Paus

BERITA MILLENIAL – Paus adalah hewan mamalia yang termaksud ke category Cetacea seperti lumba-lumba. Untuk memilah ragamnya, mereka umumnya diklasifikasi jadi dua golongan besar, ialah paus bergigi (Odontoceti) dan paus balin (Mysticeti) atau tidak bergigi.

Pada umumnya, keunikan dari keluarga terdapat di bentuknya yang begitu besar, mulai dengan belasan sampai beberapa puluh mtr. dan berat yang sampai beberapa ratus ton. Bahkan juga satu diantara yang masuk ke barisan pasu balin yaitu paus Biru diangkat menjadi hewan paling besar yang pernah sempat ada pada Bumi.

Tapi, tahukah kamu kalau rupanya ada keluarga paus yang miliki ukuran relatif kecil? Mereka miliki beberapa kekhasan sendiri. Sampai, ada juga yang dapat kita lihat dalam kebun binatang, lho.

Ingin tahu? Di bawah ini lima type dengan badan paling kecil di dunia. Langsung scroll, ya!

5. Paus Minke

Paus Minke

Paus Minke (Balaenoptera acutorostrata) sebagai group balin. Mereka tersebarkan di sebagian besar lautan di Bumi, tetapi paling sering ditemui di laut dengan temperatur lebih dingin seperti pada Atlantik Utara dan Antartika.

Umumnya, hewan ini simpel dikenal dengan warna gelap yang mereka mempunyai, seperti hitam, abu-abu, atau cokelat tua pada sisi atas dan warna jelas di ruang perut. Diluar itu, mocongnya yang panjang bersifat lancip dengan mulut yang lempeng. Antiknya, Minke ini punyai dua lubang pernafasan yang lain.

Dikutip Whale and Dolphin Conservation, minke adalah barisan balin paling kecil ke-2 di dunia. Apabila meraka telah bergerak dewasa, pejantan cuman miliki panjang 9,8 mtr. serta betina kurang lebih 10,7 mtr.. Walau demikian, buat pekerjaan berat, sesungguhnya ini masih lumayan besar berkat mereka bisa tumbuh sampai 9,2 ton!

4. Pygmy Right Whale

Pygmy Right Whale (Caperea marginata) jadi paling kecil di dunia yang masuk ke group paus balin. Mereka tersebarkan pada sisi selatan Bumi sama air yang cukup dingin dimulai dari Antartika, Pasifik Selatan, dan Atlantik Selatan.

Tentang hal ciri amat mencolok dari Pygmy Right Whale yaitu warna yang biru tua atau abu-abu di sisi atas dan warna jelas di bagian perut. Tidak hanya itu, mereka cukup berlainan dari macam Right Whale yang lain. Karena, mereka punyai sebuah sirip kecil di sisi belakang punggung dan terdapatnya dua jalur kerongkongan di mulutnya.

Animal Diversity merilis, mereka kebanyakan cuma sanggup menggapai panjang 5 hingga sampai 6 mtr. dengan berat rerata kira-kira di angka 4,5 ton.

3. Paus Beluga

Paus Beluga

Paus beluga (Delphinapterus leucas) adalah macam yang kerap kita saksikan. Hewan yang ini masuk ke kelompok bergigi dan bisa ditemui di Arktik, tetapi juga dapat melakukan migrasi menjurus selatan. Disamping itu, mereka sempat juga nampak tampil di muara sungai.

Tanda-tanda amat unik dari beluga sudah pasti warna kulitnya yang putih bersih. Mereka mempunyai dahi bundar yang kerap dikatakan “melon”. Dahi itu benar-benar fleksibel maka bisa berganti-ganti memiliki bentuk. Berikut rahasia dibalik gestur-ekspresi lucu yang dimunculkan paus beluga. Mereka kerap dikatakan sebagai “burung kenari lautan” sebab sangatlah ramai serta bisa membentuk nada seperti kicauan, siulan, sampai jeritan.

Berdasarkan keterangan dari World Wildlife Fund (WWF), beluga punya ukuran rerata 2,5 hingga 6,7 mtr. saja. Sedang buat beratnya kira-kira dari 600 sampai 1.500 kilo-gram. Ukuran ini lantas membuat mereka jadi salah satunya paus bergigi sama ukuran paling kecil di dunia.

2. Pygmy Sperm Whale

Pygmy Sperm Whale (Kogia breviceps) adalah kumpulan paus bergigi serta berkerabat dengan paus sperma. Mereka tersebarkan disekitaran perairan yang hangat yang dalam, benarnya disekitaran sisi tropis dari Samudra Pasifik, Atlantik, dan Hindia.

Buat tanda-tanda fisiknya, pygmy sperm whale bisa dikenal dengan kepalanya yang condong mengotak dan rahang kecil yang miliki sembilan sampai 16 pasang gigi. Mereka tampil dengan warna abu-abu sampai biru keabuan disamping punggung. Warna itu selanjutnya bakal lebih menghilang jadi warna putih sampai sisi perut.

Dikutip Whale and Dolphin Conservation, Pygmy Sperm Whale duduki posisi ke-2 sebagai paus sama ukuran paling kecil di dunia. Mereka cuma tumbuh sampai panjang 3,8 mtr. dan berat maximum sekitar di angka 450 kg saja.

1. Dwarf sperm whale

Dwarf sperm whale

Dwarf sperm whale (Kogia sima) selintas serupa seperti pygmy sperm whale. Walau demikian, mereka rupanya adalah subspesies berlainan walaupun sama masuk ke keluarga paus sperma. yang ini bisa pula ditemui di perairan hangat dimulai dengan Samudra Pasifik, Hindia, sampai Atlantik.

Secara performa, mereka pun cukup tidak serupa dari pygmy sperm whale. Kepalanya condong lebih menguncup hingga kelihatan lebih lancip. Diluar itu, dwarf sperm whale mempunyai sirip punggung yang lebih panjang dan lancip daripada saudaranya.

Berwarna cukup beragam. Mereka dapat warna biru tua sampai cokelat zaitun yang digabungkan dengan warna merah muda pucat pada sisi perutnya.

Ditulis Whale and Dolphin Conservation, dwarf sperm whale sebagai type sangat kecil di dunia. Panjang badan dari paus ini gak lebih dari pada 2,8 mtr. saja. Dan beratnya tidak juga lebih pada 272 kilo-gram.

Sehabis memandang daftar paling kecil ini, nyatanya group tak selama-lamanya jadi tipe hewan sama ukuran raksasa. Type terkecilnya saja juga tidak begitu jauh beda dengan badan manusia. Nach, dari daftar ini lebih kurang model apa yang bikin kamu terpikat?

By Admin