Buah Naga

12 Fungsi Buah Naga Merah untuk Kesehatan

Dibalik rasanya yang manis dan sedap, terdapat beberapa faedah  merah untuk kesehatan, termasuk menghambat penyakit kanker. Lantaran kandungan anti-oksidan, serat, vitamin, serta mineral didalamnya, buah yang kulitnya mirip sisik ini miliki banyak faedah lainnya. merah banyak disenangi lantaran punya rasa manis, kandungan air yang lebih tinggi, dan struktur yang halus. Ciri-khas berikut yang membikin merah kerapkali diproses menjadi bervariasi makanan penutup, seperti smoothies, juice, atau es buah.

Selainnya menganakemaskan lidah, terdapat banyak kegunaan merah untuk kesehatan. Buah ini bagus untuk menangani sembelit, sampai dikenali dapat menghindari penyakit jantung serta kanker.

Kandungan Gizi Buah Naga Merah

Dalam 1 biji naga merah secara berat sekitaran 300 gr, terdapat 213 kalori dan beraneka gizi berikut:

10 gr serat
5 gr protein
39 miligram kalsium
42 miligram fosfor
1,2 miligram zat besi
384 miligram kalium
3 miligram vitamin C

 memiliki kandungan mineral serta vitamin penting, dan senyawa alami yang lain yang bertindak selaku anti-oksidan, seperti likopen, betalain, karoten, serta polifenol.

Atas kandungan gizinya yang banyak, terdapat beberapa faedah  merah untuk kesehatan badan. Berikut ialah beberapa faedah yang dapat Anda capai dengan memakai  merah:

1. Menghambat dan menyelesaikan sembelit

 tinggi bakal serat dan prebiotik yang bagus buat kesehatan aliran pencernaan. Gizi-nutrisi ini ditemui bisa membuat lancar bab, hingga menahan serta menanggulangi sembelit.

2. Menahan anemia

Konsumsi  merah dengan teratur dikenali dapat jadi satu diantara metode menghalang anemia. Faedah ini dicapai dari kandungan pada vitamin C pada  merah yang bisa memaksimalkan peresapan zat besi. Zat besi sendiri adalah type mineral yang terpenting saat proses produksi sel darah merah.

Tetapi, untuk memaksimalkan usaha pengawalan anemia, Anda pun dianjurkan buat penuhi keperluan zat besi harian dengan memakai makanan yang kaya zat besi. Contoh-contoh makanan kaya zat besi yaitu daging merah, kacang merah, atau kacang almond.

3. Menghambat penuaan awal

Tingginya kandungan anti-oksidan serta vitamin C dalam bisa kurangi bintik hitam dan garis lembut yang kerap ditautkan penuaan awal. Anti-oksidan serta vitamin C akan membetulkan sel badan yang hancur, tergolong sel-sel kulit, maka dari itu membuat Anda kelihatan tahan lama muda.

4. Jaga bobot badan baik

Gak cuman kaya serat yang membuat Anda terasa kenyang semakin lama,  pun termasuk buah yang lebih rendah kalori. Ini membuat  merah pas untuk jadikan snack sehat manfaat menolong mengawasi bobot tubuh baik.

5. Memeriksa gula darah

Fungsi  dalam mengatur kandungan gula darah ini dapat dicapai dari kandungan serat serta anti-oksidan didalamnya. merah juga dipercayai bisa membenahi beberapa sel pankreas yang rusak, hingga berlangsung penambahan takaran hormon insulin. Akan tetapi, buat menegaskan ukuran serta ada kemungkinan efek konsumsi  merah buat mengatur gula darah, masih dibutuhkan pengamatan selanjutnya. Tidak hanya itu, Anda diminta buat memakai  sesuai kebutuhan lantaran buah ini miliki index glikemik yang lumayan tinggi.

6. Turunkan cholesterol

Kandungan anti-oksidan dalam daging merah dan kandungan omega-3 serta omega-9 dalam biji-biji kecil  berguna buat turunkan takaran cholesterol.

Diluar itu,  yang tidak punya kandungan cholesterol serta kaya serat ini berguna untuk melindungi persentase cholesterol masih normal.

Meskipun begitu, Anda semestinya masih tetap konsumsi merah dalam batasan lumrah. Soal ini sebab riset seterusnya buat pastikan jumlah serta keamanan buat turunkan cholesterol masih diperlukan.

