10 Cara Menjaga Kebersihan Rumah Agar Sehat dan Tampak Indah
BERITA MILLENIAL Cara Menjaga Kebersihan Rumah Contoh kerjasama di rumah ada banyak macamnya, intinya mengajarkan arti kebersamaan, tanggungjawab, bahwa seluruh anggota keluarga saling membutuhkan adalah hal yang penting ditanamkan pada seluruh anggota keluarga.
Banyak cara untuk menjaga kebersihan rumah agar selalu sehat dan indah. Berikut 9 caranya yang dapat Anda terapkan ke seluruh anggota keluarga. Diantaranya :
  1. Rapikan Tempat Tidur Saat Bangun Pagi
  2. Menyapu dan Mengepel Rumah
  3. Mengembalikan Barang Pada Tempatnya
  4. Tidak Menunda Cuci Piring
  5. Sediakan Tempat Sampah Kering di Dalam Rumah
  6. Mencuci Baju Sesuai Jadwal
  7. Bersihkan Kamar Mandi Secara Rutin
  8. Mengolah Barang yang tak Terpakai
  9. Rutin Bersihkan Perabot dari Debu
    10 Cara Menjaga Kebersihan Rumah Agar Sehat dan Tampak Indah

1. Cara Menjaga kebersihan Rumah dengan Merapikan Tempat Tidur Saat Bangun Pagi

Cara Menjaga Kebersihan Rumah Hal pertama yang kita lakukan di pagi hari adalah bangun tidur. Sebelum memulai aktivitas, sebaiknya rapikan terlebih dahulu tempat tidur Anda. Dengan suasana dan kondisi kamar yang rapi, agenda sehari-hari akan terasa lebih ringan dan menyenangkan untuk dilakukan.
Selain itu jika serangkaian rutinitas telah terlaksana, Anda akan lebih nyaman untuk beristirahat karena kamar sudah bersih dan rapi. Ganti bedding set secara berkala agar tetap terjaga kebersihan serta terhindar dari debu-debu yang melekat.

Cara menjaga kebersihan rumah sebaiknya tidak hanya difokuskan pada bagian dalam rumah saja. Area pekarangan seperti taman, garasi, bahkan jalan di depan rumah juga harus dijaga kebersihannya. Mau punya rumah dengan fasilitas lingkungan yang bersih dan sehat? Cek pilihan rumahnya di daerah Parung Panjang dengan harga di bawah 500 jutaan

2. Menyapu dan Mengepel Rumah

Cara Menjaga Kebersihan Rumah Seberapa sering Anda menerapkan cara menjaga kebersihan rumah yang satu ini? Kebanyakan orang kerap mengesampingkan kegiatan menyapu dan mengepel rumah. Biasanya, mereka hanya akan melakukan keduanya ketika lantai terasa kotor saja. Padahal dengan menjadikannya sebagai rutinitas setiap hari, kebersihan akan lebih terasa. Tak hanya itu, rutinlah membuka segala jendela dan bentuk sirkulasi udara lainnya agar udara yang berada di dalam rumah terus terasa segar. Rumah yang sehat memiliki sirkulasi udara yang lancar, serta banyaknya sinar matahari yang bisa masuk ke dalam rumah.

3. Mengembalikan Barang Pada Tempatnya
10 Cara Menjaga Kebersihan Rumah Agar Sehat dan Tampak Indah

Cara Menjaga Kebersihan Rumah Cara menjaga kebersihan rumah selanjutnya adalah dengan mengembalikan barang pada tempatnya. Misalkan, menaruh peralatan makan pada rak setelah selesai makan bersama, mengembalikan buku pada lemari, atau sekedar menempatkan kembali alat tulis atau mainan ke dalam kotak penyimpanan.

Banyak dari kita yang tidak sadar bahwa hal-hal sepele seperti ini yang bisa membuat lingkungan rumah terasa lebih rapi dan enak dipandang. Dengan cara tersebut pula, Anda tidak akan mengalami kehilangan sebab lupa menaruh dimana Anda menaruh barang.

4. Tidak Menunda Cuci Piring

Cara Menjaga Kebersihan Rumah Mencuci piring adalah salah satu kebiasaan yang sering ditunda. Jika dibiarkan terlalu lama, piring yang menggunung di tempat cucian ini bisa mengakibatkan masalah pencernaan seperti diare dan sakit perut karena bakteri yang muncul. Sebab itu, sebisa mungkin lakukan cuci piring segera setelah Anda menyelesaikan kegiatan masak maupun makan bersama keluarga.

5. Sediakan Tempat Sampah Kering di Dalam Rumah

Cara Menjaga Kebersihan Rumah Berbicara masalah kebersihan pasti tidak akan lepas dari sampah. Sama seperti saat kita berada di luar rumah, selalu terapkan prinsip untuk membuang sampah pada tempatnya. Hal ini bisa didukung dengan menyediakan tempat sampah dalam rumah.
Namun perlu diperhatikan, sebaiknya tempat sampah indoor hanya digunakan untuk sampah kering saja. Upaya tersebut dilakukan untuk menghindari bau busuk yang bisa memenuhi seluruh ruangan dalam hunian Anda.

