9 Cara Mencegah Sembelit dan Melancarkan Sistem Pencernaan

BERITA MILLENIAL  Mencegah Sembelit dan Melancarkan Sistem Pencernaan Sembelit atau konstipasi adalah salah satu gangguan pencernaan yang menyebabkan seseorang sulit buang air besar (BAB). Kondisi ini tentunya cukup mengganggu dan membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Karena itu, penting untuk Anda ketahui apa saja cara mencegah sembelit yang bisa dilakukan sejak dini. Berikut ini kami ulas secara lengkap.
9 Cara Mencegah Sembelit dan Melancarkan Sistem Pencernaan

Cara Mencegah Sembelit

Sembelit adalah salah satu gangguan pencernaan yang menimbulkan gejala berupa sulit buang air besar, nyeri perut hingga menurunnya nafsu makan. Beberapa cara berikut ini dapat diterapkan untuk mencegah sembelit.

1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat

Mencegah Sembelit dan Melancarkan Sistem Pencernaan Makanan tinggi serat dipercaya cukup efektif dalam mencegah sembelit. Serat diketahui mampu melancarkan BAB dengan melakukan penyerapan air ekstra sehingga feses menjadi lunak. Beberapa pilihan makanan untuk mencegah sembelit yang kaya akan serat adalah apel, jeruk, gandum, brokoli, dan kacang-kacangan.

2. Olahraga Secara Rutin

Mencegah Sembelit dan Melancarkan Sistem Pencernaan Kurangnya aktivitas fisik atau berolahraga akan membuat pergerakan usus menjadi lebih lambat. Akibatnya, feses pun membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melewati usus besar dan mencapai anus.

Olahraga minimal 30 menit per hari sebanyak 3-5 kali seminggu dapat melancarkan pergerakan usus dan terhindar dari sembelit. Beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan adalah jalan santai, jogging, bersepeda, berenang dan lainnya.

3. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Mencegah Sembelit dan Melancarkan Sistem Pencernaan Kekurangan cairan tubuh (dehidrasi) bisa menjadi salah satu penyebab sembelit. Hal ini dikarenakan serat membutuhkan air untuk melunakkan feses. Serat dalam tubuh yang mengalami dehidrasi dapat membuat feses menjadi padat, keras, dan berakhir sembelit.

Cara mencegah sembelit akibat dehidrasi dapat dilakukan dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih kurang lebih 2 liter per hari. Biasakan untuk selalu minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur, setelah makan, dan di malam hari sebelum tidur.

4. Mengonsumsi Kopi
9 Cara Mencegah Sembelit dan Melancarkan Sistem Pencernaan

Mencegah Sembelit dan Melancarkan Sistem Pencernaan Manfaat minum kopi rupanya juga berpengaruh pada sistem pencernaan. Menurut penelitian, kafein dalam kopi dapat merangsang pergerakan usus. Kopi juga mengandung serat yang apabila dikonsumsi sesuai takaran dapat membantu Anda terhindar dari sembelit.

Namun, mengonsumsi kopi tidak disarankan bagi seseorang dengan kondisi medis tertentu, seperti irritable bowel syndrome (IBS). Hal ini dikarenakan kafein pada kopi dapat meningkatkan motilitas usus sehingga bisa memperparah gejala IBS.

5. Menghindari Stres

Mencegah Sembelit dan Melancarkan Sistem Pencernaan Stres merupakan salah satu pemicu sembelit yang jarang disadari. Ketika Anda stres, pergerakan usus akan melambat dan menyebabkan Anda sulit BAB.

Oleh karena itu, kelola stres sebaik mungkin dengan beristirahat sejenak dari kesibukan sehari-hari atau dengan melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan mood Anda seperti melukis, membaca buku dan menonton film.

6. Melakukan Peregangan Ringan

Mencegah Sembelit dan Melancarkan Sistem Pencernaan Cara mencegah sembelit yang satu ini bisa diterapkan saat Anda bepergian atau dalam perjalanan jauh. Berdiam di tempat yang sama dalam waktu lama dapat memperlambat pergerakan usus sehingga meningkatkan risiko Anda mengalami sembelit.

Hal ini bisa Anda siasati dengan melakukan peregangan ringan sebelum bepergian. Misalnya, berjalan-jalan santai sembari menunggu waktu penerbangan pesawat. Apabila menggunakan mobil, sempatkan untuk istirahat sejenak di rest area dan melakukan peregangan ringan.

7. Hindari Kebiasaan Menahan BAB

Mencegah Sembelit dan Melancarkan Sistem Pencernaan Memiliki kebiasaan menahan BAB dapat meningkatkan risiko terkena sembelit. Hal ini dikarenakan feses yang seharusnya dibuang oleh tubuh justru tertahan di usus besar dan terus menumpuk.

Feses yang menumpuk terlalu lama di usus besar dapat berubah menjadi lebih padat dan sulit untuk dikeluarkan. Itulah mengapa menghindari kebiasaan menahan BAB bisa menjadi salah satu cara mencegah sembelit yang ampuh untuk diterapkan.

8. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Probiotik

Mencegah Sembelit dan Melancarkan Sistem Pencernaan Bakteri probiotik seperti yoghurt dapat membantu melancarkan proses pencernaan hingga menjadi feses. Bakteri baik pada probiotik juga dapat membantu tubuh melawan bakteri penyebab masalah pencernaan.

9. Berkonsultasi dengan Dokter
9 Cara Mencegah Sembelit dan Melancarkan Sistem Pencernaan

Menerapkan beberapa cara di atas dapat membantu Anda mencegah sembelit. Namun, seseorang dengan riwayat medis tertentu disarankan untuk berkonsultasi secara langsung kepada dokter untuk mengetahui cara pencegahan sekaligus penanganan sembelit yang tepat.

Misalnya pada penderita intoleransi laktosa. Kondisi ini menandakan bahwa tubuh tidak memiliki enzim khusus yang mampu mencerna laktosa dari produk susu. Sehingga apabila penderita mengonsumsi produk susu, tubuh akan menunjukkan reaksi alergi berupa sembelit atau diare.

Mari gunakan fitur telekonsultasi dari Siloam Hospitals yang memungkinkan Anda untuk berdiskusi secara online bersama dokter kapan dan di mana pun Anda berada.

Anda juga dapat memesan paket Healthy Catering Homecare untuk menyediakan makanan sehat di rumah setiap hari guna mendukung kesehatan sistem pencernaan. Pemesanan paket katering sehat dapat dilakukan dengan menghubungi call center di 1-500-181 atau menggunakan fitur yang tersedia di aplikasi MySiloam. Mari jaga kesehatan Anda dan keluarga #BersamaSiloam.

By Admin