11 Cara Merawat Motor Matic Biar Awet Layaknya Motor Baru

BERITA MILLENIAL Cara Merawat Motor Matic Biar Awet Motor matic adalah salah satu jenis motor yang paling banyak digunakan di Indonesia. Oleh karenanya, wajib kita ketahui cara merawat motor matic dengan baik dan benar. Ini bertujuan agar motor matic Anda bisa awet dipakai untuk menunjang mobilitas sehari-hari dan meningkatkan nilai jual motor, khususnya jika Anda ingin mengajukan pinjaman jaminan BPKB motor. Nah, apa kiranya cara yang tepat untuk merawat motor jenis ini? Simak tips selengkapnya di ulasan berikut yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.
11 Cara Merawat Motor Matic Biar Awet Layaknya Motor Baru

11 Cara Merawat Motor Matic dengan Tepat

Cara Merawat Motor Matic Biar Awet Indonesia adalah salah satu negara dengan populasi pengguna sepeda motor terbanyak. Dikutip dari website resmi Korlantas Polri, per 18 Desember 2022, pengguna motor di Indonesia sudah mencapai 152 juta dengan Jawa Timur sebagai provinsi dengan populasi motor terbanyak.

Adanya data tersebut menunjukan bahwa motor adalah transportasi yang paling digemari oleh masyarakat dan sering digunakan untuk membantu kegiatan sehari-hari. Maka dari itu, sudah seyogyanya kita tahu cara merawat motor matic. Begini tipsnya!

1. Jangan Lupa Untuk Panaskan Motor Sehari Sekali

Cara Merawat Motor Matic Biar Awet Keawetan sebuah motor matic terletak dari cara kita memperlakukannya. Salah satu diantaranya yakni dengan rutin memanaskan motor setiap hari.

Cara merawat motor matic ini dilakukan guna mempertahankan performa mesin tetap prima. Sebab, motor yang dipanaskan akan membuat oli motor melumasi bagian dalam dengan sempurna, sehingga mesin yang ada di dalamnya bisa terhindar dari kerusakan.

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa menerapkan cara ini di pagi hari. Baik itu pada saat ingin bepergian maupun saat Anda tidak ingin kemana-mana. Cukup dengan memanaskannya sekitar 5 – 10 menit saja.

2. Ganti Oli Secara Terjadwal

Cara Merawat Motor Matic Biar Awet Oli motor adalah pelumas mesin yang berfungsi untuk menghindari terjadinya gesekan antar suku cadang, misalnya antara piston dan dinding silinder. Oli juga membantu mencegah adanya oksidasi pada komponen mesin yang dapat menyebabkan karat.

Oleh karenanya, demi menjaga mesin motor Anda tetap bekerja dengan optimal, pastikan Anda mengganti oli secara terjadwal. Secara umum, oli motor bisa diganti saat jarak tempuh sudah mencapai 2.000 km atau dua bulan sekali. Pilihlah oli yang sesuai dengan motor Anda dan hindari untuk bergonta-ganti merk oli.

3. Cek Aki dan Busi Secara Rutin

Cara Merawat Motor Matic Biar Awet Seperti halnya oli, aki dan busi adalah komponen penting yang terdapat pada motor. Jika keduanya tidak terawat dengan baik atau tidak dicek secara rutin, motor yang Anda gunakan bisa tiba-tiba mogok di tengah jalan. Hal tersebut tentunya akan merugikan Anda, terlebih jika Anda harus berkendara jauh dengan lokasi bengkel motor yang sulit dijangkau.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk merawat aki motor sebagai salah satu cara merawat motor matic:

  • Pastikan aki motor Anda selalu terisi penuh.
  • Hindari panas dan lembab, hal ini dimaksudkan agar kinerja aki tidak menurun.
  • Membersihkan terminal aki dari kotoran yang menempel secara berkala.
  • Gunakan aki motor sebagaimana mestinya, jangan pernah mengutak-atik aki untuk keperluan lain yang bisa mengakibatkan keausan lebih cepat.

4. Cek Kondisi Vant Belt dan Roller Motor
11 Cara Merawat Motor Matic Biar Awet Layaknya Motor Baru

Cara Merawat Motor Matic Biar Awet Van Belt atau biasa disingkat sebagai v-belt dan roller adalah bagian yang ada pada motor matic dan memiliki fungsi serupa dengan rantai, yakni sebagai pengantar daya pada mesin Anda.

Kedua benda ini rentan akan terkena kotoran, sehingga harus dilakukan pembersihan sekaligus pengecekan secara rutin.

Jangan sampai, saat Anda berkendara motor Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan menyulitkan Anda untuk mencapai tujuan. Anda bisa melakukan pengecekan secara rutin di bengkel langganan Anda bersamaan dengan servis rutin atau tune up.

5. Cek Bagian Shockbreaker

Cara Merawat Motor Matic Biar Awet Kunci motor matic yang awet dan berumur panjang salah satunya terletak pada bagian shockbreaker.

Shockbreaker atau peredam hentakan merupakan komponen motor yang berfungsi untuk menjaga mesin dan pengendaranya tetap stabil dari adanya guncangan saat melawati jalan berlubang, jalan bergelombang, atau permukaan jalan lainnya yang tidak terlalu rata.

Agar shockbreaker Anda berfungsi secara optimal, pastikan untuk mengganti olinya saat jarak tempuh telah mencapai 10.000 KM.

