12 Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami yang Dapat Digunakan, Coba Konsumsi Jeruk dan Ceri

BERITA MILLENIAL Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami Pastikan jaga kebersihan mulut dan gigi serta cukup minum air putih Bau mulut bisa sangat mengganggu dan merusak rasa percaya diri, terutama ketika mengobrol dengan orang lain.

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami American Dental Associations menyebutkan, ternyata, sebanyak 50% orang dewasa pernah mengalami hal ini, lho! Bau mulut berasal dari bakteri yang bersarang di dalam mulut. Bakteri ini datang dari berbagai hal, seperti sisa makanan yang tertinggal di gigi, konsumsi makanan berbau menyengat hingga kebiasaan merokok.

Dalam Journal of Natural Science, Biology, and Medicine, kesehatan gigi dan mulut yang buruk menjadi penyebab umum bau mulut. Jika Moms tidak menyikat gigi dengan benar, bakteri akan terus tumbuh di dalam mulut. Penumpukan bakteri itulah disebut plak gigi, yang menghasilkan bau busuk hingga pembusukan gigi.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh sisa makanan yang tertinggal maupun makanan berbau menyengat seperti bawang. Karena, pencernaan akan melepaskan senyawa sulfur ke dalam aliran darah. Ketika darah mencapai paru-paru, hal itu akan memengaruhi bau napas. Apa saja penyebab lain dari bau mulut yang tidak sedap? Berikut ini adalah penjelasannya. Semoga bermanfaat, ya, Moms!
12 Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami yang Dapat Digunakan, Coba Konsumsi Jeruk dan Ceri

Penyebab Bau Mulut

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami Bau mulut atau yang juga disebut dengan halitosis, biasanya ditandai dengan bau tak sedap yang muncul dari mulut. Hal ini tentu membuat kita tidak percaya diri, ya, Moms. Selain yang sudah dijelaskan sebelumnya, berikut ini faktor lain penyebab bau mulut yang dilansir melalui Mayo Clinic.

1. Makanan

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami Pemecahan partikel makanan di dalam dan sekitar gigi ternyata dapat meningkatkan bakteri dan menyebabkan bau tak sedap, lho, Moms!

Makan makanan tertentu juga bisa memperparah bau mulut, seperti:

  • Bawang bombay
  • Bawang putih

Ini dikarenakan, setelah mencerna makanan ini, mereka memasuki aliran darah, dibawa ke paru-paru, dan memengaruhi napas. Hasilnya, tentu saja bau mulut yang tidak sedap.

2. Produk Tembakau

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami Tidak hanya buruk bagi kesehatan, merokok juga bisa menjadi penyebab terjadinya bau mulut yang tidak sedap.

Mengutip Journal of Natural Science, Biology, and Medicine, merokok dapat menyebabkan mulut kering, sehingga menyebabkan bau mulut.

Tidak hanya itu, perokok juga beresiko lebih besar mengalami sakit area mulut, seperti:

  • Pembengkakan gusi
  • Iritasi lidah

Karang gigi

3. Infeksi dalam Mulut
12 Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami yang Dapat Digunakan, Coba Konsumsi Jeruk dan Ceri

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami Bau mulut juga bisa disebabkan oleh infeksi di dalam mulut, misalnya luka operasi setelah operasi mulut, seperti:

    • Pencabutan gigi
    • Akibat kerusakan gigi

Penyakit gusi

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami Selain itu, bisa juga berasal dari batu kecil yang terbentuk di amandel dan ditutupi oleh bakteri yang menghasilkan bau mulut. Infeksi atau peradangan kronis pada hidung, sinus, atau tenggorokan, yang dapat menyebabkan postnasal drip, juga dapat menyebabkan bau mulut.

4. Obat-obatan

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami Moms baru saja mendapatkan pengobatan dan mengonsumsi obat-obatan tertentu? Ini juga bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut, lho! Beberapa obat secara tidak langsung dapat menyebabkan mulut kering dan jadi mengeluarkan bau. Sedangkan obat-obatan lain yang dapat diuraikan di dalam tubuh, akan melepaskan bahan kimia yang dapat terbawa pada napas.