Lalu, sediakan juga tempat sampah lain tepat di luar pintu rumah untuk membuang sampah basah. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan kebersihan lingkungan sekaligus udara dalam rumah.

6. Mencuci Baju Sesuai Jadwal

Cara Menjaga Kebersihan Rumah Kebiasaan ini mungkin cocok bagi Anda yang sudah berkeluarga. Tinggal bersama seseorang membuat beberapa beban kegiatan rumah tangga menjadi bertambah, tidak terkecuali mencuci baju.
Coba susun jadwal setiap dua hari sekali untuk melakukan kegiatan yang satu ini. Anda juga bisa memanfaatkan alat elektronik seperti mesin cuci jika ingin menghemat energi. Setelah selesai, jangan lupa segera keringkan baju langsung di bawah sinar matahari untuk menghindari bau apek.

Tidak berhenti disitu saja, baju yang sudah kering tentu perlu disetrika dan diberi pewangi agar baju harum serta tidak kusut. Tumpukan baju yang siap pakai juga bisa Anda taruh dalam lemari agar mudah mencarinya.

7. Bersihkan Kamar Mandi Secara Rutin

Cara Menjaga Kebersihan Rumah Setiap hari kita menggunakan kamar mandi, baik saat buang air maupun mandi. Kebersihan kamar mandi menjadi aspek yang vital demi menjaga tubuh kita agar terhindar dari berbagai penyakit. Karena itu cara menjaga kebersihan rumah sangat perlu untuk diterapkan dengan baik.

Berbagai rutinitas yang harus dilakukan di antaranya adalah menyikat lantai dan perabotan dalam kamar mandi, mensterilkan peralatan mandi secara berkala, membersihkan closet, dan tidak membiarkan kamar mandi dalam keadaan lembap.

8. Mengolah Barang yang tak Terpakai

Cara Menjaga Kebersihan Rumah Mayoritas dari Anda pasti punya banyak perabotan yang sebenarnya sudah tidak digunakan lagi. Namun bukan berarti, barang-barang tersebut bisa langsung Anda buang begitu saja. Siapa tahu barang tersebut masih punya manfaat lain.

Karena itu, coba sortir antara mana perabot yang masih bisa diolah untuk jadi barang bermanfaat lainnya dan mana yang perlu dibuang. Dengan melakukan ini secara berkala, sampah di rumah akan berkurang dan semakin banyak ruang yang bisa digunakan untuk kegunaan lainnya.

9. Rutin Bersihkan Perabot dari Debu

Cara Menjaga Kebersihan Rumah Cara menjaga kebersihan rumah selanjutnya adalah dengan mengelap perabotan. Terdengar mudah bukan? Tapi pada faktanya, tiap keluarga yang menetap dalam sebuah hunian belum tentu melakukan rutinitas yang satu ini.
Meskipun tidak terlihat secara kasat mata, perabotan yang ada di rumah Anda menumpuk debu halus yang terbawa oleh angin. Jika dibiarkan terlalu lama, tanpa kita sadari debu ini akan membawa masalah pernapasan bagi kita.

Coba bandingkan udara dalam rumah sebelum dan sesudah Anda mengelap seluruh permukaan meja, kursi, televisi, dan alat rumah tangga lainnya. Pasti setelah melakukan kebiasaan itu, udara akan terasa lebih segar untuk dihirup. Selain itu, ruangan juga tampak lebih mengkilap.

10. Gunakan Vacum Cleaner dan Air Purifier
10 Cara Menjaga Kebersihan Rumah Agar Sehat dan Tampak Indah

Cara Menjaga Kebersihan Rumah Saat ini teknologi semakin berkembang maju, termasuk untuk kebutuhan rumah tangga. Jika serangkaian cara menjaga kebersihan rumah yang sudah disebutkan terasa berat untuk dilakukan, coba manfaatkan teknologi seperti vacuum cleaner dan air purifier.
Vacuum cleaner akan membantu Anda untuk membersihkan lantai dan perabot rumah. Sedangkan air purifier akan meminimalisir udara kotor untuk tetap berada dalam ruangan dengan menghisapnya.
Kesimpulannya, menggunakan teknologi masa kini akan mempermudah Anda untuk melakukan cara menjaga kebersihan rumah. Namun, bukan berarti frekuensi melakukannya boleh berkurang juga.
Itulah tadi 10 cara menjaga kebersihan rumah agar sehat dan tampak indah yang dapat Anda lakukan, baik sendiri, maupun bersama seluruh anggota keluarga.
Tonton video berikut ini untuk mengetahui tips memilih asuransi rumah yang tepat!

By Admin