13 Cara Mudah agar Bayi Cerdas sejak Dalam Kandungan

BERITA MILLENIAL Cara Mudah agar Bayi Cerdas sejak Dalam Kandungan Melahirkan bayi yang cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Bayi yang cerdas sudah dapat dibentuk sejak dari dalam kandungan, Bunda.

Selama hamil, Bunda perlu mengupayakan berbagai cara yang terbaik untuk mengoptimalkan perkembangan janin. Bunda juga perlu melakukan hal yang berdampak positif bayi perkembangan otak Si Kecil sejak dalam kandungan.

“Apa yang Anda lakukan saat sedang hamil dapat berdampak pada perkembangan otak dan kecerdasan masa depan anak seperti yang Anda lakukan setelah melahirkan,” kata wakil direktur medis March of Dimes, Diane Ashton, M.D., M.P.H., dilansir Parents.
13 Cara Mudah agar Bayi Cerdas sejak Dalam Kandungan

Cara agar bayi cerdas sejak dalam kandungan

Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengoptimalkan perkembangan otak janin sejak dalam kandungan. Melansir dari berbagai sumber, berikut 13 caranya:

1. Konsumsi makanan tinggi asam folat

Cara Mudah agar Bayi Cerdas sejak Dalam Kandungan Menurut Staf Medis Women Health Service RSUPN CM, dr. Ilham Utama Surya SpOG, asam folat merupakan vitamin B9 larut air. Asam folat dibutuhkan selama hamil karena dapat mencegah cacat tabung saraf atau neural tube defect (NTDs).

“Penelitian menunjukkan, pemberian asam folat dapat menurunkan kadar homosistein yang berdampak pada penurunan risiko gangguan pembentukan saraf janin hingga 87 persen. Perlu diketahui, cacat tabung saraf dapat terjadi di bulan pertama kehamilan,” kata Ilham kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Menurut Institute of Medicine, ibu hamil atau bumil dianjurkan untuk mengonsumsi tambahan asam folat sebesar 0,4 mg/hari atau 400 mikrogram (mcg) asam folat dalam bentuk suplemen atau vitamin hamil. Asam folat juga bisa didapatkan dari konsumsi makanan, seperti daging, bayam, brokoli, asparagus, kacang kedelai, kacang almond, alpukat, jeruk, dan pepaya.

2. Konsumsi makanan kaya zat besi

Cara Mudah agar Bayi Cerdas sejak Dalam Kandungan Asupan zat besi juga dibutuhkan selama kehamilan ya, Bunda. Zat besi merupakan komponen utama pembentukan hemoglobin (Hb) yang bertugas membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Konsumsi zat besi yang cukup selama hamil dapat mencegah anemia. Sebaliknya, kekurangan zat besi berhubungan dengan gangguan pertumbuhan dan perkembangan saraf otak janin.

“Penelitian menemukan dampak kekurangan zat besi dapat menyebabkan gangguan programming otak janin yang menetap sampai dia lahir dan tumbuh besar. Hal ini sulit diatasi karena gangguannya bersifat persisten dan berlangsung lama,” kata Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Adila Rossa Amanda Malik, Sp.OG, kepada HaiBunda.

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kebutuhan zat besi pada bumil adalah sekitar 800 mg. Makanan mengandung zat besi adalah hati ayam, kacang almond, telur, daging sapi tanpa lemak, brokoli, asparagus, dan tahu.

3. Konsumsi cukup makanan
13 Cara Mudah agar Bayi Cerdas sejak Dalam Kandungan

Cara Mudah agar Bayi Cerdas sejak Dalam Kandungan Selama hamil, Bunda jangan sampai melewatkan waktu makan ya. Konsumsi makanan yang cukup dibutuhkan untuk menunjang perkembangan otak bayi agar cerdas sejak dalam kandungan.

Bila mengalami penurunan nafsu makan, segera konsultasikan ke dokter. Pastikan asupan makan cukup selama hamil dengan memenuhi kebutuhan kalori.

