10 Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner yang Wajib Diwaspadai

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Angka pasien penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) terus meningkat dan menempati peringkat tertinggi penyebab kematian di Indonesia. Mengetahui bagaimana cara mencegah penyakit jantung sangatlah penting, apalagi penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung koroner juga menyerang pasien usia produktif.

Pasalnya, faktor utama penyakit jantung koroner maupun penyakit kardiovaskuler lainnya adalah gaya hidup dan pola makan yang buruk.

Sahabat MIKA, yuk mulai mewaspadai penyakit jantung koroner dengan melakukan upaya pencegahan berikut ini.

Agar terhindar dari penyakit jantung koroner, Sahabat MIKA dapat melakukan hal-hal berikut :
10 Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner yang Wajib Diwaspadai

1. Pola makan sehat

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Penyebab utama penyakit jantung koroner yaitu adanya penyempitan pada pembuluh darah koroner. Pembuluh darah koroner ini akan mensuplai darah ke jantung.

Adanya penyempitan ini, membuat suplai darah untuk jantung menjadi terhambat. Padahal fungsi jantung itu sendiri memompa darah untuk semua organ seluruh tubuh. Penyumbatan di dinding nadi koroner ini terjadi akibat adanya endapan lemak dan kolesterol.

Untuk itulah, hindari makanan yang banyak mengandung lemak atau yang mengandung kolesterol tinggi. Pola makan yang sehat dapat membantu melindungi jantung, meningkatkan tekanan darah dan kolesterol, serta mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Berikut ini aturan makan untuk mencegah penyakit jantung atau menghindari kekambuhannya:

a. Batasi asupan garam, gula, karbohidrat olahan, alkohol, lemak jenuh (ditemukan dalam daging merah dan produk susu penuh lemak) dan lemak trans (ditemukan dalam makanan cepat saji yang digoreng, keripik, makanan yang dipanggang)

b. Kurangi seafood karena memiliki kandungan kolesterol tinggi yang dapat membahayakan jantung.

c. Sebaiknya makanan diolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang. Jika ingin menggoreng, Sahabat MIKA bisa menggunakan minyak zaitun karena memiliki kandungan lemak yang sedikit.

d. Konsumsi produk makanan rendah lemak atau tanpa lemak seperti susu, keju, mentega atau makanan lain yang rendah lemak.

e. Perbanyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran segar.

f. Hindari makanan dengan kandungan gula tinggi seperti soft drink.

g. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, karena dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi lemak. Sebaiknya, konsumsi gandum yang dapat membantu menjaga jantung tetap sehat.

h. Konsumsi kacang atau kacang polong lainnya dan biji-bijian utuh

2. Berhenti merokok

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Menghisap rokok sangat tidak baik untuk kesehatan jantung, maka segera hentikan kebiasaan ini agar jantung tetap sehat.

Unsur nikotin yang dihasilkan rokok dapat merusak dinding pembuluh darah. Bila dinding itu rusak, lagi-lagi kolesterol mudah menempel sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung yang berdampak pada kesehatan organ paru-paru.

Sahabat MIKA, ingin tahu bagaimana cara berhenti merokok? Yuk, simak videonya yang dibahas oleh dr. Mirsyam R. Wiratmoko, SpP.FCCP, FAPSR dari Mitra Keluarga Bintaro.

3. Hindari stres
10 Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner yang Wajib Diwaspadai

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Meskipun sulit, Sahabat MIKA sebaiknya menghindari stres untuk menjaga tubuh tetap sehat. Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon kortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku.

Apalagi, jika Anda termasuk orang yang mengatasi stres dengan cara yang tidak sehat seperti makan berlebihan, minum atau merokok.

Temukan cara alternatif untuk mengelola stres seperti aktivitas fisik, latihan relaksasi, atau meditasi, dan berlibur untuk menjaga jantung tetap sehat. Namun tentunya harus memperhatikan juga beberapa hal agar liburan tersebut dapat benar-benar memberi manfaat untuk untuk kesehatan jantung.

Untuk informasi terkait manfaat liburan untuk kesehatan jantung dapat Sahabat MIKA saksikan penjelasan dr. Bona Dwirama Hartoyo, Sp.JP pada video berikut:

4. Tidur yang cukup dan berkualitas

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Kurang tidur ternyata dapat meningkatkan risiko lebih tinggi mengalami obesitas, tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes, dan depresi. Orang dewasa setidaknya membutuhkan 7 jam tidur setiap malam.

Jadikan tidur sebagai prioritas  untuk menjaga tubuh tetap sehat. Hindari bergadang dan tetapkan jadwal tidur yang harus dipatuhi. Untuk menambah kualitas tidur, jaga agar kamar tidur gelap dan sunyi, sehingga lebih mudah untuk tidur.

