9 Cara Mengukur Jari untuk Cincin, Mudah dan Akurat

Cara mengukur jari untuk cincin termasuk hal yang susah-susah gampang bagi kebanyakan orang. Sebab jika tidak tepat saat mengukurnya, maka akan berpengaruh pada kenyamanan saat memakainya nanti.

Namun jangan khawatir, mengukur jari untuk cincin bisa dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan beberapa barang berikut ini. Ada yang bisa langsung kamu lakukan sendiri, ada alat yang bisa kamu dapatkan secara online, dan ada juga yang berupa alat khusus.

Mau tahu bagaimana cara mengukur jari untuk cincin? Simak selengkapnya sampai akhir, ya!
9 Cara Mengukur Jari untuk Cincin, Mudah dan Akurat

1. Pakai kertas

Cara Mengukur Jari untuk Cincin Cara mengukur jari untuk cicin yang pertama sangatlah sederhana, yaitu menggunakan kertas. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, potong kertas menjadi agak panjang dan jangan terlalu lebar
  • Kemudian lilitkan kertas pada jari yang akan diukur
  • Jangan melilitkan terlalu kencang, tapi jangan terlalu longgar juga
  • Pastikan jarimu kira-kira sudah nyaman dan pas
  • Setelah yakin, beri tanda dengan pulpen pada titik bertemunya kedua sisi kertas
  • Lepaskan lilitannya dan bentangkan di tempat datar
  • Terakhir, ukur panjangnya dengan penggaris

2. Pakai pita

Cara Mengukur Jari untuk Cincin Jika kamu tidak memiliki kertas di rumah, kamu bisa menggunakan pita kado dan semacamnya. Dengan cara ini, kamu tidak perlu menggunting-gunting seperti saat menggunakan kertas.

Cara mengukur jari untuk cincin menggunakan pita secara umum sama dengan menggunakan kertas. Kamu hanya perlu melilitkannya pada jari yang ingin diukur, lalu tandai dengan pulpen, dan ukur panjangnya dengan penggaris.

3. Pakai tali atau benang
9 Cara Mengukur Jari untuk Cincin, Mudah dan Akurat

Cara Mengukur Jari untuk Cincin Cara yang ketiga adalah menggunakan tali tipis atau kecil. Cara mengukur menggunakan tali mirip dengan cara sebelumnya, tapi untuk ini talinya harus kamu gunting.

Setelah digunting, bentangkan tali secara sejajar pada size chart khusus cincin. Size chart tersebut bisa kamu cari dan unduh di internet. Namun, pastikan sistem size chart yang kamu pilih sesuai dengan size chart di Indonesia. Sebab kebanyakan size chart mengikuti standar internasional.

4. Pakai meteran kain

Cara Mengukur Jari untuk Cincin Meteran kain bisa digunakan sebagai cara mengukur jari untuk cincin yang mudah dipraktikkan. Meteran kain biasanya digunakan sebagai peralatan untuk menjahit. Meteran ini juga bisa membantumu mengetahui lingkar jari untuk cincin.

Caranya kurang lebih sama dengan cara-cara sebelumnya, yaitu dengan melilitkan meteran kain pada jari yang ingin diukur. Supaya mudah, ambil ujung 0 cm pada meteran kain. Lalu, lilitkan ke jari sampai bertemu dengan ujung 0 cm tadi. Catat angkanya dan sesuaikan dengan ukuran cincin.

5. Ukur cincin pakai penggaris

Cara Mengukur Jari untuk Cincin Cara berikutnya ini cukup rumit karena harus menghitung menggunakan rumus keliling lingkaran. Namun, kalau kamu mau sedikit berpikir, maka cara ini boleh dicoba.

Cara ini hanya berlaku untuk yang memiliki cincin lainnya. Kamu tidak perlu mengukur jarimu, melainkan langsung mengukur cincin tersebut menggunakan penggaris.

Setelah mendapatkan diameter cincin, kemudian bagi angka tersebut menjadi dua untuk mendapatkan ukuran jari-jari lingkaran. Lalu, gunakan rumus keliling lingkaran untuk mengetahui kelilingnya. Rumusnya adalah:

K = 2 x π x r

  • K = Keliling lingkarna
  • π = phi (3,14 atau 22/7)
  • r = jari-jari lingkaran

Setelah mendapatkan angkanya, barulah kamu bisa mengetahui hasilnya dan sesuaikan dengan size chart cincin.

6. Ring size paper

Cara Mengukur Jari untuk Cincin Cara mengukur jari untuk cincin berikutnya bisa dilakukan menggunakan ring size paper. Alat ini simpelnya adalah penggaris kertas. Kamu bisa membuatnya sendiri atau mencarinya di internet. Namun, pastikan format dan ukurannya benar-benar sama seperti penggaris pada umumnya, ya!

Cara mengukur jarinya pun sama seperti cara-cara sebelumnya. Kamu tinggal melilitkan pada jari yang hendak diukur, lalu catat angkanya.

7. Finger sizing tool
9 Cara Mengukur Jari untuk Cincin, Mudah dan Akurat

Finger sizing tool adalah alat yang dirancang khusus untuk mengukur lingkar jari. Sama seperti cara sebelumnya, kamu bisa mencari template finger sizing tool di Google dengan kata kunci “Finger sizing tool”. Kemudian kamu bisa mengunduh dan mencetaknya.

Kamu juga bisa mencari alat ini di berbagai marketplace di Indonesia. Banyak penjual yang menyediakan alat ini dengan harga terjangkau.

8. Ring size chart

Cara Mengukur Jari untuk Cincin Ring size chart juga merupakan alat untuk mengukur cincin secara langsung tanpa harus mengukur jari terlebih dahulu. Kamu bisa mencarinya di internet dan mencetaknya. Alat ini biasanya juga tersedia di toko-toko cincin. Kamu bisa mencoba mengukur cincinmu untuk mengetahui berapa ukurannya.

9. Finger sizer

Cara Mengukur Jari untuk Cincin Cara mengukur jari untuk cincin yang terakhir adalah menggunakan alat finger sizer. Kamu bisa membelinya di marketplace dengan harga yang bervariasi. Alat ini lebih mudah digunakan karena kamu tinggal memasukkan jarimu ke lubang-lubang cincin yang tersedia.

Caranya, pilih lubang yang paling pas dan nyaman. Tidak terlalu longgar maupun tidak terlalu sempit. Setelah memilih satu lubang, kamu tinggal melihat berapa ukurannya pada contoh cincin tersebut.

Nah, itulah tadi cara mengukur jari untuk cincin dengan mudah menggunakan sembilan barang dan alat yang bisa kamu dapatkan di mana saja. Semoga pembahasan ini bermanfaat, ya!

By Admin