasanya obat antinyeri untuk mengurangi rasa perih atau sakit di sekitar anus. Selain itu, obat pencahar juga bisa digunakan untuk melancarkan buang air besar sehingga tidak memperparah gejala ambeien.

Cara Mengobati Ambeien secara Mandiri Jika wasir tidak kunjung sembuh atau bahkan semakin parah, pengobatan ambeien melalui prosedur medis bisa menjadi pilihan. Beberapa prosedur penanganan wasir yang umum dilakukan meliputi:

  • Pengikatan wasir atau ligasi pita karet, dilakukan dengan mengikat wasir menggunakan satu atau dua pita karet khusus di area sekitar wasir internal
  • Skleroterapi, dilakukan dengan menyuntikkan larutan kimia khusus ke dalam jaringan wasir untuk mengecilkan ukurannya
  • Prosedur koagulasi, dilakukan dengan menggunakan sinar laser untuk membakar jaringan wasir dan mengangkatnya dari jaringan sekitar
  • Kauterisasi, menggunakan alat bedah listrik atau elektrokauter untuk membakar jaringan wasir
  • Operasi pengangkatan wasir, untuk menghilangkan jaringan ambeien. Ada dua jenis operasi pengangkatan wasir, yaitu hemoroidektomi dan stapled hemorrhoidopexy.

Berbagai upaya dalam mengobati ambeien, baik secara mandiri atau tindakan medis, umumnya disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit ambeien.

Agar lebih aman dalam menentukan pengobatan ambeien, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter lebih dulu. Dengan begitu, dokter akan merekomendasikan cara mengobati ambeien yang sesuai dengan kondisi Anda.

By Admin