5 Cara Membersihkan Sepatu Kulit yang Kotor, Bisa Pakai Bahan Alami!

Cara Membersihkan Sepatu Kulit yang Kotor Sepatu kulit merupakan item fashion yang memiliki karakteristik mengkilap. Jenis sepatu ini punya kesan edgy dan elegan, cocok dikenakan untuk fashion kasual maupun formal. Supaya sepatu kulit milikmu tetap awet kamu perlu merawatnya. Karena perawatan sepatu kulit yang salah justru malah merusak tampilan sepatu kulit.

Meski merawat sepatu kulit gak boleh asal-asalan namun cara perawatannya tidak sulit, kok. Dari cara biasa hingga menggunakan bahan alami semuanya bisa kamu lakukan. Nah, sederet tips membersihkan sepatu kulit di bawah ini bisa kamu jadikan panduan. Dijamin mudah diterapkan!

5 Cara Membersihkan Sepatu Kulit yang Kotor, Bisa Pakai Bahan Alami!

1. Lap dengan kain lembap

Cara Membersihkan Sepatu Kulit yang Kotor Langkah pertama untuk membersihkan sepatu kulit yang kotor adalah dengan menggunakan kain lembap. Gunakanlah kain lembut yang telah dibasahi dengan sedikit air lalu gosok secara perlahan hingga noda kotoran hilang.

Namun, kalau dirasa noda kotoran sulit hilang kamu bisa menggunakan bantuan sabun khusus sepatu agar kotoran lebih cepat hilang. Setelah bersih kemudian lap kembali menggunakan kain lembut yang kering. Hal ini supaya permukaan kulit tidak tergores akibat salah pemilihan jenis kain.

2. Larutan cuka putih dan air

Cara Membersihkan Sepatu Kulit yang Kotor Cuka putih tidak hanya sebagai bumbu dapur melainkan juga menjadi bahan alternatif yang bisa membersihkan kotoran membandel. Hal ini karena cuka mengandung asam asetat yang formulanya mengangkat kotoran, noda, hingga bakteri yang menempel pada benda tertentu seperti sepatu kulit.

Untuk menggunakan cuka sebagai bahan pembersih cukup larutkan cuka putih bersama air dengan perbandingan 1:1. Barulah, lap seluruh permukaan sepatu dengan larutan cuka sampai noda kotoran hilang. Setelah bersih, bilas dengan kain lembap dan lanjut lap menggunakan kain kering.

3. Larutan lemon dan air
5 Cara Membersihkan Sepatu Kulit yang Kotor, Bisa Pakai Bahan Alami!

Cara Membersihkan Sepatu Kulit yang Kotor Tahap membersihkan sepatu kulit yang kotor bisa dilakukan dengan bahan alami seperti menggunakan jeruk lemon. Hal ini karena jeruk lemon mengandung asam sitrat yang di mana kandungannya bisa digunakan sebagai alat pembersih alami.

Cara penggunaannya campurkan perasan lemon dengan air lalu oleskan ke bagian permukaan sepatu kulit yang kotor. Selanjutnya, gosok menggunakan kain lembut sampai noda kotoran hilang. Jika sudah, bilas bersih dan lap hingga permukaan sepatu kering.

4. Taburi dengan bedak

Cara Membersihkan Sepatu Kulit yang Kotor Cara membersihkan noda minyak pada sepatu kulit tidak semudah menghilangkan noda kotoran pada umumnya. Namun, ada salah satu cara untuk menghilangkan jenis noda ini, di antaranya kamu bisa menggunakan bedak bayi. Karena bedak bayi bersifat menyerap minyak.

Taburkan bedak bayi pada permukaan sepatu kulit yang terkena noda minyak. Diamkan selama beberapa jam atau semalaman sampai noda minyak terserap. Setelah itu, bersihkan bedak pada permukaan kulit sepatu dengan cara digoyang-goyangkan atau bisa juga menggunakan kuas.

5. Larutan baking soda
5 Cara Membersihkan Sepatu Kulit yang Kotor, Bisa Pakai Bahan Alami!

Cara Membersihkan Sepatu Kulit yang Kotor Baking soda dikenal sebagai bahan pengembang kue. Namun, bahan kue ini juga memiliki kegunaan lain, yakni bisa dimanfaatkan sebagai alternatif alat pembersih. Karena baking soda mampu menetralkan bau hingga membersihkan noda membandel pada suatu benda termasuk sepatu kulit.

Untuk mengaplikasikan soda kue sebagai pembersih caranya adalah larutkan secukupnya soda kue dengan air. Balurkan larutan soda kue pada bagian sepatu kulit yang kotor lalu gosok perlahan menggunakan kain lap lembut hingga kotoran luruh. Barulah bilas bersih dan keringkan sepatu.

Sebagai penggemar koleksi sepatu kulit kamu perlu perhatikan cara merawat jenis sepatu berbahan kulit ini supaya tetap awet. Nah, langkah perawatannya bisa kamu ikuti seperti kelima tips di atas. Dengan begitu, sepatu kulit milikmu bisa awet agar tetap dapat digunakan.

By Admin