5 Cara Mencegah Kerusakan Barang Elektronik dari Sambaran Petir

Cara Mencegah Kerusakan Barang Elektronik Bukan rahasia lagi kalau sambaran petir bisa bersifat merusak dan menimbulkan kerugian yang tak sedikit. Nyatanya, itu bukanlah mitos dan bisa terjadi di mana saja. Dilansir Surge Protection, sambaran petir bisa dengan cepat merusak perangkat elektronik di rumah. Sambaran petir dapat menimbulkan lonjakan tegangan listrik jauh di atas batas normal.

Nah, pada bangunan yang tidak dilengkapi penangkal petir, sambaran petir bahkan bisa menimbulkan arus listrik berlebih dalam jumlah besar yang dialirkan ke semua instalasi kabel. Itu sebabnya, kerusakan barang elektronik akibat sambaran petir bukanlah mitos karena petir tidak hanya menyambar di tempat-tempat yang tinggi.

Terus, bagaimana cara kita untuk meminimalkan risiko kerusakan akibat sambaran petir? Nah, kamu bisa simak beberapa tips dan ulasannya dalam artikel ini. Disimak, ya!
5 Cara Mencegah Kerusakan Barang Elektronik dari Sambaran Petir

1. Pasang penangkal petir di rumah

Cara Mencegah Kerusakan Barang Elektronik Mungkin hal ini memang jarang dilakukan oleh pemilik rumah. Pasalnya, ada anggapan kalau petir hanya menyambar gedung-gedung tinggi. Faktanya, itu bisa saja terjadi di rumah yang tingginya tidak seberapa, misalnya rumah 2 atau 3 lantai. National Weather Service dalam lamannya menyatakan bahwa penangkal petir dan perangkat instalasi yang menyertainya dibutuhkan guna melindungi bangunan dari sambaran petir.

Penangkal petir akan menarik aliran listrik akibat tabrakan muatan positif dan negatif. Aliran listrik tadi akan diteruskan ke dalam tanah melalui kabel konduktor. Jelas bahwa pemilik rumah harus mengeluarkan biaya ekstra untuk memasang perangkat ini. Namun, hasilnya akan sepadan karena penangkal petir sudah terbukti efektif untuk melindungi bangunan tinggi.

2. Lengkapi instalasi listrik rumah dengan surge arrester

Cara Mencegah Kerusakan Barang Elektronik Pada umumnya, sambaran petir tetap akan berdampak buruk ketika itu terjadi pada tiang listrik. Meskipun rumah sudah memiliki penangkal petir, barang elektronik masih rentan rusak atau terbakar jika menerima beban listrik yang begitu besar dari luar. Tiang listrik bisa menjadi media rambat bagi tegangan berlebih ke setiap barang elektronik di rumah kita.

Nah, untuk meminimalkan risiko kerusakan, kamu bisa memasangkan surge arrester, sebuah komponen yang akan melindungi jaringan listrik dari tegangan atau arus yang tidak wajar. Alat ini akan segera mengarahkan aliran listrik berlebih ke tanah untuk dinetralkan. Untuk memasangnya, konsultasikan dan gunakan jasa instalasi listrik yang resmi dan betul-betul kompeten di bidangnya.

3. Mencabut semua steker listrik ketika hujan petir
5 Cara Mencegah Kerusakan Barang Elektronik dari Sambaran Petir

Cara Mencegah Kerusakan Barang Elektronik Pada saat terjadi hujan yang melibatkan kilatan petir, ada baiknya kamu mencabut semua steker listrik di rumah. TV, komputer PC, oven listrik, kulkas, mesin cuci, perangkat audio, dan barang elektronik lainnya memiliki risiko tinggi terhadap dampak sambaran petir di kala hujan lebat. Khusus untuk TV, cabut juga sambungan kabel ke antena luar karena antena bisa menjadi media rambat bagi tegangan listrik.

Laman CNET menjelaskan bahwa melepas atau mencabut steker dari stop kontak bisa meminimalkan risiko kerusakan akibat sambaran listrik. Ya, sambaran petir bisa menghasilkan tegangan listrik yang sangat tinggi, yakni ribuan hingga jutaan volt.

4. Pangkas atau tebang pohon tinggi di dekat rumah

Cara Mencegah Kerusakan Barang Elektronik Coba perhatikan apakah tembok rumahmu terlalu dekat dengan pohon tinggi atau tidak. Ya, pohon yang cukup tinggi bisa menjadi perantara ideal bagi sambaran petir. Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika dalam lamannya menerangkan bahwa menebang pohon tinggi di dekat rumah bisa meminimalkan risiko bahaya, yakni aliran listrik akibat petir dan juga pohon tumbang.

Pada saat terjadi hujan petir, sambaran listrik bisa saja mengenai pucuk pohon dan aliran listrik bergerak ke rumah akibat kondisi basah. Jadi, kamu bisa memeriksa kondisi pohon yang terlalu dekat dengan rumah. Jika sudah terlalu tinggi, mugkin kamu harus pertimbangkan untuk memangkas, bahkan menebangnya.

5. Memasang stopkontak khusus
5 Cara Mencegah Kerusakan Barang Elektronik dari Sambaran Petir

Cara Mencegah Kerusakan Barang Elektronik Ada beberapa produk stopkontak dan steker khusus yang dijual di pasaran. Harganya memang lebih mahal, tapi alat-alat tersebut didesain untuk mencegah masuknya arus listrik atau tegangan berlebih. Biasanya, ketika terjadi kelebihan muatan arus listrik, stopkontak khusus ini akan memutuskan arus tersebut sehingga tidak sampai ke barang elektronik.

Nah, kamu bisa tanyakan mengenai penjelasan detailnya di toko peralatan listrik yang terpercaya di kotamu. Lalu, supaya lebih aman, ada baiknya kamu menggunakan jasa pemasangan instalasi listrik untuk memasang stop kontak di tembok rumah. Kalau tak mau repot, kamu bisa gunakan unit steker yang sudah jadi satu dengan stop kontaknya.

Jadi, kamu sudah tahu bahwa sambaran petir bisa berdampak fatal buat semua barang elektronik di rumah, bukan? Nah, untuk meminimalkan risiko berbahaya, lakukan pencegahan dari sekarang supaya rumah aman dari sambaran petir.

By Admin