5. Penyebab Lainnya

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami Macam-macam penyakit, seperti beberapa jenis kanker dan kondisi seperti gangguan metabolisme, juga dapat menyebabkan bau nafas yang khas. Refluks asam lambung kronis (penyakit gastroesophageal reflux, atau GERD) dapat dikaitkan dengan bau mulut. GERD biasanya membuat seseorang mudah sendawa dan mengeluarkan bau mulut tak sedam. Ini dikarenakan kondisi asam yang juga terjadi disekitar mulut. Sedangkan bau mulut pada anak kecil biasanya disebabkan oleh benda asing, seperti sepotong makanan yang terselip di gigi dan tidak dibersihkan dengan baik. Kalau sudah begini, jangan dibiarkan ya, Moms! Selain bau mulut, ini juga dapat menyebabkan kerusakan gigi anak.

Cara Mengatasi Bau Mulut

1. Rutin Sikat Gigi dan Berkumur

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami Jika bau mulut tidak sedap disebabkan karena penumpukan plak, maka cara mengatasi bau mulut adalah menerapkan perawatan gigi dan mulut yang tepat. Sikat gigi setidaknya 2 kali setiap hari dan gunakan dental floss satu kali setiap harinya. Moms juga bisa menggunakan obat kumur untuk menjaga aroma mulut. American Academy of Pediatric Dentistry merekomendasikan wanita hamil menggunakan obat kumur bebas fluoride alkohol setiap harinya.

2. Rutin ke Dokter Gigi

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami Untuk lebih dini mengetahui masalah pada kesehatan gigi dan mulut, penting untuk rutin mengunjungi dokter gigi. Termasuk juga untuk ibu hamil. Karena apabila terjadi masalah pada gigi dan mulut Moms, maka bisa berdampak bahaya pada kehamilan. “Ibu hamil sebenarnya wajib untuk kontrol juga ke dokter gigi. Faktanya, tindakan seperti rontgen, pembersihan rutin, perawatan saluran akar aman dilakukan selama kehamilan,” ungkap Dr. David Leader, dokter gigi dari Tufts University School of Medicine.

Sederhananya, membersihkan karang gigi bisa dilakukan sebagai pencegahan untuk masalah gigi lainnya.

3. Hindari Jenis Makanan Tertentu

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami Dilansir dari WebMD, sebaiknya Moms hindari jenis makanan dengan bau menyengat yang berisiko sebabkan bau badan dan bau mulut. “Zat-zat yang menyebabkan bau menyengat membuat mereka masuk ke aliran darah hingga ke paru-paru. Hal ini membuat bau mulut menjadi tidak sedap,” ujar Richard Price, juru bicara dari American Dental Association. Ada ramuan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut di rumah. Ramuan alami ini bisa digunakan jika menjaga kebersihan gigi tak cukup mengatasi bau mulut. Yuk, cari tahu bagaimana cara mengatasi bau mulut dengan bahan alami yang bisa dilakukan berikut ini!

4. Cukup Minum Air Putih

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami Bau mulut yang tidak sedap bisa karena Moms mengalami morning sickness. Gejala utama morning sickness adalah mual dan muntah. The Saudi Journal for Dental Research mengungkapkan, muntah bisa menyebabkan terciptanya lingkungan yang asam di mulut dan terjadinya demineralisasi gigi. Hal ini yang rentan sebabkan pembusukan pada gigi dan menimbulkan bau mulut tidak sedap. Salah satu cara efektif untuk mengatasi bau mulut adalah lebih banyak minum. Minum banyak air juga dapat mencegah dehidrasi dan menyingkirkan bakteri di mulut. Air juga membantu memastikan nutrisi penting diangkut untuk memenuhi kebutuhan perkembangan bayi yang sedang tumbuh. Selain itu, air mampu menjaga tingkat cairan ketuban dan membantu fungsi ginjal.

