Bola Piala Dunia 2022

22 Bola yang Difungsikan di Piala Dunia, Ada Hasil Indonesia!

Piala Dunia jadi satu diantara pertandingan sepak bola internasional yang terus ditunggu-tunggu. Satu diantara hal yang persis dengan acara pesta olahraga ini yaitu bola yang dipakai di hajat sepak bola sangat berkelas ini.

Sejak mulai pertamanya kali diselenggarakan di Uruguay tahun 1930, Piala Dunia ada dengan bervariasi macam bola sah yang beda buat dipakai di tiap kompetisi. Antiknya, tiap-tiap tempat bola sepak yang diselenggarakan 4 tahun sekali ini punya edisi khusus yang didesain bertambah unggul tiap-tiap tahunnya.

Untuk memperjelas, yok baca 22 daftar bola Piala Dunia dari waktu ke waktu ini sampai habis.

 

1. Bola Piala Dunia 1930 – Tiento serta T-Model

 Bola Piala Dunia 1930
Pertamanya kali diselenggarakan di Uruguay di 1930, Piala Dunia mulanya tak punya bola sah yang dipakai. Akan tetapi, sebelumnya pertandingan final di antara Argentina serta Uruguay, ke-2  negara ini sempat berdiskusi buat memastikan negara penyedia bola.

Selanjutnya, ditetapkan buat ganti bola di istirahat tiap-tiap sesi. Dengan demikian, bola dari Argentina, Tiento, dipakai di sesi pertama sebelumnya setelah itu diganti dengan T-Model punya Uruguay.

2. Bola Piala Dunia 1934 – Federale 102

Bola Piala Dunia 1934
Bola Piala Dunia 1934 yaitu Federale 102. Macam bola ini didesain dengan perubahan penting dalam pemanfaatan bahan yang lebih simple.

Awal mulanya memanfaatkan bahan kulit, Federale 102 memakai kapas selaku substitusi jahitan. Hasilnya, bola yang dibuat lebih mudah sewaktu dipakai oleh pemain.

Sayang, mutu bola masihlah jauh dari yang diinginkan. Karenanya sebagian besar pemain lebih senang memanfaatkan macam bola piala dunia yang lain di import dari Inggris.

3. Bola Piala Dunia 1938 – Allen

Bola Piala Dunia 1938

Di Piala Dunia Perancis 1938, bola yang dipakai oleh pemain yaitu Allen. Menariknya, Allen diketahui selaku bola Piala Dunia pertama-tama yang ditambahkan cap brand perusahaan yang menghasilkan.

Walaupun penampakan serta cara pembikinan Allen mirip Federale 102 dari Italia, bola Piala Dunia ini ditunjang plus tambah panel ke-13. Kelebihan lain dari macam bola ini yaitu mempunyai bentuk yang lebih bundar.

4. Bola Piala Dunia 1950 – Duplo T

 Bola Piala Dunia 1950
Digelar di Brasil, Piala Dunia 1950 mulai permulaan kembali ajang Piala Dunia habis 12 tahun vakum sementara gara-gara Perang Dunia II. Pemberhentian ini berikan impak besar di mutu bola Piala Dunia yang dipakai.

Yang memiliki nama Duplo T, bola Piala Dunia ini memakai bahan yang lebih simple. macam bola ini pun jadi titik awalan pemanfaatan wujud bola yang sama di dalam kompetisi buat satu era Piala Dunia.

5. Bola Piala Dunia 1954 – Swiss World Champion

Bola Piala Dunia 1954

Perusahaan olahraga Kos Sport membentuk perubahan buat bola Piala Dunia Swiss tahun 1954. Kemajuan ini berwujud pemanfaatan susunan 18 panel yang sama sama berkaitan berbentuk zig-zag di dalam tubuh bola.

Bentuk ini kedepannya dipakai selaku parameter sah bola-bola Piala Dunia buat ajang beberapa tahun setelah itu. Dari sisi visual, macam bola ini mirip bola olahraga voli. Sampai berwarna lantas nyaris mirip, ialah kuning.

6. Bola Piala Dunia 1958 – Kampiun Star

 Bola Piala Dunia 1958
Di Piala Dunia 1958, Federation Internationale de Football Association (FIFA) bekerja sama-sama dengan penyedia bola dalam pembukaan pertandingan. Dari keseluruhan 102 daftar bola tanpa ada brand yang ikut serta, bola nomor 55 keluar selaku bola Piala Dunia 1958.

Diketahui dengan Kampiun Star, bola ini dibuat perusahaan asal Angelholm yang mempelopori pemanfaatan 24 panel. Dalam perubahannya, Kampiun Star sukses jadi bola Piala Dunia pertama-tama yang dipakai buat lebih satu era Piala Dunia.

