14 Cara Memperbaiki Rambut Rusak Tanpa Harus ke Salon

BERITA MILLENIAL Cara Memperbaiki Rambut Rusak Jika saat ini rambutmu tengah kering dan kondisinya ‘nggak banget’, kamu mungkin tengah berusaha mengumpulkan berbagai cara memperbaiki rambut rusak. Meski butuh proses (dan pengorbanan!), bukan hal mustahil kok untuk mengembalikan kesehatan rambutmu seperti dulu lagi.

Ada berbagai pilihannya, mulai dari menggunting rambut, menyediakan waktu untuk merawatnya, atau bahkan mengubah lifestyle secara drastis. Bujet yang dibutuhkan pun juga tak begitu besar. Yang penting sabar dan tekun!

Sudah siap menyambut rambut yang lebih sehat dan indah? Langsung scroll ke bawah dan pelajari semuanya di artikel ini!
14 Cara Memperbaiki Rambut Rusak Tanpa Harus ke Salon

Cara Memperbaiki Rambut Rusak Sebenarnya, rambut rusak itu seperti apa? Mengetahui ciri-cirinya akan membuat kamu tahu kapan harus mulai ‘panik’.

  • Rambut mudah kusut. Hal ini terjadi ketika kutikula pelindung inti rambut terkikis dan terbuka. Kondisi rambut ini makin buruk saat helaian rambut bergesekan dengan kutikula lainnya. Batang rambut jadi mudah ‘terkait’ dengan batang rambut lainnya.
  • Rambut mengembang. Saat kutikula rambut rusak, rambut akan kehilangan kelembapannya dan menjadi lebih ‘megar’.
  • Rambut terasa kasar saat disisir dengan jari.
  • Mudah rontok.
  • Ujung rambut bercabang.
  • Warna rambut kusam. Yang membuat warna rambut berkilau adalah minyak alami dan kelembapan yang terpancar dari batang rambut. Warna kusam adalah pertanda rambut kekurangan minyak alami.

Nah, apakah ciri-ciri di atas sesuai dengan kondisi rambutmu sekarang?

Ketika rambut mulai menunjukkan tanda kerusakan, beberapa cara mengembalikan rambut rusak ini bisa kamu lakukan.

1. Gunting Ujung Rambut yang Rusak.

Cara Memperbaiki Rambut Rusak Sama seperti waktu, rambut rusak sifatnya irreversible atau tidak dapat diulang. Jika sudah terlanjur rusak, satu-satunya cara mengatasi rambut mati adalah memotong bagian yang telah rusak. Ujung rambut adalah yang paling rentan rusak, karena bagian ini terletak paling jauh dari kulit kepala. Nutrisi yang didapat lebih sedikit dibanding bagian pangkal rambut.

Jika ada rambut yang bercabang, segera dipotong saja. Hal ini sangat kami sarankan, terutama jika kamu ingin rambutmu cepat panjang.

2. Pakai Shampoo yang Melembapkan Rambut.

Cara Memperbaiki Rambut Rusak Rambut rusak umumnya terjadi karena kurang nutrisi. Saran kami, hindari menggunakan sembarang shampoo. Pilih yang punya manfaat melembapkan atau mengandung ekstrak minyak alami.

Kamu bisa coba shampoo Dove ini yang mengandung NutriSerum dan Keratin Repair Actives. Formulanya cepat menyerap ke batang rambut, mengisi nutrisi yang hilang, dan membantu menyehatkan rambut.

3. Selalu Pakai Conditioner Sehabis Keramas.

Cara Memperbaiki Rambut Rusak Jika shampoo lebih fokus pada kebersihan kulit kepala, maka conditioner bertugas untuk melembapkan rambutnya. Karena itulah, kami sangat merekomendasikan kamu untuk selalu pakai conditioner, apalagi jika rambut sudah terlihat rusak atau terasa kasar.

Kamu bisa pakai conditioner berikut yang formulanya dirancang dengan teknologi a la salon ternama. Kombinasi Macadamia Oil dan Ionic Complex akan membantu memperbaiki rambut rusak.

Tip Editor: Kalau rambutmu sangat kering atau rusak, kamu bisa pakai conditioner 2 kali dengan urutan conditioner-shampoo-conditioner. Hal ini bisa membantu menjaga kelembapan rambut yang lebih maksimal.

