Plat Nomor

Polisi Stop Sementara Penerbitan Plat Nomor Dewa RF

Jakarta  Plat Nomor Direktorat Lalu Lalui (Ditlantas) Polda Metro Jaya menghentikan sementara penerbitan plat nomor yang kerap dimaksud plat dewa, RF. Cara ini diambil untuk membereskan pemanfaatan plat RF, lantaran banyak disalahpergunakan serta malah pelanggarnya memperlihatkan sikap angkuhsi.

“Bulan November (2022) tempo hari telah kita stop,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Plat Nomor

“Bulan November tempo hari (2022) telah kita stop, buat penertiban kembali, me-review kembali. Kita pengin mencatat kembali,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, dilansir dari Tempo.co ini hari, Rabu, 25 Januari 2023.

Latif tidak bisa menegaskan kapan plat RF itu akan diedarkan kembali. Tetapi ia mengatakan jika tak ada kelebihan di jalan buat pemakai plat nomor teristimewa itu.

“Kendaraan pribadi RF,

Plat Nomor

nomor rahasia, nomor khusus, ini bahwasanya tidak ada perbuatan privilage pada pelanggaran jalan raya,” tegas ia.

Dalam pada itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran akui sempat mengawasi beberapa pengendara plat RF lewat camera tilang electronic. Dia mengatakan banyak pada mereka lakukan pelanggaran jalan raya.

Fadil berkata ke runtunannya buat tindak tegas sopir mobil plat RF tanpa pandang bulu-bulu. “RF itu cuman plat nomor. Tetapi kalaupun melaksanakan pelanggaran di jalan, haruslah tetap kita tindak . Sehingga tak boleh kuatir menangani plat RF,” kata Fadil, dilansir dari situs NTMC Polri.

Hal sama dikatakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Ia janji akan menertibakan pemanfaatan plat nomor mobil dinas, seperti plat RF, buat membenahi citra kepolisian RI.

“Kami bakal melaksanakan perubahan dan mengulas ulangi kepada plat RF ini. Memang plat ini diserahkan kepada orang tersendiri, sebagaimana untuk kepolisian, dinas, atau VVIP,” kata Listyo.

Plat Nomor

Plat RF sendiri dijadikan mobil kedinasan polisi, kementerian, atau instansi sesuai sama Ketentuan Kapolri Nomor 3 Tahun 2012 perihal Penerbitan Referensi STNK serta TNKB Plat Nomor Privat serta Rahasia Untuk Kendaraan Bermotor Dinas.

By Admin