11 Cara Mudah agar Rambut Cepat Panjang dan Tumbuh Tebal

Cara Mudah agar Rambut Cepat Panjang Rambut merupakan salah satu ornamen yang menghiasi tubuh dan punya pengaruh besar terhadap penampilan manusia. Tak heran, banyak yang kerap menyebut rambut sebagai mahkota alami manusia. Rambut juga menjadi salah satu jaringan tubuh manusia yang paling cepat tumbuh.  Data Trichological Society mengungkapkan bahwa tingkat pertumbuhan rata-rata rambut mencapai 0,5 hingga 1,7 sentimeter per bulan atau sekitar dua hingga delapan inci per tahun. Sementara itu, American Academy of Dermatology Association (AAD) mengungkapkan data bahwa rambut yang rontok 50-100 helai per hari merupakan hal normal. Namun, ada kalanya pertumbuhan rambut terasa sangat lambat dan tidak pada jangka waktu yang normal.

Berikut ini ada sejumlah tips untuk membantu pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat dan kuat.
11 Cara Mudah agar Rambut Cepat Panjang dan Tumbuh Tebal

1. Rutin Potong Rambut

Cara Mudah agar Rambut Cepat Panjang Tips ini mungkin sedikit berlawanan dengan maksud dan tujuan memanjangkan rambut. Namun, pertumbuhan rambut yang sehat ternyata bisa berawal dari pemotongan rambut yang teratur. Hal tersebut diungkapkan oleh Michael Duenas penata rambut ternama di Los Angeles, Amerika Serikat. “Meskipun potongan rambut tidak membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat, potongan rambut menghilangkan ujung bercabang yang merusak rambut Anda,” jelas Michael Duenas. “Menghilangkan kerusakan memberikan kesan bahwa rambut anda tumbuh lebih cepat. Lagi pula, ujung bercabang yang patah dapat menyebabkan rambut anda kehilangan panjang, kilau, volume, dan kehalusan,” sambungnya.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Cara Mudah agar Rambut Cepat Panjang Merawat rambut ternyata bukan hanya perkara pemakaian produk perawatan di bagian rambut saja. Masalah konsumsi makanan sehat ternyata juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Hal tersebut diungkapkan oleh Francesca Fusco selaku dokter kulit ternama di New York, Amerika Serikat. “Untuk mendorong pertumbuhan rambut, anda perlu ‘memberi makan’ rambut dari dalam,” jelas Francesca Fusco. Tak hanya itu, jenis makanan yang dikonsumsi juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan rambut. “Lantas makanan apa yang membuat rambut tumbuh lebih cepat? Yang tinggi protein, bahan penyusun rambut, termasuk daging dan sumber lainnya. Coba tingkatkan asupan protein Anda dengan makanan seperti ikan, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh ,” saran Fusco. Bahkan jika Anda bukan pecinta daging, Anda tetap harus menjaga diet tinggi protein untuk pertumbuhan rambut. Wanita yang tidak mendapatkan cukup sering mengalami “kerontokan rambut lebih banyak,” sambungnya.

3. Konsumsi Vitamin yang Menyehatkan Rambut Setiap Pagi

Cara Mudah agar Rambut Cepat Panjang Konsumsi vitamin ternyata juga memberikan dampak yang sangat positif terhadap pertumbuhan rambut. Waktu yang disarankan untuk mengonsumsi vitamin dan suplemen kesehatan rambut adalah pagi hari. “Cari multivitamin yang diformulasikan dan diberi label ‘untuk rambut, kulit, dan kuku’,” saran Fusco. “Itu mengandung vitamin penting seperti biotin dan C dan B yang dapat mendukung kesehatan rambut.” sambungnya. Selain itu, Stefani Sassos wakil direktur Good Housekeeping Institute Nutrition Lab menyarankan sejumlah vitamin dan mineral yang berkontribusi menyehatkan rambut seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Zinc, Zat Besi, hingga asam lemak omega-3.

4. Kurangi Keramas, Perbanyak Pelembab

Cara Mudah agar Rambut Cepat Panjang Ternyata masalah keramas juga berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kesehatan rambut. Keramas dalam rentang waktu yang terlalu sering ternyata tidak disarankan untuk pertumbuhan kesehatan rambut. Hal tersebut diungkapkan oleh Ken Paves yang terkenal sebagai penata rambut selebriti di Los Angeles, Amerika Serikat. “Keramas rambut anda hanya dua hingga tiga kali seminggu memungkinkan minyak alami tubuh menembus rambut anda, membuatnya terhidrasi dan memperbaiki dirinya sendiri,” jelas Ken Paves. Semantara itu, pro GH Beauty Lab menyarankan bahwa pertumbuhan rambut yang lebih tebal dan cepat dapat dibantu dengan penggunaan sampo berlabel ‘volumizing’ atau ‘thickening’. Selain itu, Liana Zingarino penata rambut ternama di New York juga menyarankan penggunaan masker rambut seminggu sekali. “Mengolesi masker rambut (conditioner) yang dibeli di toko atau DIY dari akar ke ujung seminggu sekali, masker dengan kayu manis dapat merangsang sirkulasi darah untuk mendorong rambut yang lebih kuat dan lebih panjang dalam waktu singkat,” kata Liana Zingarino.