Menurut Angka Kecukupan Gizi tahun 2013, kebutuhan kalori ibu hamil berbeda di tiap semester. Bumil setidaknya memerlukan tambahan kalori kurang lebih 350 sampai 450 per hari.

“Kebutuhan kalori ini perlu dipecah ke dalam komponen makro dan mikro. Nutrisi makro terdiri dari karbohidrat, protein dan lemak,” demikian mengutip laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

4. Olahraga atau melakukan aktivitas fisik

Cara Mudah agar Bayi Cerdas sejak Dalam Kandungan Mengutip buku Hamil Tanpa Galau karya Teman Bumil, olahraga dan tetap aktif selama hamil dibutuhkan untuk menghilangkan rasa tidak nyaman. Olahraga saat hamil juga bisa memberikan manfaat, seperti:

  • Mempersiapkan tubuh untuk perkembangan janin yang pesat di minggu-minggu selanjutnya.
  • Membantu Bunda tidur dan istirahat lebih baik.
  • Mengatur peningkatan berat badan selama hamil.
  • Memperbaiki suasana hati.

Semua manfaat olahraga tersebut secara tidak langsung akan memengaruhi perkembangan janin, termasuk otaknya.

Sebelum memilih olahraga saat hamil, Bunda sebaiknya konsultasi dulu ke dokter ya. Kondisi saat hamil perlu diperhatikan sebelum melakukan aktivitas fisik.

5. Hindari melakukan aktivitas berat

Cara Mudah agar Bayi Cerdas sejak Dalam Kandungan Melakukan aktivitas fisik memang disarankan saat hamil. Tapi, Bunda perlu menghindari aktivitas berat yang bisa memicu kelelahan.

Selain bisa memicu kontraksi palsu, aktivitas berat juga bisa membahayakan janin dan memengaruhi tumbuh kembangnya. Menurut ulasan di laman American Pregnancy Association (APA), mengangkat beban berat saat hamil dapat meningkatkan risiko persalinan prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah.

6. Jangan merokok saat hamil

Merokok adalah kebiasaan yang dapat membahayakan janin. Kebiasaan buruk ini sudah banyak diteliti bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil dalam kandungan, Bunda.

Kemenkes menjelaskan, merokok saat hamil juga dapat mengancam keselamatan janin yang berada dalam kandungan. Ada pun efek buruk merokok di antaranya adalah kematian janin, lahir mati, lahir prematur, komplikasi pada pernapasan, penyakit jantung bawaan, efek pada susunan saraf pusat, dan berat badan lahir rendah.

7. Jangan minum alkohol saat hamil

Cara Mudah agar Bayi Cerdas sejak Dalam Kandungan Sama seperti merokok, bumil juga perlu menghindari konsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang saat hamil. Ulasan dalam Paediatrics & Child Health tahun 2002 menjelaskan, alkohol yang diminum bumil saat hamil bisa masuk ke janin melalui aliran darah.

Konsumsi alkohol selama kehamilan dapat menyebabkan fetal alcohol syndrome (FAS), yakni kondisi serius yang dapat memengaruhi kualitas anak seumur hidupnya. Anak-anak yang lahir dengan FAS akan memiliki masalah dengan perkembangannya, proses pembelajaran, perilaku, dan keterampilan sosial.

8. Jangan konsumsi obat yang tak diperlukan saat hamil

Cara Mudah agar Bayi Cerdas sejak Dalam Kandungan Menurut NHK Inggris, kebanyakan obat-obatan yang dikonsumsi selama hamil dapat melewati plasenta dan mencapai janin. Akibatnya, kandungan obat yang berbahaya mungkin dapat memengaruhi perkembangannya.

Selama hamil, Bunda engak boleh sembarangan mengonsumsi obat yang tak diperlukan. Sebelum konsumsi, hendaknya dikonsultasikan dulu ke dokter ya.