5. Jus Nanas

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami Banyak orang percaya bahwa jus nanas adalah ramuan alami yang paling efektif mengatasi bau mulut. Namun, belum ada dukungan ilmiah yang kuat terkait jus nanas untuk mengatasi bau mulut. Meskipun begitu, minum jus nanas atau mengunyah irisan nanas setiap makan selama 1-2 menit bisa mengusir bau mulut. Jangan lupa untuk membilas mulut dengan gula setelah makan atau minum jus nanas.

6. Yoghurt

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami Yoghurt mengandung bakteri sehat yang disebut lactobacillus. Bakteri sehat ini dapat membantu memerangi bakteri jahat di tubuh, seperti usus. Penelitian menunjukkan bahwa yoghurt juga bisa membantu mengurangi bau mulut. International Association for Dental Research menemukan, setelah 6 minggu mengonsumsi yoghurt, 80% partisipan mampu mengurangi bau mulutnya. Probiotik dalam yoghurt efektif dalam mengurangi keparahan bau mulut. Cara menggunakannya, cukup mengonsumsi seporsi yoghurt tawar tanpa lemak per hari.

7. Teh Hijau

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami Teh hijau adalah obat rumahan yang efektif untuk mengatasi bau mulut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh hijau memiliki sifat desinfektan dan penghilang bau yang menyegarkan napas. Mint juga memiliki efek serupa, jadi secangkir teh mint hijau bisa menjadi penyegar napas yang ideal. Caranya, seduh 2 cangkir teh hijau sebelum tidur dan dinginkan semalaman. Tuangkan teh hijau yang sudah dingin ke dalam botol air dan bawa ke kantor. Minumlah perlahan-lahan sepanjang hari.

8. Jeruk

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami Jeruk juga memiliki manfaat dalam mengatasi bau mulut, selain menambah asupan vitamin C. Banyak orang memiliki bau mulut karena tidak menghasilkan air liur cukup untuk membersihkan bakteri busuk. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dalam jeruk itulah yang membantu meningkatkan produksi air liur dan membantu menghilangkan bau mulut.

9. Cengkeh

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami Melansir dari Asia Pacific Journal of Tropical Biomedicine, cengkeh kaya akan eugenol, yakni antibakteri kuat. Cukup masukkan satu cengkeh ke dalam mulut dan gosok dengan gigi. Minyak aromatik yang menyengat bisa meresap ke mulut dan mengatasi bau napas. Tapi, jangan gunakan minyak dan bubuk cengkeh untuk mengatasi bau mulut. Karena 2 bahan alami tersebut bersifat sangat kuat dan bisa menyebabkan luka bakar.

10. Kayu Manis

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami Kayu manis bermanfaat untuk memberikan aroma sedap pada makanan dan minuman. Ternyata, kayu manis juga bisa mengatasi bau mulut. Caranya, cukup mengisap batang kayu manis seperti cengkeh untuk menghilangkan bau napas. Karena, kayu manis memiliki sifat antiseptik yang kuat.

11. Peterseli dan Basil

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami Peterseli dan basil bisa membantu mengatasi bau mulut akibat bawang putih. Polifenol dalam makanan ini bisa memecah senyawa sulfur dalam bawang putih. Moms bisa mengonsumsi ramuan ini secara terpisah dari bawang putih untuk mendapatkan manfaat polifenolnya.

12. Ceri dan Selada

 

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Bahan Alami Menurut ahli gizi David Grotto, ceri dan selada juga bisa mengatasi masalah bau mulut. Penelitian telah menunjukkan bahwa kedua makanan ini membantu menghilangkan bau metil mercaptan dan bau busuk lainnya yang disebabkan bakteri di mulut. Itu dia Moms, penyebab bau mulut, cara mengatasi, hingga bahan alami dan makanan yang dapat membantu mengurangi napas yang berbau kurang sedap. Semoga jika mengalami bau mulut bisa segera teratasi, ya Moms!

By Admin