7. Turunkan dampak penyakit jantung

Kecuali turunkan cholesterol, kandungan asam lemak omega-3 dan omega-9 dalam biji pula bisa kurangi resiko berlangsungnya penyakit jantung. Kandungan kalium, likopen, serta karoten dalam  bertindak dalam turunkan resiko berlangsungnya penyakit stroke serta jantung.

Ini disokong sebuah kajian yang memperlihatkan jika mengkonsumsi  berfaedah untuk turunkan kemungkinan timbunan karies di pembuluh darah. Pembuluh darah yang mampet bisa menaikkan dampak berlangsungnya penyakit serangan jantung, stroke, serta kematian.

Tapi satu kali lagi, baiknya Anda masih mengkonsumsi  sepatutnya dan sertai mengimplementasikan gaya hidup sehat buat menghambat berlangsungnya penyakit jantung.

8. Menahan katarak

Kegunaan  sesudah itu turunkan efek berlangsungnya katarak. Fungsi ini diraih dari kandungan pada vitamin C yang lebih tinggi. Vitamin C dikenali bisa menolong hentikan oksidasi lensa mata, ialah satu diantara yang menimbulkan mata katarak.

9. Menahan stres

Selainnya kaya anti-oksidan serta serat, merah kaya magnesium. Mineral ini bertindak dalam mengontrol situasi hati. Takaran magnesium yang lebih rendah kerap kali ditautkan efek berlangsungnya stres. Untuk menghambat stres, Anda bisa menuai faedah buat naga merah yang kaya magnesium. Selainnya menghambat stres, konsumsi cukup magnesium pun bisa turunkan tanda-tanda kekhawatiran.

10. Menahan preeklamsia

Preeklamsia yaitu kompleksitas kehamilan yang disinyalir tekanan darah tinggi atau persentase protein tinggi dalam urine. Untuk turunkan resiko berlangsungnya preeklamsia, ibu hamil diminta untuk cukupi konsumsi vitamin B2. Satu diantaranya buah yang ada kandungan vitamin B2 atau riboflavin ialah buah naga merah.

11. Menghambat penyakit kanker

Buah naga merah memiliki kandungan vitamin C serta likopen yang dapat dibuktikan bisa kurangi jumlah sel kanker dalam badan. Terkecuali itu, senyawa anti-oksidan lain, seperti flavonoid, asam fenolik, serta betalain, dalam buah ini pula bisa menghalang penyakit kanker secara membuat perlindungan sel dari kerusakan gara-gara radikal bebas.

12. Mengawasi ketahanan badan

Buah naga merah kaya vitamin C dan senyawa anti-oksidan yang bisa memperkokoh struktur kekuatan tubuh dan menentang kuman yang menimbulkan infeksi. Fungsi buah naga merah ini bisa menjauhkan Anda dari flu, pilek, ataupun penyakit infeksi yang lain.

Buah naga merah betul-betul memiliki fungsi untuk kesehatan. Supaya fungsinya lebih maksimal, konsumsi buah naga merah baiknya dibarengi gaya hidup sehat, seperti memakai makanan yang bergizi yang lain, mengerjakan olahraga dengan teratur, beristirahat yang cukup, dan mengatur depresi secara baik.

Kegunaan buah naga merah dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsinya langsung atau dibuat jadi bermacam suguhan yang nikmat, seperti salad buah, juice, smoothies, serta es cream.

Harus diingat, konsumsi buah naga merah bisa mengakibatkan urine atau tinja berbeda warna jadi merah. Tetapi, tak boleh waswas karena perihal itu normal berlangsung serta tidak berbahaya untuk kesehatan.

Walau termasuk jarang-jarang, konsumsi buah naga merah bisa menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Tanda-tanda reaksi alergi buah naga merah dapat berbentuk lidah lebam, gatal-gatal, atau muntah.

Apabila Anda ingin masukkan buah naga merah sebagai makanan diet, seharusnya tanyakan ke dokter lebih dahulu. Selanjutnya, dokter bakal berikan anjuran yang tepat biar Anda masih bisa ambil faedah buah naga merah ini.

 

BACA JUGA YAH :  5 Manfaat Garam Dapur selain untuk Memasak, Kamu Wajib Tahu!

By Admin