9. Batasi asupan kopi

Cara Mudah agar Bayi Cerdas sejak Dalam Kandungan Konsumsi kopi saat hamil juga perlu dibatasi saat hamil. Terutama kopi yang mengandung kafein.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), beberapa studi observasi menunjukkan bahwa kelebihan asupan kafein dapat dikaitkan dengan kelahiran prematur, lahir mati, berat badan lahir rendah, dan terhambatnya pertumbuhan janin.

10. Jaga kenaikan berat badan saat hamil

Cara Mudah agar Bayi Cerdas sejak Dalam Kandungan Berat badan akan naik selama hamil. Tapi, bumil perlu menghindari kenaikan yang melebihi standar normalnya.

Kelebihan berat badan saat hamil dapat berisiko menyebabkan komplikasi kehamilan, seperti preeklamsia, perdarahan, dan kemungkinan lahir melalui operasi caesar. Kelebihan berat badan juga dapat memengaruhi perkembangan janin, berisiko lahir prematur, hingga mengalami makrosomia.

Dilansir Buku Pintar Ibu Hamil oleh Tim Naviri, setiap bulan, berat badan normalnya akan naik 1 kilogram (kg) sampai usia kehamilan mencapai 20 minggu.

Setelah itu, berat akan naik 2 kg setiap bulannya. Jadi, apabila Bunda memulai kehamilan dengan berat badan 45 sampai 65 kilogram, maka kenaikan ideal selama hamil adalah antara 12 sampai 14 kg.

11. Jangan stres

Cara Mudah agar Bayi Cerdas sejak Dalam Kandungan Stres saat hamil juga bisa memengaruhi perkembangan otak janin. Studi yang diterbitkan dalam jurnal medis JAMA Open Network menemukan kaitan kecemasan dan stres ibu hamil dengan otak anak yang belum lahir.

“Tingkat kecemasan tampaknya memiliki efek langsung pada pembentukan otak janin di dalam rahim. Apa yang dialami ibu hamil, ternyata juga dialami bayi belum lahir,” kata Catherine Limperopoulos, penulis studi sekaligus pemimpin Developing Brain Institute at Children’s National in Washington, DC, mengutip CNN.

12. Konsumsi makanan kaya omega-3

Cara Mudah agar Bayi Cerdas sejak Dalam Kandungan Dalam Reviews in Obstetrics and Gynecology tahun 2010 dijelaskan bahwa konsumsi asam lemak omega-3 yang cukup sangat penting selama kehamilan karena merupakan bahan penyusun penting otak dan retina janin. Omega-3 juga berperan dalam perkembangan mata janin dalam kandungan.

Sumber asam lemak omega-3 dapat diperoleh dari konsumsi ikan. Jenis ikan yang lebih berlemak, seperti salmon, adalah sumber asam lemak omega-3 dan DHA yang baik untuk dikonsumsi selama hamil.

Alternatif lain selain salmon adalah ikan kakap. Jenis ikan ini tak hanya mengandung omega-3, tapi juga protein dan kalori yang dapat memenuhi nutrisi bumil.

13. Sering mengajak bicara janin
13 Cara Mudah agar Bayi Cerdas sejak Dalam Kandungan

Cara Mudah agar Bayi Cerdas sejak Dalam Kandungan Salah satu cara agar bayi cerdas sejak dalam kandungan adalah mengajaknya bicara. Aktivitas ini dapat menstimulasi pendengaran janin dan otaknya.

“Berbicara dengan baby bump membantu stimulasi pendengaran dan membangun sinapsis atau koneksi neuron di otak yang bertanggung jawab untuk pendengaran,” kata Dr Geetanjali Shah, dokter anak yang bekerja di Yayasan Supraja dan pusat Ashvini IVF, Mumbai, dikutip dari The Health Site.

“Bonusnya adalah ketika Anda sering berbicara dengan perut Anda dan terus melakukan hal yang sama setelah lahir, otak bayi Anda mengingat, mengingat dan mengingat kata-kata dan dialek dan mulai mengambil ucapan dengan cepat.”

By Admin