Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas menjadi Icon Belitung yang Tersohor 2023

Pulau Lengkuas Belitung miliki jarak seputar 30 menit bila dilewati dari Pantai Tanjung Kelayang. Pelancong yang mau ke arah pulau fantastis itu dapat pakai perahu yang dikontrak. Hingga saat ini, pulau ini jadi obyek wisata tenar di Belitung. Beragam liburan alam siap menyongsong tiap pelancong lokal sampai luar negeri yang hadir.

Mengetahui Pulau Lengkuas di Belitung

Belitung diketahui kumpulan pulau-pulaunya yang elok. Satu diantaranya merupakan Pulau Lengkuas. Ini tempat wisata yang wajib didatangi tiap pelancong yang berkunjung di negeri Laskar Pelangi ini. Pulau ini menyuguhkan panorama alam yang berlainan dari puau-puau lain di Indonesia.

Posisinya berada di utara Pantai Tanjung kelayang. Luas pulau ini sangatlah kecil. Untuk mengitari cuman perlu waktu 20 menit saja. Walau demikian terdapat banyak daya magnet dari pulau ini, seperti mercusuar, bebatuan granit, ikan dan terumbu karang di perairan dangkal, serta juga ada bentangan pasir putih yang luas.

Kebesaran Mercusuar di Pulau Lengkuas Belitung

Yang antik dari pulau yang ini adalah ada Lighthouse atau mercusuar. Bangunan bak menara ini melambung tinggi sampai dapat disaksikan dari terlalu jauh. Katanya, pemerintahan penjajah Belanda membuat menara ini di tahun 1882. Hingga kini masih aktif jadi navigasi laut serta diperlukan oleh beberapa nelayan.

Selainnya sebagai navigasi laut, mercusura ini dibuka untuk umum sebagai obyek wisata. Tetapi sebelumnya masuk, diwajibkan untuk membersihkan kaki lebih dulu lantaran Lighthouse dibikin dari baja. Air laut yang asin dapat membikin baja hancur serta berkarat.

Yang memikat merupakan, dari mercusuar tiap pengunjung dapat menyaksikan bentangan pantai pasir putih yang cantik. Panorama lautan yang warna kehijauan jadi bonus buat pelancong serta dapat lengkapi narasi berlibur yang terkesan.

Terkagum pada Granit Raksasa di Pulau Lengkuas

Kecuali mercusuranya yang unik, Belitung dikenal juga granit raksasa yang banyak beberapa ribu. Di pulau Lengkuas bisa juga ditemui satu diantaranya keajaiabn alam ini. Dapat di katakan, kehadiran granit ukuran raksasa merupakan icon serta keunikan sejumlah pulau di Belitung.

Sehingga sewaktu kesini, luangkan diri untuk berpose serta menjelajahi lebih jauh antara bebatuan granit yang menyebar. Panoramanya akan komplet dengan putihnya pasir serta lautan yang jernih. Keagungan Pulau Lengkuas Belitung semakin memukau oleh karena ada beberapa pohon palem yang teduh. Pengunjung dapat duduk dan santai di bawahnya sembari nikmati daya pikat alam Belitung. Bila jenuh, karenanya pengunjung dapat jalan di perairan dangkal. Kedalamannya tidak lebih pada 1,2 mtr..

Snorkeling di Pulau Lengkuas

Snorkeling di Pulau Lengkuas

Air yang dangkal di Pulau Lengkuas benar-benar jernih maka dari itu dasar air lantas dapat tampak terang. Di dasar perairan ini bakal ada panorama bermacam ikan warna-warni. Terumbu karang serta bintang laut terhidang bebas di lautan dangkal Pulau Lengkuas yang banyaknya beberapa ribu. Agar dapat nikmati segalanya, karenanya pengunjung dapat melaksanakan snorkeling. Beberapa bintang laut, ikan serta terumbu karang akan menyongsong siapa pun dan membuat takjub. Disamping itu, pengunjung dapat juga berenang buat nikmati segarnya air laut yang jernih di pulau ini. Ketika sudah capek dengan snorkeling, karena itu waktunya untuk berikan kesegaran badan kembali bersama air kelapa. Di pulau Lengkuas Belitung, ada beberapa warung yang jual air kelapa muda. Minuman ini sesuai untuk yang udah lemas jalan-jalan atau berenang di pantai.

Daya Ambil yang Dipunyai Pulau Lengkuas

1. Mercusuar Tua

Bangunan dengan tinggi 15 lantai yang disebut warisan Belanda. Tinggi melambung seakan menentang beberapa pengunjung. Mercusuar ini masih tetap memiliki fungsi meskipun udah berdiri sepanjang 139 tahun. Mulai sejak 1882 yang lalu, berperanan bagus untuk membimbing jalan raya kapal dari serta/atau ketujuan Belitung.

Beberapa ratus anak tangga mesti Anda kalahkan bila mau sampai pucuk. Betul-betul diperlukan tenaga extra untuk menaiki di atas bangunan dengan tinggi 50 mtr.. Manalagi, waktu dilaksanakan dengan cara manual. Di waktu yang serupa, Anda harus selalu siaga karena di sebagian titik mulai ringkih. Materialnya tergerus dilindas waktu.

Akan tetapi, seluruhnya capek bakal terbayarkan tunai seusai Anda datang di pucuk. Pemandangan estetis ciri khas Pulau Lengkuas siap menyongsong dalam 1x pandang. Di tengah jalan, sebetulnya Anda juga dapat stop sesaat serta melihat melalui jendela. Kata elok saja belumlah cukup mendeskripsikan kondisi di bawah sana.

2. Lanscape Daratan yang Menarik

Rumpun pohon kelapa padati area yang mempunyai luas kurang dari 1 hektar ini. Tumbuh subur di atas bentangan pasir. Teksturnya benar-benar lembut sentuh antara kaki. Cahaya si surya yang membal di permukaan air membikin kemilau bak permata. Batu-batuan granit tersebarkan nyaris di semua penjuru. Dimulai dari yang memiliki ukuran kecil sampai jumbo. Punyai bentuk yang condong lembut serta memiliki nuansa putih seakan panggil buat digauli. Gak keliru, acapkali membuat pelancong bersaing narsis di spot ini. Bisa digunakan sebagai media istirahat atau sebatas melihat-lihat situasi kira-kira. Deru ombak kedengar tenang sewaktu menegur gendang telinga. Sepoi-sepoi angin berasa halus membelai muka. Berbau air garam ikut menyemarakkan. Situasi yang prima buat beberapa pencarian kenyamanan.

3. Pemandangan Sunset dan Sunrise yang Prima

Apa Anda kerap saksikan video beberapa detik matahari terbenam dibalik samudra melalui medsos? Pada tempat ini panorama begitu adalah sesuatu kenyataan. Posisi Pulau Lengkuas yang menghampar di lautan terlepas, benar-benar beri keuntungan untuk banyak pemburu sunset dan sunrise. Waktu mentari perlahan-lahan keluar di ufuk timur, peralihan saturasi dari jingga pekat tuju kuning keemasan lantas terjadi. Saat matahari tenggelam, jingga kemerahan bakal kelihatan kontras dengan situasi sekitaran. Menariknya, ke-2 moment ini seakan menyemburkan dari kembali samudra. Kilaunya membias di permukaan air maka dari itu dilihat ibarat bayang-bayang.

 

BACA JUGA YAH : Kejadian Malin Kundang, Anak yang Durhaka 1971

By Admin