Stres Menjelang Ujian? Ini 9 Cara Mengatasinya

BERITA MILLENIAL Stres Menjelang Ujian Kamu sering merasa khawatir dan stres menjelang ujian? Kalau iya bisa jadi kamu mengalami test anxiety. Meskipun cukup mengganggu kenyamanan diri, kamu gak perlu khawatir karena hal ini bisa diatasi dengan beberapa cara. Yuk cari tahu cara mengatasi stres menjelang ujian di bawah ini.

Sedikit gugup sebelum ujian adalah normal dan justru bisa bermanfaat untuk membantu mempertajam pikiran serta memfokuskan perhatian. Tetapi jika sebelum ujian kamu malah menjadi stres dan terlalu khawatir, hal ini justru bisa membawa dampak buruk untuk dirimu sendiri, yaitu membuat diri kurang fokus dan menurunkan kemungkinan kamu mendapatkan nilai yang baik saat ujian.  Oleh karena itu, kamu wajib mengatasi rasa stres menjelang ujian.
Stres Menjelang Ujian? Ini 9 Cara Mengatasinya

Penyebab stres menjelang ujian

Sebelum membahas lebih jauh tentang penyebab stres menjelang ujian, ada baiknya kamu mengetahui beberapa pemicu stres menjelang ujian di bawah ini:

1. Pernah mendapatkan nilai yang kurang baik saat ujian

Stres Menjelang Ujian Siswa yang mendapatkan nilai yang kurang baik saat ujian akan lebih cenderung merasa cemas atau stres menghadapi ujian di masa mendatang.

2. Kurangnya persiapan

Stres Menjelang Ujian Menunda-nunda atau tidak belajar untuk ujian dapat meningkatkan tingkat kecemasan dan stress selama ujian.

3. Takut gagal

Stres Menjelang Ujian Rasa takut gagal merupakan salah satu penyebab stres menjelang ujian yang paling sering dialami oleh siswa. Karena siswa menjadi tertekan dan merasa harus mendapatkan nilai yang sangat baik.

Cara mengatasi stres menjelang ujian

Stres Menjelang Ujian Pada dasarnya ada beberapa cara mengatasi stres menjelang ujian yang bisa dengan mudah kamu lakukan, yaitu:

1. Belajar dari jauh-jauh hari sebelumnya
Stres Menjelang Ujian? Ini 9 Cara Mengatasinya

Stres Menjelang Ujian Seperti yang telah disebutkan di atas salah satu penyebab stres menjelang ujian adalah karena kurangnya persiapan. Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini terjadi tidak ada salahnya jika kamu belajar beberapa bulan atau minggu sebelum hari H ujian, terlebih jika kamu akan menghadapi ujian akhir sekolah.

2. Atur waktu belajar

Stres Menjelang Ujian Hal lain yang perlu kamu lakukan agar terhindar dari rasa stres menjelang ujian adalah mengatur jadwal belajar Jangan lupa juga untuk mematuhi jadwal belajar yang sudah kamu buat. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang cara membuat mengatur waktu belajar baca artikel ini ya 8 Tips Mengatur Waktu Belajar.

3. Bicaralah dengan guru

Stres Menjelang Ujian Sebelum ujian, pastikan kamu memahami jenis-jenis tes dan tahu bagaimana mempersiapkannya. Selain itu, beri tahu guru bahwa kamu merasa cemas saat mengikuti ujian. Nantinya guru mungkin akan memberikan saran untuk membuatmu lebih siap menghadapi ujian sehingga terhindar dari rasa stres.

4. Pelajari teknik relaksasi

Stres Menjelang Ujian Untuk membantu kamu tetap tenang dan percaya diri sebelum dan selama tes, lakukan teknik relaksasi, seperti bernapas dalam-dalam, atau menutup mata dan membayangkan hasil yang positif. Karena hal ini terbukti bisa bermanfaat untuk mengatasi stres menjelang ujian.

5. Konsumsi makanan sehat dan cukupi kebutuhan cairan

Stres Menjelang Ujian Otak membutuhkan bahan bakar untuk berfungsi, yaitu makanan sehat dan cairan. Oleh karena itu, beberapa hari menjelang ujian dan ketika hari H ujian selalu konsumsi makanan sehat dan penuhi kebutuhan cairan tubuh. Idealnya setiap hari kamu mengonsumsi 2-2,5 liter air putih. Hindari minuman manis seperti soda yang dapat menyebabkan gula darah meningkat atau minuman berkafein seperti minuman energi atau kopi yang dapat meningkatkan kecemasan.

6. Olahraga secara teratur

Stres Menjelang Ujian Selain bermanfaat untuk membuat tubuh tetap sehat, olahraga secara secara teratur ternyata juga bermanfaat untuk mengurangi rasa stres dan cemas lho. Hal ini karena olahraga bermanfaat untuk mengurangi hormon stres tubuh, seperti adrenalin dan kortisol. Selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk merangsang produksi endorfin. Hormon endorfin merupakan bahan kimia di otak yang merupakan obat penghilang rasa sakit alami tubuh dan peningkat suasana hati.

7. Tidur yang cukup

Stres Menjelang Ujian Kamu sering begadang dan tidak mendapatkan tidur yang cukup? Kalau iya, mulai sekarang (khususnya menjelang ujian) hindari hal ini ya. Karena kurang tidur bisa menurunkan konsentrasi otak untuk berpikir dan justru membuat tubuh menjadi lebih mudah stres. Oleh karena itu, usahakan untuk tidur yang cukup 8-9 jam setiap malam.

8. Batasi sikap perfeksionis

Stres Menjelang Ujian Sikap yang perfeksionis dan ingin selalu mengerjakan semua hal dengan baik memang sangat baik untuk dilakukan. Namun, jika dilakukan secara berlebihan hal ini justru bisa membawa dampak buruk untuk tubuhmu, seperti membuat lebih mudah stres dan lelah. Untuk itu yuk kurangi sikap perfeksionis dan maafkan diri sendiri jika sesekali melakukan kesalahan. Karena bagaimanapun tidak ada satu orang pun yang tidak melakukan kesalahan dan kadang kesalahan itu  justru bisa membuat diri menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Ketika kamu sedang latihan mengerjakan soal menjelang ujian dan ternyata masih mendapat nilai yang kurang baik, jangan cemas. Karena hal paling penting yang perlu kamu lakukan adalah terus belajar dengan sebaik mungkin.

9. Cerita dengan orang terdekat
Stres Menjelang Ujian? Ini 9 Cara Mengatasinya

Stres Menjelang Ujian Tidak semua masalah harus kamu tanggung sendiri kok. Ada kalanya kamu harus berbagi sedikit keluh kesah yang kamu rasakan kepada orang terdekat yang kamu percaya. Misalnya keluarga, sahabat, atau teman. Coba ceritakan semua hal yang membuat kamu stres saat menjelang ujian ke orang terdekat. Kadang saat bercerita, kamu memang tidak selalu mendapatkan solusi. Tapi setidaknya beban dan stres yang sedang kamu rasakan bisa sangat berkurang. Saat stres seseorang juga biasanya hanya perlu didengar tanpa di nasihati atau diberikan solusi.

Stres Menjelang Ujian Cemas dan tegang menjelang ujian memang hal yang normal dan cukup sering dialami oleh siswa. Namun, jangan biarkan hal ini terjadi secara terus menerus ya. Karena hal ini justru bisa menurunkan performa kamu dalam mengerjakan soal ujian. Oleh karena itu, jangan lupa untuk melakukan beberapa cara mengatasi stress menjelang ujian seperti di atas ya.

By Admin