Jeruk Nipis

Tulis Baik-Baik, Ini 8 Fungsi Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Jeruk nipis umumnya dijadikan tambahan sekalian menambah cita-rasa di beberapa makanan, seperti soto serta mi kocok. Wewangian serta rasanya asam tetapi fresh. Ternyata jeruk ini simpan banyak fungsi bagus untuk badan, apa sajakah?

Kandungan nutrisi dari jeruk nipis

Jeruk yang miliki nama latin Citrus aurantifolia ini nyatanya punyai banyak istilah. Beberapa salah satunya kelangsa, jeruk pecel, jeruk alit, atau lemau nepi. Sayang, beberapa orang masih menyebutkan  dengan jeruk limau atau lemon. Walau sebenarnya,  punya warna hijau serta miliki bentuk lebih bundar dibanding lemon yang sedikit oval serta mempunyai warna kuning.

Saat sebelum membicarakan faedah jeruk ini, Anda harus ketahui terlebih dulu kandungan gizinya. Menurut Data Konstruksi Pangan Indonesia dalam 100 g jeruk pecel mempunyai kandungan pelbagai type zat nutrisi sebagaimana berikut.

Energi: 44 kalori.
Protein: 0,5 g (gr).
Lemak: 0,2 g.
Karbohidrat: 10,0 g
Serat: 0,4 g.
Abu: 0,4 g.
Kalsium: 18 mg (miligram).
Fosfor: 22 mg.
Besi: 0.2 mg.
Natrium: 3 mg.
Kalium: 108.9 mg.
Tembaga: 0.06 mg.
Seng: 0.1 mg.
Beta-Karoten: 23 mikrogram (mcg).
Karoten Keseluruhan: 4 mcg
Thiamin: 0.01 mcg.
Riboflavin: 0.03 mcg.
Niasin: 0.2 mcg.
Vitamin C: 20 mcg.

Beragam kegunaan jeruk nipis untuk badan

Berikut sejumlah fungsi dari jeruk pecel buat kesehatan.

1. Meremajakan kulit

Kegunaan minum air jeruk nipis bisa menolong menghidrasi dan meremajakan kulit Anda. Karena limau nepi punya kandungan vitamin C dan flavonoid, anti-oksidan yang bisa memperkokoh collagen. Baiknya, hindarkan memoleskan air perasan jeruk pecel langsung dalam kulit Anda. Anda bisa menambahkannya dengan minyak pelarut lebih dahulu.

2. Memperlancarkan pencernaan

Air jeruk nipis memiliki sifat asam dan bisa menolong air liur (saliva) memecahkan makanan. Disamping itu, kandungan flavonoid pada air dapat menggairahkan produksi beberapa enzim pencernaan. Bila alami sembelit, karakter asam dari jeruk ini dapat menstimulasi gerakan usus. Tersisa makanan di perut lebih ringan tergerak ke bawah maka feses keluar lebih lancar.

3. Menaikkan mekanisme kekuatan tubuh

Kandungan pada vitamin C serta anti-oksidan dalam jeruk pecel bisa menguatkan mekanisme imun badan. Fungsi vitamin C dalam jeruk nipis tingkatkan produksi sel sehat untuk membunuh mikroba yang menimbulkan penyakit. Hal demikian bisa menyingkat lamanya waktu Anda saat terkena mikroba. Oleh karena itu, minumlah air perasan jeruk ini supaya Anda tidak mudah sakit.

4. Menolong turunkan bobot tubuh

Asam sitrat dalam bisa mempertingkat metabolisme. Perihal ini menolong badan membakar kalori dan menaruh semakin sedikit lemak. Disamping itu, vitamin C dari  punyai faedah menolong pembakaran lemak dalam badan. Tetapi, harus dikenang, Anda tak kemungkinan cuma memercayakan cara berikut untuk turunkan bobot tubuh. Buat turunkan berat tubuh, Anda perlu tetap mengimplementasikan skema makan sehat dan teratur olahraga.

