14 Cara Meningkatkan Traffic Website, Naik Berkali-Kali Lipat!

BERITA MILLENIAL Cara Meningkatkan Traffic Website Traffic web yang tinggi adalah langkah dan parameter awal untuk keberhasilan strategi bisnis lewat digital marketing. Makin tinggi traffic web, makin besar pula tingkat awareness audiens terhadap kehadiran brand Anda. Lalu, bagaimana cara meningkatkan traffic website?
14 Cara Meningkatkan Traffic Website, Naik Berkali-Kali Lipat!

1. Riset Keyword Sebelum Membuat Konten

Cara Meningkatkan Traffic Website Sebagai bagian dari SEO, wajib bagi Anda mengetahui dan melakukan riset kata kunci alias keyword apa yang paling banyak dicari oleh audiens. Hindari hanya berpatokan pada membuat konten website berdasarkan ide pribadi tanpa didukung data jika Anda memang ingin menargetkan web banjir trafik dan dapat berada di peringkat atas hasil mesin pencarian.

Anda boleh saja memiliki ide mengenai topik apa yang dibahas, tetapi selalu perhatikan penggunaan keyword yang tepat. Pilihlah keyword-keyword yang relevan, tetapi memiliki volume pencarian tinggi.

2. Gunakan Long Tail Keyword

Cara Meningkatkan Traffic Website Masih berkaitan dengan keyword, dalam SEO Anda tidak hanya dapat mengandalkan dan mengoptimasi satu keyword saja. Selain keyword utama, Anda membutuhkan keyword tambahan yang relevan sehingga meningkatkan visibilitas Anda di mesin pencarian tanpa terkesan spamming kata kunci.

Kata kunci utama biasanya berupa short tail keyword dan memiliki volume pencarian tinggi. Untuk mengimbanginya, Anda membutuhkan long tail keyword yang biasa terdiri dari lebih dari tiga kata. Volume pencarian keyword ini cenderung lebih sedikit, tetapi lebih spesifik dan tingkat persaingannya tidak setinggi keyword utama.

3. Buat Judul yang Menarik Perhatian
14 Cara Meningkatkan Traffic Website, Naik Berkali-Kali Lipat!

Cara Meningkatkan Traffic Website Judul adalah bagian yang sangat signifikan dalam sebuah tulisan—8 dari 10 orang akan terlebih dulu membaca judul sebuah tulisan sebelum mengklik artikel tersebut dan hanya 2 dari 10 orang yang benar-benar membaca artikel tersebut.

Ada beberapa tips dalam membuat judul yang menarik. Pertama adalah gunakan angka atau membuat model listicle. Adanya angka membuat audiens memiliki ekspektasi “berapa banyak hal baru yang akan dia ketahui.” Selain itu, Anda bisa menggunakan kata-kata yang powerful dan keyword mengenai topik pembahasan.

4. Beri Informasi yang Lengkap dan Berkualitas

Cara Meningkatkan Traffic Website Judul yang clickbait saja tidak cukup terutama untuk keberlangsungan website dalam jangka panjang. Apabila informasi yang diberikan ternyata “bodong” atau tidak sesuai dengan ekspektasi audiens saat membaca judul, wajar jika mereka enggan untuk kembali mengunjungi web Anda di masa mendatang.

Perhatikan search intent 

5. Tampilkan Contoh Secara Visual Berupa Gambar atau Video

Cara Meningkatkan Traffic Website Membaca di layar bisa sangat melelahkan mata. Di samping memperhatikan spacing dan ukuran tulisan, Anda juga dapat menambahkan visual yang relevan untuk memperkaya dan memperjelas isi konten yang disajikan.

Gunakan gambar atau video yang relevan dengan topik pembahasan. Anda tidak harus membuatnya sendiri. Namun, pastikan Anda tidak melanggar hak cipta—sertakan sumber dari visual yang Anda gunakan untuk menghindari masalah di kemudian hari terutama jika memanfaatkannya sebagai bagian dari kegiatan komersial.

6. Pastikan Website Anda Responsif

Cara Meningkatkan Traffic Website Ingat bahwa pengguna internet tidak hanya menggunakan komputer atau laptop, tetapi juga ada smartphone dan bahkan tablet. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengakomodasi beberapa kondisi tersebut.

Berdasarkan data, pengguna internet lebih banyak menggunakan perangkat seluler untuk melakukan akses internet. Di Indonesia sendiri, menurut data dari Google, sebanyak 94% pengguna Internet Indonesia melakukan akses menggunakan mobile. Melalui data ini tentunya website yang responsif akan sangat berpengaruh untuk peningkatan traffic.

dan kualitas tulisan yang Anda sajikan. Hindari plagiarisme, perhatikan panjang kalimat dan paragraf, gunakan referensi yang kredibel, susun kalimat dengan logika yang baik dan benar, dan sebagainya.