7. Bola Piala Dunia 1962 – Crack

Bola Piala Dunia 1962

Bola Piala Dunia 1962 di Cile sempat memetik pro kontra. Perihal ini disebabkan pengurangan standard dari macam bola yang dipakai di Piala Dunia awal mulanya.

Diketahui selaku Crack, bola Piala Dunia ini dibentuk oleh perusahaan yang memiliki nama Cile Custodio Zamora dengan 18 panel. Macam bola ini berkesan tak teratur dikarenakan dijahit cara manual. Oleh karena itu, Crack diganti oleh Kampiun Star dikarenakan tak penuhi prasyarat.

8. Bola Piala Dunia 1966 – Challenge 4-Star

 Bola Piala Dunia 1966
Buat Piala Dunia 1966 di Inggris, FIFA melaksanakan pengecekan tertutup untuk memastikan produksi bola yang dipakai. Ada 111 apabila dari penyedia yang mengikut proses pengecekan serta pemilihan dengan ketat.

Hasilnya, ditentukan kalau bola yang penuhi standard yaitu Challenge 4-Star yang dibuat perusahaan Slazenger. Dari sisi penampakan bola Piala Dunia ini persis seperti Kampiun Star. Akan tetapi, bola ini punya satu panel tambahan.

9. Bola Piala Dunia 1970 – Telstar

Bola Piala Dunia 1970
Kemajuan histori Piala Dunia merasakan pengubahan mencolok di tahun 1970. Di ketika itu, FIFA kali pertamanya menyarankan Adidas buat merencanakan serta menghasilkan bola Piala Dunia, yang kedepannya akan juga dikerjakan di beberapa tahun setelah itu.

Macam bola yang dikenalkan oleh Adidas yang memiliki nama Telstar. Walaupun tak punya bentuk asli, bola ini persis dengan skema hitam-putihnya.

Adidas perkenalkan Telstar, yang walau tak punya bentuk asli, masih jadi bola yang paling iconic dengan skema hitam-putihnya.

10. Bola Piala Dunia 1974 – Telstar Durlast

Bola Piala Dunia 1974

4 tahun setelah itu, Adidas me-launching Telstar Durlast buat Piala Dunia 1974 di Jerman. Macam bola ini diketahui selaku vs lebih anyar dari Telstar dengan tambahan kecil pada sisi Durlast alias sisi lapisan bola.

Gak cuman buat perlindungan permukaan kulit, Durlast pun berfaedah buat meyakinkan ketahanan bola dalam cuaca basah. Bentuk ini nyata-nyatanya begitu digemari dikarenakan cukup tenar serta laku di pasar.

11. Bola Piala Dunia 1978 – Tango

Bola Piala Dunia 1978
Tango yaitu bola produksi Adidas yang paling populer dalam histori sepak bola dunia. Karena amat tenarnya, bola Piala Dunia 1978 ini terjual pada jumlah besar di pelosok dunia.

Disamping menyingkirkan panel Telstar hitam, bentuk Tango pun menyerasikan panel warna putih yang dirapikan secara melingkar. Dengan demikian, bola ringan dipakai di atas rumput.

12. Bola Piala Dunia 1982 – Tango Espana

Bola Piala Dunia 1982
Piala Dunia 1982 memanfaatkan bola Tango Espana yang dibuat Adidas. Bola Piala Dunia ini tak merasakan kemajuan yang kelewatan.

Meskipun demikian, kelebihan dari bola ini yaitu durabilitas bola kepada air. Perihal ini atas tehnik pengerjaannya yang dibuat cara pembikinan las serta jahit secara berbarengan.

13. Bola Piala Dunia 1986 – Azteca

Bola Piala Dunia 1986

Bola Piala Dunia hasil Adidas yang gak kalah tenar yang lain yaitu Azteca. Macam bola ini mengenali awalan dipakainya bola memiliki bahan sintetis.

Diperbandingkan bahan kulit, material sintetis condong punya ketahanan yang lebih bagus waktu disepak. Gak cuma itu, pon plus lain berbahan ini yaitu pembawaannya yang anti air.

14. Bola Piala Dunia 1990 – Etrusco Unico

Bola Piala Dunia 1990
Sebab diselenggarakan di Italia, Piala Dunia 1990 memanfaatkan bola yang prasyarat bakal budaya Italia.

Diketahui dengan Etrusco Unico, bola produksi Adidas ini berpedoman di Etruscans yang merupakan peradaban kuno Italia. Walaupun bola ini punya panel serupa Azteca, Etrusco Unico ada dengan hiasan atau corak khusus.