5. Kurangi dampak penyakit jantung

Jeruk nipis adalah sumber magnesium serta kalium yang berperan memperhatikan kesehatan jantung. Kalium bisa turunkan tekanan darah secara alamiah serta memperlancarkan aliran darah. Soal ini menolong kurangi dampak gempuran stroke serta jantung. Tidak hanya itu, riset yang lagi terjadi menyidik jika ada senyawa dalam jeruk pecel yang namanya limonin. Senyawa itu barangkali bisa menolong turunkan kandungan cholesterol pada darah.

6. Turunkan efek kanker

Kanker terjadi saat ada perkembangan sel abnormal yang bisa mengalami perkembangan di bagian badan mana saja, seperti payudara, paru-paru, dan ginjal. Apabila didiamkan, sel kanker dapat menebar ke jaringan yang lain dan mencelakakan jiwa. Fungsi minum air jeruk nipis bisa turunkan kemungkinan terserang kanker. Ini lantaran kandungan anti-oksidan yang menolong mengontrol kegunaan sel serta menaikkan pertahanan beberapa sel badan dari radikal bebas.

7. Kurangi infeksi

Penyakit infeksi seperti radang persendian (artritis) bisa dikurangkan tanda-tandanya dengan memakai air jeruk nipis. Kandungan pada vitamin C di jeruk ini dapat meredam tanda-tanda infeksi dari beberapa penyakit. Air jeruk ini bisa kurangi takaran asam urat, adalah tersisa perpecahan makanan tinggi purin seperti daging, hati, jamur, dan kacang-kacangan.

Penting Anda pahami

Sebuah studi di Frontiers in immunology (2021) mendapatkan bagian bioaktif air jeruk bisa menyuport tanggapan struktur kebal dalam mengatur pembengkakan.

8. Menghambat dehidrasi

Paduan air dan perasan sari buah ini miliki kegunaan untuk menghambat dehidrasi. Rasa air jeruk ini tambah fresh ketimbang minum air putih biasa yang cemplang. Anda juga dapat minum makin banyak. Tapi, kebanyakan minuman sari jeruk Anda pesan di restaurant atau rumah makan memiliki kandungan tambahan gula. Lebih bagus Anda membuat sendiri maka dari itu ukuran gula bisa dikurangkan atau ditukar madu.

Teknik produksi jeruk nipis

Beberapa orang memakai jeruk pecel lewat cara diperas. Akan tetapi, ada pula yang memasukkan potongan buahnya langsung ke makanan. Di saat Anda memasukkan jeruk ini di minuman, semestinya bersihkan buah sampai bersih. Sehabis bersihkan buahnya secara betul, lihat juga langkah memangkasnya. Bagilah buah jeruk ini jadi dua sisi, berbalik dengan arah puncak buah, buat mendapat sari buah makin banyak.

Resiko biasanya minum air jeruk nipis

Walau memiliki faedah, konsumsi jeruk ini dengan kelewatan beresiko jelek untuk kesehatan.

1. Memacu asam lambung naik

Jeruk alit ini punya kandungan asam sitrat makin banyak dibandingkan buah jeruk yang lain rasanya manis. Di kejadian gampang, beberapa mengkonsumsi makanan asam, seperti minum air jeruk nipis dapat sebabkan perut mulas. Tapi, ke orang yang punyai pencernaan yang peka, asam jeruk nipis dapat mengakibatkan asam lambung naik.

2. Menimbulkan gigi rusak

Tidak sekedar makanan manis, minuman yang asam juga berpengaruh di kesehatan gigi. Minnesota Dental Association memberikan laporan kalau enamel (susunan perlindungan paling luar) gigi dapat tipis gara-gara minuman atau makanan yang miliki pH 4. Enamel yang melapis dan semestinya buat perlindungan gigi, jika kian tipis pasti akan membikin gigi menjadi simpel ringkih. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin serta anti-oksidan yang berfaedah untuk skema ketahanan tubuh sampai menanggulangi infeksi. Buat memperoleh gunanya, Anda dapat minum air perasan jeruk yang beri kesegaran.

 

BACA JUGA YAH : 12 Fungsi Buah Naga Merah untuk Kesehatan

By Admin