7 Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android, Browsing Lancar

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android HP Android tanpa koneksi internet mirip seperti benda tidak berguna. Harus diakui memang, banyak aktivitas di HP yang membutuhkan sambungan internet, seperti membuka media sosial, berbalas pesan di WhatsApp, atau mendengarkan musik di Spotify.

Rasanya sangat menjengkelkan bila koneksi internet di HP Android tidak stabil. Padahal, kamu harus segera membalas pesan atau mencari informasi penting.

Eits, tapi gak perlu risau lagi, karena cara mempercepat koneksi internet di Android ini bisa kamu coba. Simak tutorialnya, ya.
7 Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android, Browsing Lancar

Penyebab koneksi internet di Android lemot

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android Cara mempercepat koneksi internet di Android sebenarnya sesuai penyebabnya. Kamu harus tahu penyebab koneksi internet tiba-tiba memburuk. Setelah menemukan akar penyebabnya, baru atasi dengan cara tepat.

Nah, penyebab koneksi internet di HP lemot pun bermacam-macam, bukan sekadar jaringan buruk, ya. Dilansir Gotechtor, berikut beberapa penyebab yang harus kamu perhatikan:

  • Jaringan internet bermasalah

Kecepatan internet akan menurun jika jaringannya tidak stabil karena mungkin terjadi gangguan. Ini menjadi penyebab utama yang kerap membuat internet HP Android lemot.

  • Cache browser menumpuk

Browser memang akan lebih tangkas dan intuitif dengan adanya cache. Akan tetapi, cache yang menumpuk juga bisa memperlambat kinerja browser. Akibatnya, aktivitas di HP yang menggunakan internet terasa lama.

  • Pengaturan jaringan di HP

Pengaturan HP memang wajar, terutama bila ada pembaruan. Namun, perubahan tersebut dapat menurunkan kecepatan internet. Untuk itu, harus ada tindakan lebih lanjut untuk mengatasinya.

  • Usia HP yang sudah tua

HP yang sudah bertahun-tahun digunakan, kemungkinan besar performanya pun sudah tidak optimal. Salah satunya saat digunakan untuk aktivitas yang membutuhkan internet.  Bisa jadi HP sudah tidak mumpuni untuk browsing informasi.

Apabila mulai merasakan koneksi internet di HP Android tidak lagi suportif, coba lakukan cara penanganan di bawah ini, ya.

1. Bersihkan cache secara rutin

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android adalah ruang yang menyimpan data sementara. Fungsinya, untuk membantu mempercepat proses loading pada HP.

Sayangnya, cache dapat menghambat kinerja HP, termasuk mengganggu proses browsingCache dapat memakan banyak ruang penyimpanan di HP. Sehingga, penggunaan koneksi internet pun bisa berdampak kurang lancar.

Oleh sebab itu, kamu harus rajin membersihkan cache di browser atau memori internal. Lalukan pembersihan secara manual atau mengunduh aplikasi pembersih. Setelah itu, coba gunakan HP lagi untuk memastikan koneksi internet sudah atau belum membaik.

2. Restart HP
7 Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android, Browsing Lancar

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android Cara mempercepat koneksi internet di Android selanjutnya, dengan me-restart HP. Sehingga, HP dapat melakukan pengaturan jaringan ulang.

Dengan cara ini, data di ponsel tetap aman kok. Kamu gak perlu cemas bila data HP akan terhapus.

3. Hapus aplikasi yang jarang dipakai

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android Salah satu alasan masuk akal koneksi internet di HP lemot adalah banyaknya aplikasi yang tidak terlalu sering dipakai. Sebaiknya, hapus aplikasi-aplikasi tersebut sebagai cara mempercepat koneksi internet di Android.

Jika opsi menghapus aplikasi terlalu berat hati dilakukan, pilih opsi menonaktifkan penggunaan data latar belakang agar aplikasi menghabiskan lebih sedikit bandwidth.

4. Update sistem operasi Android

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android Sistem operasi (Operating System/OS) Android bisa kedaluwarsa, lho. Ini bisa jadi menyebabkan koneksi internet melambat. Cara mempercepat koneksi internet di Android adalah dengan meng-update sistem operasi HP.

Cara update-nya sangat gampang kok. Cek langkah-langkahnya berikut:

  1. Buka fitur ‘Settings/Pengaturan’ di HP
  2. Pilih ‘Tentang Telepon’
  3. Klik ‘Versi MIUI’> klik ‘Update OS’

Tunggu hingga sistem terunduh dan proses instalasi selesai.

5. Nonaktifkan pembaruan aplikasi

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android Aplikasi akan terus melakukan pembaruan sesuai dengan update dari penyedia aplikasinya. Ini ternyata bisa menyebabkan kecepatan internet menurun.

Sebaiknya, nonaktifkan pembaruan aplikasi secara otomatis. Ini cara mempercepat koneksi internet di Android yang bisa kamu coba. Alih-alih otomatis, lakukan update aplikasi secara manual.

6. Periksa jaringan internet Android

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android Umumnya, HP Android mendapatkan jaringan internet lewat WiFi atau data kuota. Apabila jaringan mulai lemot, coba cek kestabilan jaringan WiFi.

Tak jarang, jaringan ini juga bermasalah atau mengalami gangguan. Sehingga, internet berjalan lambat.

Jika menggunakan data kuota, cek apakah kuotanya masih mencukupi. Biasanya, data kuota yang menipis akan memengaruhi koneksi internet juga.

Pastikan kuotanya masih banyak, ya. Kalau habis, belikan kuota internet lagi.

7. Hentikan tethering
7 Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android, Browsing Lancar

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android Cara mempercepat koneksi internet di Android yang terakhir, dengan menghentikan tethering. Kamu mungkin sedang membagikan jaringan internet ke orang lain. Namun, cara ini juga membuat jaringan internet makin lambat.

Jika tethering sudah tidak digunakan, segera matikan. Agar tidak ada pengguna lain yang mengaksesnya. Selain itu, hindari membuka akses tethering ke semua orang tanpa izin. Terapkan kata sandi untuk pengamanan, ya.

By Admin