15. Bola Piala Dunia 1994 – Questra

BOla Piala Dunia 1994
Piala dunia pertamanya kali diselenggarakan di Amerika Serikat di tahun 1994. Oleh karena itu, Adidas ada dengan perubahan khusus buat bola sah yang dipakai buat pertandingan.

Bola Piala Dunia 1994 dikasih tambahan susunan busa pada sisi luar. Pengubahan ini menciptakan apabila yang lebih halus serta lebih ringan diatur di dalam lapangan. Gak cuman itu, kecepatan bola dapat juga dirapikan lebih konstan.

16. Bola Piala Dunia 1998 – Tricolore

Bola Piala Dunia 1998

Tricolore jadi bola Piala Dunia pertama-tama yang tampil dengan bentuk multiwarna. Masih membela type Tango, bola ini ditunjang dengan pemanfaatan susunan busa yang udah dikenalkan di 1994.

Hasilnya, Tricolore dianggap lebih tangkas serta halus diperbandingkan macam bola di beberapa tahun awal mulanya.

17. Bola Piala Dunia 2002 – Fevernova

Bola Piala Dunia 2002
Buat Piala Dunia 2002 di Korea Selatan serta Jepang, Adidas membentuk bola yang dikatakan Fevernova.

Macam bola ini punya penampakan yang lebih kekinian. Diluar itu, pengubahan pun berlangsung di beban bola maka membuat lebih berat.

18. Bola Piala Dunia 2006 – Kubugeist

Bola Piala Dunia 2006
Bola Piala Dunia 2006 diketahui dengan istilah Kubugeist. Makna ini mempunyai makna spirit dalam klub, yang sesuai sama kebiasaan permainan negara tuan-rumah, Jerman yang umum berkelompok.

Kelebihan yang diusung sama Kubugeist yaitu pemanfaatan bentuk 14 panel dengan jahitan yang lebih simple. Pengubahan ini menciptakan macam bola yang lebih bundar serta konstan.

19. Bola Piala Dunia 2010 – Jabulani

Bola Piala Dunia 2010
Diselenggarakan di Afrika Selatan, Piala Dunia 2010 adalah satu diantara Piala Dunia yang sangat besar. Di ketika itu, Adidas membentuk Jabulani yang tampil dengan susunan bola yang lebih bundar serta permukaan yang lebih lembut.

Perubahan ini dibentuk dengan pengubahan jumlah panel, dari mulanya 14 jadi cuman 8 saja. akan tetapi, pengurangan ini berefek di gerakan bola yang terterlebih buat diperkirakan.

20. Bola Piala Dunia 2014 – Brazuca

Bola Piala Dunia 2014

Bola Piala Dunia 2014 diketahui dengan makna Brazuca, sebagai kata slang dari Brazilian.

FIFA mengakui bola macam ini udah memanfaatkan perubahan yang lebih bagus ketimbang bola pada tahun awal mulanya. Brazuca dirancang dengan 6 panel, semakin berkurang ketimbang bola awal mulanya.

21. Bola Piala Dunia 2018 – Telstar 18

Bola Piala Dunia 2018
Diselenggarakan di Rusia, Piala Dunia 2018 punya bentuk bola yang cukup antik. Selaku perusahaan produksi bola sah buat Piala Dunia, Adidas membentuk ‘penghormatan’ buat bola pertama dari Adidas yang dipakai buat Piala Dunia di tahun 1970, Telstar 1970.

Diketahui dengan makna Telstar 18, bola Piala Dunia ini punya bentuk mirip Brazuca. Diluar itu, bola ini didesain dengan 6 panel yang diatur demikian rupa maka memberinya effect bola dengan 32 panel.

22. Bola Piala Dunia 2022 – Al Rihla

Bola Piala Dunia 2022

Bola Piala Dunia 2022 di Qatar diketahui berikut nama Al-Rihla. Bola keluaran Adidas ini nyatanya dibuat di Indonesia, pasnya kota Madiun.

Nama Al Rihla sendiri asal dari bahasa Arab yang berarti perjalanan. Bentuk Al Rihla persis dengan tanda-tanda Qatar, ialah tiga warna bendera, arsitektur antik, serta perahu iconicnya.

Adidas mengakui Al Rihla selaku bola paling cepat dibanding dengan edisi Piala Dunia awal mulanya. Gak cuman itu, bola Piala Dunia ini ditambahkan ketepatan serta kestabilan terhebat.

Itu dia perincian lengkap 22 bola Piala Dunia komplet dengan perubahannya dari waktu ke waktu. Macam bola yang mana kamu senangi? Yok, berikan di kotak kometar!

 

By Admin