Kenali 5 Apology Language, Cara Ampuh Minta Maaf Bikin Hati Terenyuh

Kenali 5 Apology Language Setiap orang gak lepas dari melakukan kesalahan. Apakah kamu pernah melakukan kesalahan terhadap orang-orang di sekitarmu atau terhadap pasangan? Setelah berbuat kesalahan apa yang kamu lakukan, segera minta maaf adalah jalan terbaik.

Namun, gak semua orang mudah memaafkan apa yang telah kita perbuat. Lalu bagaimana caranya agar permintaan maaf diterima? Berikut ini lima apology language, cara ampuh minta maaf bikin hati  terenyuh. Mau tau bagaimana caranya? Yuk, tengok di bawah ini
Kenali 5 Apology Language, Cara Ampuh Minta Maaf Bikin Hati Terenyuh

1. Dengan mengungkapkan penyesalan

Kenali 5 Apology Language Setelah melakukan kesalahan disengaja atau tidak akan timbul rasa penyesalan. Dari pada selalu dihantui oleh rasa menyesal segera minta maaf. Saat minta maaf ungkapkan rasa penyesalanmu yang telah khilaf.

Perlu diingat dalam menyampaikan jangan gengsi mengatakan “maaf.” Dan katakan juga permohonan maafmu atas dampak yang dirasakan akibat kesalahan yang telah kamu perbuat. Contoh kalimat permintaan maaf dengan mengungkapkan penyesalan, sebagai berikut: “Aku mohon maaf, bikin kamu nggak bisa tidur karena aku terlalu keras menyanyi.”

2. Menerima tanggung jawab

Kenali 5 Apology Language Cara permintaan maaf selanjutnya adalah kamu mengakui secara bersungguh-sungguh akan kesalahan yang dilakukan. Kata yang harus kamu pakai dalam permohonan maafmu adalah “aku salah.”

Selain itu kamu juga harus menghindari menyalahkan orang lain akibat dari perbuatanmu. Contoh kalimat yang dapat dipakai, “aku salah telah memberi alamat rumahmu, belum ijin sama kamu.”

3. Minta maaf dengan cara memberi ganti rugi
Kenali 5 Apology Language, Cara Ampuh Minta Maaf Bikin Hati Terenyuh

Kenali 5 Apology Language Apakah kamu pernah meminjam buku pada temanmu dan buku tersebut hilang atau sobek? Maka kamu harus mengganti buku tersebut, dan memohon maaf pada temanmu.

Kalimat permintaan maaf yang disampaikan dapat sebagai berikut, “maaf buku yang aku pinjam hilang, akan aku ganti buku tersebut.” Permintaan maaf seperti ini biasanya untuk kesalahan yang menghilangkan atau terjadi kerusakan pada barang pinjaman.

4. Permohonan maaf dengan pernyataan Tidak mengulangi kesalahan

Kenali 5 Apology Language Ketahui, ada orang yang sulit memberikan maaf. Minta maaf dengan orang ini harus ada bukti nyata berupa komitmen jika kamu tidak akan mengulangi kesalahan dan merubah perilaku.

Maka saat minta maaf kamu harus menyertakan kata “tidak akan mengulangi.” Dan kamu harus menepati janjimu untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut.

5. Memohon pengampunan
Kenali 5 Apology Language, Cara Ampuh Minta Maaf Bikin Hati Terenyuh

Kenali 5 Apology Language Apology language yang terakhir kamu mesti memberikan kesempatan pada orang yang tersakiti, apakah mereka mau memaafkan atau tidak. Jangan sampai memaksa untuk secepatnya memberi maaf pada kamu. Karena orang tersebut belum siap untuk segera berdamai dengan kamu.

Kamu dapat mengatakan padanya, “aku menyesal telah melakukan kesalahan padamu tentu kamu sulit untuk memaafkan aku, tetapi kalau boleh aku bertanya maukah kamu memaafkan?” Selain menerapkan kalimat di atas kamu juga harus bersabar menanti jawaban atas permohonan maafmu.

Lima apology language di atas adalah cara ampuh untuk minta maaf. Cara mana kamu pilih? Jangan lupa sampaikan permintaan maaf kamu dengan tulus keluar dari hati yang mendalam. Kemudian jangan mengulangi kesalahan tersebut karena tiada maaf lagi bagimu, loh!

 

By Admin