6. Gunakan Bahan Bakar yang Tepat (Sesuai Kompresi)

Cara Merawat Motor Matic Biar Awet Cara merawat motor matic yang ke-enam yakni terkait dengan penggunaan bahan bakar sesuai kompresi. Motor matic biasanya menggunakan BBM jenis pertalite atau pertamax. Hindari penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai yang biasa dijual di jalanan. Pasalnya, penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai akan menyebabkan kerusakan pada mesin Anda. Tentunya kita tidak ingin sepeda motor kesayangan kita rusak karena kelalaian yang disengaja, bukan?

7. Hindari Kehabisan Bensin Saat Berkendara

Cara Merawat Motor Matic Biar Awet Kehabisan bensin saat sedang berkendara tentu bukanlah perkara yang menyenangkan. Selain dapat mengganggu perjalanan Anda, tangki bensin yang benar-benar kosong dapat merusak mesin lebih cepat, khususnya jika motor matic Anda berjenis injeksi.

Agar mesin motor Anda tetap awet, pastikan untuk segera mengisi bensin saat indikator sudah berada pada E. Akan lebih baik juga jika Anda mengisinya full tank atau penuh untuk menghindari habisnya bahan bakar saat berkendara jauh.

8. Periksa Tekanan Udara Ban Secara Rutin

Cara Merawat Motor Matic Biar Awet Tekanan udara pada ban harus rutin diperiksa agar perjalanan Anda terasa aman dan nyaman. Agar tekanan yang ada lebih stabil, Anda bisa mengisinya dengan nitrogen yang tersedia di SPBU ataupun bengkel motor tertentu. Harganya mungkin lebih mahal ketimbang isi angin biasa, namun tekanan ban yang ada bisa dipastikan lebih awet dan berkualitas.

Untuk jumlah tekanan ban depan dan belakang yang diperlukan sepeda motor umumnya berada di angka 30-35 psi (pound per square inch). Namun, angka tersebut bisa sangat bervariasi, tergantung dari tekanan yang dianjurkan oleh pabrik yang tertulis pada buku panduan.

9. Kendarai Motor dengan Kecepatan Stabil

Cara Merawat Motor Matic Biar Awet Cara merawat motor matic berikutnya yaitu menjaga kestabilan kecepatan saat berkendara. Hindari menaikan ataupun menurunkan gas secara tiba-tiba yang bisa berakibat pada rusaknya mesin dan vant belt Anda.

10. Rutin Mencuci Motor Anda 

Cara Merawat Motor Matic Biar Awet Tidak hanya dapat menjaga penampilan motor Anda layaknya motor baru, rutin mencuci motor juga memiliki sederet keuntungan yang termasuk sebagian dari penerapan cara merawat motor matic.

  • Menghindari kerusakan pada mesin

Motor yang jarang dicuci dapat meningkatkan kerusakan pada mesin lebih besar akibat debu dan kotoran yang menumpuk.

  • Menjaga motor tetap bersih dan indah

Motor yang rajin dicuci akan senantiasa terlihat indah seperti baru dibeli, menjadikannya lebih sedap untuk dipandang oleh mata.

  • Visibilitas kendaraan

Cara Merawat Motor Matic Biar Awet Terkesan sepele, namun visibilitas kendaran sangatlah krusial terutama saat Anda berkendara. Pasalnya, kendaraan yang kotor tertutup debu dan kotoran akan sulit dikenali dan membuat perjalanan Anda kurang aman.

  • Menghindari karat pada komponen motor

Rutin mencuci motor dapat menghemat pengeluaran Anda dengan menghindari timbulnya karat pada komponen motor akibat kotoran yang menempel. Selain hemat, ini juga bisa memperpanjang usia kendaraan Anda.

  • Menjaga nilai jual motor Anda

Selain berfungsi sebagai kendaraan, motor juga bisa dijadikan investasi untuk dijual kembali ataupun sebagai syarat pinjaman BPKB motor. Maka dari itu, untuk menjaga nilai jualnya tetap stabil, Anda harus merawatnya dengan baik. Salah satunya yakni dengan mencuci motor Anda dengan rutin.

11. Lakukan Servis Berkala / Tune Up
11 Cara Merawat Motor Matic Biar Awet Layaknya Motor Baru

Cara Merawat Motor Matic Biar Awet Selain ke-sepuluh tips tersebut, Anda juga tidak boleh melewatkan cara merawat motor matic yang berikut ini, yakni dengan melakukan servis motor berkala atau tune up.

Tune up dilakukan setiap 1 sampai 2 bulan sekali atau pada saat jarak tempuh motor sudah mencapai 2.000 KM. Tujuan dari servis motor ini adalah untuk memastikan kondisi motor selalu prima.

Untuk biaya servis motor sendiri cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 75 ribuan dan sudah mencakup pengecekan bagian-bagian motor di bawah ini:

  • Kondisi tegangan rantai
  • Tekanan ban
  • Kondisi lampu motor (lampu jauh, depan dan belakang)
  • Pengecekan flasher sein/lampu sen
  • Pengecekan fungsi klakson
  • Kondisi alat ECU dan area CVT
  • Kondisi saringan udara (biasanya ikut dibersihkan juga)

Cara Merawat Motor Matic Biar Awet Sobat BFI, demikian informasi mengenai 11 Cara Merawat Motor Matic Biar Awet Layaknya Motor Baru. Pastikan Anda menerapkan kesebelas cara tersebut agar masa umur motor Anda bisa bertahan lebih lama. Tidak boleh ketinggalan juga untuk selalu menunaikan kewajiban membayar pajak motor agar terhindar dari tilang dan hal tidak menyenangkan lainnya.

By Admin