Gerhana Bulan Total Dapat Dilihat di Sumut Besok

BERITA MILLENIAL –  Gerhana Bulan Dan Pertanda Gerhana Bulan Keseluruhan bakalan berlangsung di langit Indonesia di 8 November 2022. Buat lokasi Sumatera Utara (Sumut), peristiwa itu cuma bisa teramati saat sesi U3 (Gerhana Keseluruhan selesai) kira-kira jam 18.42.03 WIB.

Gerhana Bulan

“Tetapi, buat esok saat penilaian gerhana memiliki potensi hujan saat sore sampai malam hari dengan intensif enteng sampai sedang di Kota Medan,” kata Staf Service Layanan Tubuh Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) daerah I Medan Chichi Nurhafizah, seperti diberitakan dari Garis, Senin (7/11).

Dia menjelaskan, sesi awalnya Gerhana (P1) terjadi di jam 15.00.08 WIB dan tak kelihatan di lokasi Indonesia. Babak Gerhana beberapa (U1) lantas dapat teramati di Papua, Papua Barat, beberapa Maluku Utara dan beberapa Maluku di jam 16.08.59 WIB.

Seterusnya, sesi gerhana keseluruhan (U2) bisa diamatai di daerah, Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, NTT, NTB, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, kebanyakan Kalimantan tengah, Sejumlah Kalimantan Barat, dan beberapa Jawa Timur di jam 17.16.19 WIB.

Baca Juga Yah Artikel Dari Kami Lainnya : Ada 5 Cara Membersihkan Headphone dan Earbuds dengan Baik dan Benar

Berikut Informasinya

Gerhana Bulan

“Sesi Pucuk Gerhana teramati di Area Indonesia, terkecuali Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara serta Bengkulu pada waktu 17.59.11 WIB,” ucapnya.

Chichi juga sebutkan, sesi gerhana Keseluruhan Usai (U3) bisa diawasi dari seluruhnya area Indonesia, tergolong Sumut pada waktu 18.42.03 WIB. Adapun Gerhana Bulan Keseluruhan kesempatan ini berlangsung dengan tempo keseluruhan 1 jam, 24 menit, 58 detik serta waktu umbra waktu 3 jam, 39 menit, 50 detik.

Baca Juga Yah Artikel Dari Kami Lainnya : Mau Saingi Gojek dan Grab, Taksi Online AirAsia Resmi Meluncur di Indonesia 2022

Gerhana Bulan

Untuk dipahami, Gerhana Bulan adalah kejadian terhalanginya sinar matahari oleh bumi maka dari itu tidak semuanya sinar hingga sampai ke bulan. Sementara, Gerhana Bulan Keseluruhan terjadi waktu status bulan-matahari-bumi ada sejajar pada sebuah garis lempeng.

Hal tersebut membuat bulan masuk ke umbra bumi serta menyebabkan bulan jadi kelihatan mempunyai warna merah waktu pucuk gerhana berlangsung. Disamping itu, pengaruh dari Gerhana Bulan Keseluruhan sendiri buat kehidupan manusia merupakan pasang naik air laut yang semakin tinggi dibanding dengan beberapa hari umumnya saat tidak berlangsung gerhana, purnama ataupun bulan baru.

Baca Juga Yah Artikel Dari Kami Lainnya : Teknik Menyelesaikan Voice Notes WhatsApp Tidak Ada Suara 2022

By Admin