5 Tips Lancar Public Speaking untuk Para Pemula

BERITA MILLENIAL Tips Lancar Public Speaking Kemampuan public speaking merupakan salah satu kemampuan penting yang akan berguna bagi siapapun di industri mana pun. Karyawan hingga manager akan bisa diuntungkan dengan kemampuan public speaking yang baik. Kunci dari kesuksesan public speaking sendiri bukan hanya perkara berani tampil di depan umum, tetapi juga bagaimana kamu bisa menyampaikan ide dan pemikiranmu secara verbal maupun non verbal. Kabar gembira untuk kamu yang belum menguasai teknik public speakingskill ini nyatanya bisa dilatih dan dipelajari. Yuk, coba kenali beberapa tips dan cara public speaking dari Douglas Vermeeren, penulis buku dan pembicara di berbagai seminar finansial ini! Namun sebelum itu, isi polling di bawah ini dulu, yuk!
5 Tips Lancar Public Speaking untuk Para Pemula

1. Jangan Langsung Berbicara Saat Baru Tampil ke Depan

Tips Lancar Public Speaking Namamu disebut dan Tips Lancar Public Speaking kamu mulai melangkahkan kaki ke hadapan para audience. Pada detik-detik inilah bisanya kegugupanmu mulai memuncak, bahkan hingga gemetar atau berkeringat. Jangan langsung berbicara untuk menutupi kegugupanmu ketika berjalan ke depan penonton. Melainkan, coba jalan perlahan dan diam sejenak untuk tarik nafas dan berdiam sejenak di depan sebelum kamu mulai berbicara. Mungkin kamu akan membayangkan suasana hening yang awkward atau proses yang lama. Tapi justru ketika kamu bisa mengontrol diri dan menyapa penonton dengan tegas, kamu malah menunjukkan kesan bahwa kamu percaya diri dan menguasai situasi!

2. Jaga Kontak Mata dengan Audience

Tips Lancar Public Speaking Kontak mata merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan saat melakukan public speaking. Jika belum terbiasa dan gugup untuk memandang audience tepat di mata, coba alihkan pandanganmu ke bagian batang hidung atau dahi. Lalu, usahakan agar pandanganmu tidak terus-terusan beralih dari satu sisi ke sisi lain. Namun coba untuk menahan pandangan lebih lama. Cara ini juga efektif lho untuk menghilangkan rasa gugup dan membuatmu lebih fokus saat melakukan public speaking Tips Lancar Public Speaking

3. Bicara Perlahan

Tips Lancar Public Speaking Mudah bagi siapa pun yang merasa gugup untuk berbicara terlalu cepat dan malah melewati poin-poin penting yang ingin disampaikan. Akhirnya, informasi yang disampaikan malah tidak jelas dan sulit dipahami oleh audience. Coba latih dirimu untuk berbicara perlahan dengan artikulasi yang jelas. Berhenti sejenak untuk tarik nafas jika terlalu gugup, dan lanjutkan kembali presentasimu Tips Lancar Public Speaking.

4. Fokus untuk Memberi, Bukan Meminta

5 Tips Lancar Public Speaking untuk Para Pemula

Tips Lancar Public Speaking Menurut Douglas, pembicara yang melakukan presentasi semata-mata hanya untuk terkenal atau memaksa audience setuju dengan ide-idenya justru membuat penonton tidak memperhatikan mereka. Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa melakukan public speaking dengan percaya diri dan dipercaya oleh penonton? Ternyata alasannya sederhana: kamu harus bisa memberikan nilai baru dan inspirasi, bukan hanya berbicara demi mendapatkan ketenaran atau pengikut. Dalam hal ini, pengusaha dan pembicara Gary Vaynerchuk juga memiliki pendapat yang sama. Pemilik akun Instagram @garyvee ini menyatakan bahwa tujuan dari public speaking sebenarnya adalah untuk menyampaikan informasi melalui suaramu. Karena itu, kamu bisa menunjukkan perasaan dan emosi saat melakukan public speaking untuk membuatmu lebih terlihat meyakinkan. Kamu juga diperbolehkan untuk menunjukkan rasa gembira dan bangga atas ide yang ingin disampaikan Tips Lancar Public Speaking.

5. Cuek dengan Para Haters
5 Tips Lancar Public Speaking untuk Para Pemula

Tips Lancar Public Speaking Satu hal pasti yang perlu kamu ketahui adalah kamu tidak bisa mengubah pendapat dan pandangan semua orang mengenai dirimu atau ide-idemu. Pasti akan selalu ada orang yang tidak setuju dan tidak suka dengan apa yang kamu sampaikan. Nah, jangan sampai kamu terlalu fokus mengurusi orang-orang yang tidak sependapat denganmu ya! Tak perlu menghiraukan kritik yang tidak membangun, dan fokuslah pada mereka yang mendukungmu agar kamu bisa lebih percaya diri dan tenang saat melakukan public speaking. Beberapa tips di atas merupakan cara public speaking untuk kamu yang belum terbiasa tampil di depan umum. Agar bisa menguasai skill berbicara di depan umum lebih baik, kamu juga bisa cek kelas public speaking yang tersedia di Glints ExpertClass. Jika kamu mencari pekerjaan baru yang memungkinkanmu untuk bertemu dengan banyak orang dan bisa melakukan public speaking, segera sign up di Glints sekarang, karena ada banyak lowongan menarik yang bisa kamu lamar Tips Lancar Public Speaking

By Admin