4. Perbaiki Cara Keramas.

Cara Memperbaiki Rambut Rusak Keramas setiap hari sebenarnya dibolehkan, kok. Menurut Christina Yusuf, Senior R&D Manager Unilever Indonesia, keramas tiap hari justru memberikan keuntungan lebih baik dibandingkan dengan jarang mencuci rambut dalam hal menjaga kebersihan rambut, memberi nutrisi untuk rambut, mengatasi lepek, dan mencegah ketombe.

Jarang keramas dan keramas ‘ngasal’ bisa menyebabkan penumpukan minyak dan kotoran di kulit kepala. Hal ini bisa membuat pori-pori di kulit kepala tersumbat dan menyulitkan penyerapan nutrisi.

Agar formula shampoo dan conditioner bekerja maksimal, ikuti cara keramas yang benar seperti di video ini.

5. Kurangi Penggunaan Catokan dan Hairdryer.
14 Cara Memperbaiki Rambut Rusak Tanpa Harus ke Salon

Cara Memperbaiki Rambut Rusak Untuk mengurangi penggunaan alat catok dan curling iron, kamu bisa mencoba berbagai gaya rambut seperti ponytail, cepol atas, hingga kepang. Coba juga cara meluruskan rambut secara alami tanpa obat kimia.

Nah, sebagai pengganti hairdryer, kamu bisa mengganti handukmu yang biasa dengan handuk microfiber agar rambut lebih cepat kering. Kamu juga bisa mengeringkan rambut dengan cara diangin-anginkan.

6. Ganti Sisir.

Cara Memperbaiki Rambut Rusak Tak banyak yang tahu kalau jenis sisir yang salah dan cara menyisir yang kasar bisa bikin rambut rusak. Kalau rambutmu keriting atau mudah kusut, sebaiknya pilih sisir bergigi jarang atau detangled brush.

Hindari juga menyisir saat rambut masih basah. Dalam kondisi basah, rambut sangatlah rapuh. Jika disisir dan ditarik, rambut akan semakin rusak. Saran kami, sisirlah rambut sebelum keramas untuk mengurai kusut. Sisir lagi rambut setelah kondisinya setengah kering.

7. Creambath atau Hair Spa.

Cara Memperbaiki Rambut Rusak Untuk memperbaiki rambut rusak, kamu butuh perawatan ekstra. Nah, ada 2 perawatan salon yang kami sarankan untukmu: creambath dan hair spa. Bagus yang mana?

Kalau kerusakan rambutmu masih di tahap awal (rambut terasa kering dan kasar), coba creambath saja. Namun, kalau rambutmu sudah rusak parah (bercabang dan mengembang), sebaiknya pilih hair spa. Bagusnya lagi, keduanya bisa kamu lakukan di rumah!

8. Gunakan Bilasan Air Beras.

Cara Memperbaiki Rambut Rusak Air beras punya banyak manfaat untuk rambut, karena ada berbagai macam mineral, asam amino, Vitamin B, Vitamin E, dan juga kandungan anti-oksidan. Kombinasinya bisa mengembalikan kilau rambut alami dan membuat rambut lebih lembut.

  • Campurkan air beras dengan minyak esensial (rosemary, lavender, atau chamomile).
  • Keramas dengan shampoo, lalu bilas bersih.
  • Tuangkan air beras, diamkan selama 5-10 menit sambil pijat kulit kepala.
  • Bilas bersih.

9. Pakai Vitamin Rambut.

Cara Memperbaiki Rambut Rusak Cara mengatasi rambut rusak tak cukup hanya memakai shampoo dan conditioner saja. Kamu tetap harus memberi nutrisi ekstra. Hal ini bisa didapat dari serum atau vitamin rambut. Coba vitamin rambut yang berbentuk spray, karena partikelnya lebih mudah diserap untuk rambut.

10. Hindari Produk Berbahan Alkohol Tinggi.

Cara Memperbaiki Rambut Rusak Alkohol dalam kadar normal pada produk rambut adalah hal wajar. Namun, pastikan kamu memang menggunakan produk khusus rambut dan cek kadar alkoholnya. Kadar alkohol yang tinggi memang bisa bikin rambut menjadi kering.

Hindari menggunakan produk yang memang tidak dirancang untuk rambut, seperti parfum atau body mist. Kadar alkoholnya tergolong normal untuk kulit, tapi bisa jadi terlalu tinggi untuk rambut.

11. Konsumsi Suplemen Biotin.

Cara Memperbaiki Rambut Rusak Salah satu vitamin yang dapat mendukung pertumbuhan rambut adalah Vitamin H, atau yang dikenal juga dengan nama Biotin. Kamu sebenarnya bisa mendapat asupan Biotin alami dari makanan dengan protein tinggi seperti putih telur, kacang badam (almond), kacang hijau, gandum utuh, hingga pisang.