5. Kurangi Warnai Rambut

Cara Mudah agar Rambut Cepat Panjang Pewarnaan rambut memang menjadi salah satu tren yang mendukung penampilan seseorang. Namun siapa sangka, pewarnaan justru membuat rambut jadi gampang rusak. Bahan-bahan kimia yang terdapat di dalam pewarna memang menjadi salah satu perusak rambut. Hal tersebut bahkan diungkap oleh pakar pewarna rambut di New York yang bernama Elizabeth Hiserodt. “Ketika kutikula rambut rusak akibat pemutih, Anda dapat mengalami lebih banyak kerusakan atau ujung bercabang,” jelas Elizabeth Hiserodt. “Semakin sedikit perawatan kimia, semakin baik rambutmu tumbuh.” sambungnya.

6. Kurangi Pemakaian Pengering Rambut dengan Panas Berlebihan

Cara Mudah agar Rambut Cepat Panjang Pemakaian pengering rambut sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah bagi sebagian orang terutama kaum perempuan. Alat pengering dengan panas yang berlebihan ternyata bisa berdampak buruk bagi rambut. “Jika anda harus menggunakan pengering rambut, maka aku merekomendasikan untuk menurunkan suhu dan selalu menggunakan pelindung panas, jika tidak, anda berisiko merusak rambut, menyebabkan rambut patah dan kusut,” kata Paves salah satu pakar rambut di AS.

7. Rutin Menyisir Rambut

Masalah menyisir rambut tentu sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang di dunia ini. Namun, tak sedikit pula orang yang malas untuk menyisir rambut dan membiarkannya terlihat berantakan. Siapa sangka, kebiasaan menyisir rambut ternyata memberikan dampak yang sangat positif bagi kesehatan rambut. Selain itu, penyisiran rambut juga membantu meningkatkan sirkulasi yang membuat kulit kepala lebih sehat.

“Mulai dari kulit kepala, gunakan sikat bulu babi untuk mendistribusikan minyak kulit kepala Anda secara merata ke rambut Anda agar tetap lembap secara alami,” saran Meri Kate O’Connor penata gaya dan pewarna rabut selebriti di Cooper, West Hollywood, California, AS.

8. Mandi dan Keramas Pakai Air Dingin

Cara Mudah agar Rambut Cepat Panjang Tak sedikit orang yang memang lebih senang mandi dengan menggunakan air hangat. Namun, kebiasaan mandi dengan air hangat ternyata dapat membuat kulit jadi lebih cepat kering. Tak hanya itu, mandi dengan air hangat rupanya juga membuat rambut jadi lebih kasar.

Hal tersebut yang membuat banyak pakar rambut lebih sering mencuci rambut pelanggan dengan menggunakan air dingin.

9. Mengurai Rambut Sebelum Keramas

Cara Mudah agar Rambut Cepat Panjang Cara keramas yang kurang tepat dapat menyebabkan rambut jadi gampang rusak. Bukan tanpa sebab, rambut yang basah ternyata lebih gampang rusak. Hal tersebut yang membuat banyak pakar menyarankan untuk menguraikan rambut sebelum keramas. “Paparan air membengkak dan meregangkan batang rambut, yang menyebabkan lapisan luar seperti sirap terangkat, dan menambahkan tekanan dari menyikat dalam keadaan itu dapat menyebabkannya patah,” kata ahli kimia senior Laboratorium Kecantikan Good Housekeeping Institute bernama Sabina Wizemann. Selain itu, proses penyisiran rambut yang basah juga penting untuk diperhatikan. Penyisiran rambut yang basah sebaiknya dilakukan dengan cara yang lembut. Gunakan sisir dengan ukuran yang cukup besar untuk tidak membuat rambut kusut jadi putus.

10. Tidur Pakai Sarung Bantal Sutra

Cara Mudah agar Rambut Cepat Panjang Merawat pertumbuhan rambut ternyata juga terkait masalah penggunaan bantal saat tidur. Bantal dengan sarung yang bagus ternyata bagus untuk menjaga kesehatan rambut. Pakar lantas sempat melakukan penelitian yang hasilnya menyatakan bahwa sarung bantal dari bahan sutra sangat baik untuk rambut. “Sutra lebih mudah pada rambut, membantu menghindari kusut dan patah,” kata Jesleen Ahluwalia asisten profesor klinis dermatologi di Mount Sinai di New York, AS.

11. Pakai Minoxidil
11 Cara Mudah agar Rambut Cepat Panjang dan Tumbuh Tebal

Cara Mudah agar Rambut Cepat Panjang Penggunaan kandungan Minoxidil ternyata juga memiliki dampak yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut. Kandungan Minoxidil bahkan juga sudah mendapatkan persetujuan legal di dunia kedokteran. Hal tersebut diungkapkan oleh April Franzino direktur kecantikan GH. “Bahan minoxidil, telah disetujui FDA dan terbukti membantu menghentikan kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhan kembali rambut dengan penggunaan berkelanjutan sesuai petunjuk kemasan.” kata April.

By Admin