Jika Anda merasa sudah cukup tidur tetapi masih lelah sepanjang hari, lakukan kunjungan dengan dokter. Mitra Keluarga Kemayoran memiliki layanan Sleep Disorder Clinic yang merupakan klinik terpadu pertama di Indonesia yang bergerak di bidang kedokteran tidur.

Sahabat MIKA dapat melakukan pelayanan konsultasi, edukasi, pemeriksaan hingga perawatan secara lengkap berbagai gangguan tidur.

5. Kontrol Tekanan Darah

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi dapat merusak jantung dan pembuluh darah. Kontrol tekanan darah untuk membuat jantung tetap dalam kondisi yang sehat.

Beberapa cara untuk mengontrol tekanan darah adalah olahraga teratur. Menghindari makanan yang asin dan berlemak dapat menurunkan tekanan darah sekitar 7%. Apabila tekanan darah masih tinggi, kunjungi dokter untuk mendapatkan obat-obatan penurun darah sesuai resep.

6. Pertahankan berat badan ideal

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes tipe 2. Ketahui berapa indeks massa tubuh (BMI) menggunakan tinggi dan berat badan yang ideal.

Saat ini sudah tersedia kalkulator indeks massa tubuh yang dapat diakses secara online dengan mudah.

7. Olahraga secara teratur

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Berolahraga memiliki manfaat yang baik tubuh dan mencegah berbagai jenis penyakit. Selain lebih sehat dan bugar, olahraga juga dapat menjaga berat badan tetap ideal karena dapat membakar lemak dalam tubuh.

Bila sudah mendapat terapi untuk jantung maka Sahabat MIKA bisa memilih olahraga seperti senam, jalan cepat, bersepeda, dan berenang. Buat jadwal olahraga dan turuti secara disiplin.

Minimal 30 menit sampai satu jam sehari. Lebih baik sedikit-sedikit tapi rutin, bukan langsung olahraga berat namun tidak rutin.

8. Minum obat yang diresepkan

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Apabila Anda memang sudah memiliki penyakit jantung koroner, dokter akan memberikan obat untuk membantu meringankan gejala dan menghentikan perkembangan masalah lebih lanjut.

Jika Anda tidak menderita PJK tetapi memiliki kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi atau riwayat penyakit jantung keluarga, dokter Anda mungkin akan meresepkan obat untuk mencegah mengembangkan masalah yang berhubungan dengan jantung.

Apapun obat yang diresepkan oleh dokter, sangat penting untuk meminumnya dan mengikuti dosis yang benar. Jangan berhenti minum obat tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, karena hal itu akan memperburuk gejala dan membahayakan kesehatan.

9. Kenali gejala penyakit jantung koroner

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Penyakit jantung koroner biasanya diawali dengan gejala yang khas. Sebut saja rasa berat atau nyeri di daerah dada yang timbul saat beraktifitas.

Keluhan ini akan berkurang atau hilang setelah penderita beristirahat tetapi rasa nyeri ini dapat terasa lebih hebat hingga timbul keringat dingin. Kadang-kadang keluhan juga dapat berupa rasa seperti tercekik.

Sahabat MIKA sebaiknya mengenali gejala penyakit jantung koroner agar bisa mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat sebelum serangan jantung datang.

9. Rutin medical check up
10 Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner yang Wajib Diwaspadai

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Pemeriksaan dini disarankan bagi Sahabat MIKA yang memiliki anggota keluarga dengan kondisi penyakit jantung koroner di usia muda. Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah mungkin akan menyarankan prosedur deteksi.

Pendeteksian dini penyakit jantung koroner dapat dilakukan dengan medical check up secara rutin yang mencakup pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium darah, rekam jantung (EKG), rontgen dada, uji latih jantung dengan beban (Treadmill), hingga atau angiografi koroner sesuai kondisi pasien.

Fasilitas untuk pemeriksaan dini dan pengobatan penyakit jantung di Mitra Keluarga tergolong cukup lengkap. Jika Anda merasakan gejala awal penyakit jantung ataupun pernah mengalami serangan jantung ringan, jangan abaikan itu.

Namun jika gejala serangan jantung mulai terjadi, sangat penting untuk segera mencari bantuan medis. Risiko kematian terbesar dari serangan jantung adalah dalam kurun waktu satu jam setelah terjadi serangan jantung.

Untuk memudahkan ketika ingin melakukan janji temu dengan dokter, buat janji konsultasi terlebih dahulu secara online melalui website Mitra Keluarga.

Sahabat MIKA juga bisa memanfaatkan layanan telemedicine yang dimiliki oleh Mitra Keluarga.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

By Admin