Namun, ada beberapa kondisi ketika tubuh sangat kekurangan Biotin, jadi kamu bisa mengonsumsinya melalui suplemen. Tentu saja, konsultasikan hal ini terlebih dahulu pada dokter spesialis ya.

12. Masker Rambut Alami Khusus Rambut Rusak.

Cara Memperbaiki Rambut Rusak Selain conditioner, masker rambut bisa menjadi cara merawat rambut rusak yang wajib kamu masukkan dalam hair care routine kamu. Coba deh, lakukan minimal 1 minggu sekali. Jika sudah mulai konsisten, kamu bisa menaikkannya menjadi 2 kali seminggu.

Ada beberapa resep masker alami untuk rambut rusak yang bisa dicoba menggunakan bahan-bahan dapur.

Masker Pisang dan Minyak Almond.

  • Hancurkan 1 buah pisang dan campurkan dengan 1 sdt minyak almond.
  • Aplikasikan merata pada rambut, diamkan selama 15-20 menit.
  • Bilas bersih dan keramas seperti biasa.

Santan Kelapa.

Cara Memperbaiki Rambut Rusak Santan kelapa kaya akan protein yang bisa mengembalikan keratin pada rambut rusak dan menguatkan kutikula rambut.

  • Campurkan 60 ml santan kelapa atau sekitar 4 sdm santan kelapa dan 1 butir telur (ambil putihnya saja).
  • Oleskan masker pada rambut.
  • Diamkan selama 10-15 menit, bilas dengan air hingga bersih.

Alpukat.

  • Hancurkan 1 buah alpukat kecil, campur dengan setengah cangkir susu dan 1 sdm minyak almond.
  • Aduk rata dan ratakan pada rambut.
  • Diamkan 15 menit, lalu bilas dan keramas hingga bersih.

Lidah Buaya.

Cara Memperbaiki Rambut Rusak Lidah buaya punya kandungan allantoin, sebagai anti-inflamasi, antioksidan, vitamin C, vitamin E, dan Lignin, yaitu zat yang menembus hingga ke dalam batang untuk menahan kadar air dan mencegah dehidrasi. Efeknya, rambut menjadi lebih ringan, bervolume, dan fluffy.

  • Sediakan 1 batang lidah buaya dan ambil bagian dagingnya (atau bisa langsung menggunakan gel lidah buaya).
  • Oleskan gel ke seluruh rambut.
  • Diamkan selama 10-15 menit hingga meresap.
  • Bilas bersih lalu keramas dengan shampoo.

13. Gunakan Hot Oil Treatment.

Cara Memperbaiki Rambut Rusak Rasa hangat dari minyak dapat membantu membuka kutikula agar nutrisi minyak lebih meresap sempurna. Selain itu kehangatannya bisa membantu kulit kepala lebih rileks, memperlancar peredaran darah pada kulit kepala, melembapkan rambut yang kering. cara

Salah satu keuntungan menggunakan hot oil treatment sebagai cara memperbaiki rambut rusak parah adalah bisa dilakukan di rumah! Coba ikuti langkah-langkahnya di video berikut dengan menggunakan minyak zaitun, minyak argan, atau minyak marula.

14. Perbaiki Diet.
14 Cara Memperbaiki Rambut Rusak Tanpa Harus ke Salon

Cara Memperbaiki Rambut Rusak Semua perawatan sudah kamu lakukan tapi rambut tetap rusak? Coba perhatikan asupan makananmu.

Salah satu cara memperbaiki rambut rusak dan rontok adalah dari dalam, yaitu asupan nutrisi. Selain porsi dan komposisi seimbang, beberapa nutrisi wajib yang ada dalam menu makananmu. Kamu membutuhkan zinc, asam lemak omega 3, dan juga protein yang cukup untuk membantu regenerasi sel dan juga menutrisi kulit kepala.

Jika kamu sedang dalam weight loss program, pastikan kamu tetap makan di atas kebutuhan BMR (Basal Metabolic Rate) kamu. Hindari makan dalam porsi yang terlalu sedikit atau terlalu minim protein. Pastikan komposisinya terpenuhi dengan seimbang: ada karbo, protein, lemak, dan juga serat.

Perawatan rambut rusak ini dapat jadi panduanmu untuk mendapatkan rambut sehat. Sisanya butuh konsistensi dan kedisiplinan diri. Jika masalah rambut rusak masih berlanjut, jangan ragu untuk menghubungi dokter ya.

By Admin