7. Cek dan Optimasi Kecepatan Loading Website

Cara Meningkatkan Traffic Website Cara meningkatkan traffic website berikutnya adalah dengan menyediakan kecepatan loading web yang baik. Sebanyak 53% orang akan meninggalkan web yang waktu loading-nya di atas tiga detik.

Hal ini akan menyebabkan bounce rate, yakni saat pengunjung meninggalkan halaman web begitu saja tanpa melakukan tindakan apa pun. Makin tinggi bounce rate, makin jelek penilaian web Anda di mata Google. Lama kelamaan, peringkat web Anda akan turun dan berdampak pada sepinya kunjungan.

8. Sertakan Internal Link dalam Konten

Seperti namanya, internal link adalah tautan dari satu halaman ke halaman lainnya yang masih berada dalam web yang sama. Ini juga jad cara untuk meningkatkan traffic di setiap halaman web.

Di sisi lain, internal link membantu Google memahami keterkaitan antara satu halaman dengan halaman lainnya dalam website Anda. Selain itu, Google juga akan lebih mudah mengetahui halaman mana yang bernilai paling penting dalam web Anda.

9. Lakukan Guest Post

Cara Meningkatkan Traffic Website Kolaborasi jadi strategi yang cukup penting di masa kini untuk saling meningkatkan exposure maupun leads and sales. Dalam kaitannya untuk meningkatkan traffic, Anda bisa berkolaborasi dengan membuat guest post.

Lakukan kerja sama dengan blog atau website lain (pilihlah blog atau web dengan trafik lebih tinggi dari milik Anda): Anda menerbitkan sebuah tulisan di web orang lain dan memberi tautan menuju web Anda, pun pemilik web tersebut juga melakukan hal yang sama di web Anda.

10. Update Konten Lama
14 Cara Meningkatkan Traffic Website, Naik Berkali-Kali Lipat!

Cara Meningkatkan Traffic Website Konten-konten lawas tidak selamanya hanya menjadi memori—sebaliknya, itu adalah aset. Evaluasi konten mana saja yang ternyata masih minim traffic. Setelah menemukannya, Anda tidak harus menghapusnya kecuali jika menurut Anda kualitasnya memang tidak cukup baik.

Anda bisa memperbaikinya. Gunakan Google Search Console. Layanan Google ini membantu Anda mengetahui konten tersebut memiliki relevansi dengan kata kunci apa saja.

11. Menggunakan Paid Search atau SEM

Cara Meningkatkan Traffic Website Kalau memiliki bujet, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan paid search. Layanan ini merupakan fitur yang akan menampilkan halaman web Anda sebagai iklan. Bagaimana cara kerjanya?

Jika ada seseorang mengetikkan kata kunci tertentu yang relevan dengan brand atau bisnis Anda, maka halaman web Anda akan muncul di halaman awal hasil pencarian. Di Google sendiri, Anda bisa menggunakan Google Ads

12. Riset Kompetitor Anda

Cara Meningkatkan Traffic Website Riset kompetitor bukan cuma saat akan memulai bisnis, tapi justru setiap saat. Anda harus selalu up to date dengan langkah-langkah yang dilakukan oleh pesaing sehingga dapat selalu bermanuver dengan tepat.

Ahrefs adalah tool yang bisa Anda pakai untuk melakukan riset terkait performa web. Salah satu fitur Ahrefs akan memberi laporan yang Anda perlukan, mulai dari kualitas trafik organik sebuah web, kualitas backlink, keyword apa saja yang digunakan, dan sebagainya.

13. Kaitkan Konten dengan Tren Bila Memungkinkan

Cara Meningkatkan Traffic Website Trend jacking adalah taktik umum dalam dunia digital. Perhatikan hal-hal apa saja yang menjadi tren dan pusat perhatian saat ini, terutama tren yang sesuai dengan target audiens Anda.

Misal, Anda menjalankan bisnis fashion. Beberapa waktu terakhir, serial Netflix yang ramai diperbincangkan adalah Stranger Things. Anda bisa membuat konten seperti “rekomendasi mix and match baju ‘80s ala pemain Stranger Things.”

14. Perbaiki SEO On Page dan Off Page

Cara Meningkatkan Traffic Website Optimasi website tidak hanya berasal dari on page, tetapi juga off page. Keduanya sama-sama penting dan saling mengisi sehingga Anda perlu memprioritaskan keduanya.

Cakupan SEO on-page antara lain seperti isi dan kualitas konten, heading, judul yang clickbait, URL yang friendly, membuat meta description yang sesuai dan hal-hal lain yang berkaitan dengan aktivitas di dalam web Anda sendiri. Sementara itu, cakupan SEO off-page adalah hal-hal yang berada di luar web Anda, seperti backlink, domain authority situs, page authority dan sebagainya.

Itulah beberapa cara meningkatkan traffic website. Pastikan Anda terus melakukannya secara berkala dan kontinyu serta lakukan evaluasi di setiap periodenya. Selamat mencoba!

By Admin