Babi Guling Khas Bali

BERITA MILLENIALBabi Guling Siapa nih dari kamu yang menyukai pelesiran? Untuk kamu beberapa wisatawan barangkali tidak asing dengan Pulau Bali.

Pulau Bali tenar menjadi arah pariwisata dengan kekhasan beberapa hasil seni-budayanya, terutamanya buat beberapa turis Jepang dan Australia. Bali dikenal juga dengan panggilan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.

Waktu bertandang atau liburan ke Bali, pasti kamu akan bersua dengan santapan babi guling. Apa kamu paham, rupanya kulineran unik Bali ini jadi sajian inti saat ritus keagamaan atau acara etika terjadi.

Masakan ini rata-rata dibikin dari daging babi utuh yang di isi dengan bumbu dan sayur pada sisi perutnya. Orang Bali umumnya isi dengan daun ketela atau daun singkong biar rasanya lebih baik.

Tapi, kulineran yang berikut jarang tampak dalam beberapa menu restaurant atau warung makan. Tapi apabila kamu mau membikin babi guling sendiri, berikut resep babi guling yang dapat kamu aplikasikan.

Resep Babi Guling

Babi Guling Khas Bali

Waktu bikin babi guling ciri khas Bali, kamu penting menyediakan beberapa bahan sampai perabotan mengolah. Sementara buat beberapa bahannya, kamu bisa menyediakan bahan serta bumbu berikut ini:

Bahan serta Bumbu Lembut

Babi Guling Khas Bali

1 ekor babi muda
Kayu bakar/ serabut kelapa
Alat panggang babi (berbentuk besi/ kayu)
30 buah bawang merah
20 cabai besar buang bijinya sampai bersih
15 cabai rawit
15 biji bawang putih
15 butir kemiri
6 cm jahe
6 cm kunyit
5 batas lengkuas
2 batas kencur
2 sdt ketumbar
Terasi sesuai keinginan

Bumbu Pendamping

Babi Guling Khas Bali

  1. 6 helai daun salam, diremas
  2. 6 helai daun jeruk
  3. 3 tangkai sereh keprek batangnya
  4. Air, garam, gula, merica dan minyak goreng sesuai kebutuhan

Langkah Membikin Bumbu Lembutnya

Tambahkan seluruh bahan bumbu lembut barusan ke jus dan air seperlunya, lumatkan.
Sesudah itu, persiapkan penggorengan serta panasi minyak, oseng bumbu lembut barusan tambahkan pula daun salam, daun jeruk dan sereh yang sudah dimemarkan, seusai wangi, tambah air.
Oseng sampai air menyusut, bumbu wangi serta masak.
Angkat dan tepikan

Trik Membuat Babi Guling

  • Babi diikat kakinya hingga tidak dapat bergerak lantas dikeluarkan darahnya dari leher, pakai pisau yang lancip dan tidak boleh sangat besar bikin lubang, selesai darahnya habis anyar dibikin bersih kulitnya dengan memanfaatkan api atau bila babi mempunyai ukuran kecil dapat memakai air panas.
  • Mengeluarkan isi perutnya lewat cara membuat lubang di sisi perut dan membersihkan kotorannya. Sehabis bersih anyar tancapkan alat pemanggang babi dari mulut sampai menembus ke sisi belakang.
  • Berikan bumbu ke perut babi dan jahit kembali lubang perut. Tutup lubang darah yang ada dalam leher babi gunakan serabut kelapa.
  • Hidupkan kayu bakar serta babi siap untuk dipanggang.
  • Panggang babi secara rata waktu kira-kira 2 jam lewat cara di putar-putar (di guling). Nanti hingga warna babi beralih jadi kemerahan.
  • Sesudah merah rata serta dirasakan babi cukup masak angkat dan bersikan kembali gunakan lap bersih. Babi guling siap untuk disuguhkan.

Nach teman dekat beritamillenial, itu sekitar resep babi guling unik Bali yang dapat kamu coba di dalam rumah sama keluarga terkasih. Selamat mempraktekkan.

By Admin