6 Cara Berhenti Jadi Pemalu, Latih Perilaku Sosialmu, ya!

Cara Berhenti Jadi Pemalu, Sejatinya, semua orang memiliki rasa malu. Namun, cara orang mengendalikan rasa malu itulah yang berbeda. Sering kita jumpai bahwa ada seseorang yang terlalu pemalu. Banyak alasan yang bisa membuat seseorang mempunyai rasa malu yang berlebih.

Akan tetapi, rasa malu yang berlebih justru akan membuat seseorang stuck dan gak bisa eksplor diri. Jika kamu mengalami hal tersebut, segera terapkan cara berhenti jadi pemalu yang diuraikan dalam artikel ini.
6 Cara Berhenti Jadi Pemalu, Latih Perilaku Sosialmu, ya!

1. Tulis ketakutanmu

Cara Berhenti Jadi Pemalu, Mencatat ketakutan adalah proses menilai siapa dirimu yang sebenarnya, kemampuan apa yang kamu miliki, dan hal-hal apa yang bisa membuatmu jatuh.

Dengan menulis list ata daftar hal yang kamu takuti, dirimu bisa menemukan jati diri dan keinginan kamu yang sebenarnya. Selain itu, kamu bisa pahami dan mempelajari sifat-sifat kurang baik yang kudunya diubah.

2. Latih perilaku sosial dengan orang yang kamu kenal

Cara Berhenti Jadi Pemalu, Berusahalah untuk melatih perilaku sosial mulai dari hal kecil seperti kontak mata, bahasa tubuh, perkenalan, obrolan ringan, dan mengajukan pertanyaan kepada orang yang membuatmu merasa paling nyaman. Bangun kepercayaan dirimu dengan cara ini.

Atau sebelum itu, kamu juga bisa berlatih melakukan percakapan dengan hewan peliharaan, boneka atau bahkan dengan bayanganmu di cermin. Kemudian bercabang untuk melakukan ini dengan teman-teman baru juga.

3. Melakukan kontak mata
6 Cara Berhenti Jadi Pemalu, Latih Perilaku Sosialmu, ya!

Cara Berhenti Jadi Pemalu, Jika kamu ingin agar orang tidak menganggapmu sebagai orang pemalu, maka berlatihlah melakukan kontak mata dengan mereka.

Jika belum bisa atau gak berani menatap mata, maka tataplah dahinya. Yang terpenting adalah pandangan matamu mengarah ke wajah seseorang yang kamu ajak bicara, ya.

4. Pelajari keterampilan bahasa tubuh

Cara Berhenti Jadi Pemalu, Bahasa tubuh akan bermanfaat ketika kamu tahu cara menggunakannya. Dengan menggunakannya, kamu dapat mengetahui apa yang dipikirkan orang lain. Kamu bisa mengetahui dan merasakan apakah lawan bicaramu nyaman atau tidak dari gerak-gerik tubuhnya.

Saat kamu berbicara dengan orang lain, gunakan bahasa tubuh yang baik dan tampilkan kesan tenang serta percaya diri. Hal itu akan membuat orang lain nyaman dan tidak mengira bahwa kamu adalah orang pemalu.

5. Berusaha keluar dari zona nyaman
6 Cara Berhenti Jadi Pemalu, Latih Perilaku Sosialmu, ya!

Cara Berhenti Jadi Pemalu, Dalam kehangatan zona nyaman, hidup akan terasa lebih aman. Semua orang menyadari bahwa menemukan motivasi untuk keluar dari zona nyaman itu sulit.

Tetapi semakin seseorang terjebak di zona nyaman, semakin banyak kesempatan yang akan dilewatkan untuk mendapatkan pengalaman sepenuhnya. Atau dengan kata lain, kamu bisa memperlebar zona nyamanmu untuk memperoleh pengalaman yang seluas-luasnya.

6. Belajar sebanyak mungkin

Cara Berhenti Jadi Pemalu, Belajarlah sebanyak yang kamu bisa untuk meningkatkan pengetahuan dalam hal apapun. Hal itu akan membuatmu menonjol dalam percakapan apa pun dan dengan siapa pun, sehingga terlihat percaya diri dan bijaksana.

Terapkan beberapa cara berhenti jadi pemalu tadi agar menjadi seseorang yang berani serta percaya diri. Lepaskan sifat malu berlebih yang ada di diri kamu, jangan lupa untuk jadi dirimu sendiri. Selamat mencoba!

By Admin