7 Gangguan Kesehatan Ini Rentan Dialami Orang dengan Sindrom Down

BERITA MILLENIAL Gangguan Kesehatan Ini Rentan Dialami Orang Normalnya, manusia dilahirkan dengan 46 kromosom di dalam selnya. Namun, orang dengan Down syndrome atau sindrom Down lahir dengan 47 kromosom. Kelebihan kromosom ini memengaruhi cara orang tersebut berkembang, baik secara fisik maupun kognitif. Ini juga terkait dengan beberapa kondisi kesehatan lainnya.

Sama seperti perokok yang tidak dijamin akan terkena kanker paru-paru, tidak setiap orang dengan Down syndrome juga akan mengalami komplikasi kesehatan lainnya. Ada banyak anak-anak dan orang dewasa dengan down syndrome yang akhirnya tidak mengalami penyakit penyerta ini.

Namun, penting bagi siapa pun yang merawat orang dengan Down syndrome untuk mengetahui kecenderungan mereka dan mengunjungi dokter secara teratur guna mengetahui dan mengatasi setiap masalah yang berkembang. Mengambil sikap proaktif seperti ini dapat membantu memastikan individu dengan Down syndrome menjalani kehidupan yang sehat dan memuaskan.

Berikut ini kita akan membahas apa saja masalah kesehatan umum yang dapat terjadi pada orang dengan Down syndrome.
7 Gangguan Kesehatan Ini Rentan Dialami Orang dengan Sindrom Down

1. Cacat jantung

Gangguan Kesehatan Ini Rentan Dialami Orang  Masalah kesehatan utama yang dialami orang dengan sindrom Down adalah terlahir dengan kelainan jantung. Menurut laporan Down Syndrome Education International, sekitar 47 persen orang dengan Down syndrome dilahirkan dengan kelainan jantung. Tingkat keparahan kecacatan dapat bervariasi, mulai dari lubang kecil yang sembuh sendiri seiring waktu atau sesuatu yang lebih serius yang memerlukan operasi jantung terbuka. Cacat jantung sangat umum sehingga setiap bayi yang lahir dengan sindrom Down biasanya akan diperiksa untuk mengetahui apakah memiliki kondisi ini.

2. Penyakit Alzheimer

Gangguan Kesehatan Ini Rentan Dialami Orang  Kromosom ekstra yang ada pada orang dengan sindrom Down dapat mengubah cara sel-sel otak berfungsi. Ini selanjutnya membuat orang dengan kondisi ini berisiko lebih tinggi terkena penyakit Alzheimer. National Institute on Aging memperkirakan bahwa sekitar setengah dari orang dengan sindrom Down mengalami demensia seiring bertambahnya usia, biasanya saat usia 50-an dan 60-an. Tanda-tanda Alzheimer biasanya meliputi kehilangan ingatan dan perubahan kepribadian, seperti penurunan minat pada aktivitas biasa dan lebih banyak agresi atau kecemasan.

3. Masalah pendengaran

Gangguan Kesehatan Ini Rentan Dialami Orang  Diterangkan laman Down’s Syndrome Association, sebanyak 80 persen anak dengan sindrom Down akan mengalami gangguan pendengaran, yang bisa terjadi akibat penyakit telinga atau kelebihan kotoran telinga. Ini karena secara anatomi, telinga orang dengan sindrom Down berkembang sedikit berbeda. Kesulitan mendengar dengan baik dapat mempersulit anak-anak dengan sindrom Down untuk belajar. Orang dewasa dengan sindrom Down juga dapat mengalami gangguan pendengaran dan harus memeriksakan pendengarannya setiap tahun.

4. Gangguan tidur
7 Gangguan Kesehatan Ini Rentan Dialami Orang dengan Sindrom Down

Gangguan Kesehatan Ini Rentan Dialami Orang  Banyak anak dengan sindrom Down mengalami gangguan pola tidur dan sering mengalami apnea tidur obstruktif. National Institutes of Health merekomendasikan studi di laboratorium khusus untuk mendeteksi masalah dan menentukan solusi yang memungkinkan.

Misalnya, mungkin diperlukan prosedur pengangkatan amandel atau menggunakan perangkat untuk menciptakan aliran udara selama tidur. Harapannya, ini dapat membantu anak dengan sindrom Down mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

5. Hipotiroidisme

Gangguan Kesehatan Ini Rentan Dialami Orang  adalah kondisi saat tiroid memproduksi sedikit atau tidak memproduksi hormon tiroid. Kondisi ini lebih banyak dialami oleh anak-anak dengan sindrom Down daripada anak-anak tanpanya, menurut National Institutes of Health.

Masalah tiroid ini mungkin ada sejak lahir atau berkembang di kemudian hari, sehingga penyedia layanan kesehatan merekomendasikan pemeriksaan tiroid saat lahir, pada usia 6 bulan, dan setiap tahun sepanjang hidup. Mengonsumsi obat sepanjang hidup sering kali berhasil mengobati hipotiroidisme.

6. Masalah penglihatan

Gangguan Kesehatan Ini Rentan Dialami Orang  Menurut National Down Syndrome Society, lebih dari separuh orang dengan sindrom Down akan mengalami penyakit mata, dan masalahnya dapat berkisar dari masalah saluran air mata hingga katarak usia dini. Karenanya, banyak orang dengan sindrom Down membutuhkan kacamata.

Anak-anak dengan sindrom Down harus menjalani pemeriksaan mata dalam enam bulan pertama kehidupan. Setelah itu, mereka tetap perlu menjalani pemeriksaan mata setiap satu atau dua tahun sekali.

7. Kelainan darah
7 Gangguan Kesehatan Ini Rentan Dialami Orang dengan Sindrom Down

Gangguan Kesehatan Ini Rentan Dialami Orang  Anak-anak dengan sindrom Down lebih mungkin mengembangkan leukemia atau kanker sel darah putih dibandingkan anak-anak lain, menurut National Institutes of Health. Anak-anak penderita leukemia harus menerima pengobatan kanker yang sesuai, yang mungkin termasuk kemoterapi. Mereka yang memiliki sindrom Down juga lebih mungkin mengalami anemia dan polisitemia, di antara kelainan darah lainnya. Ini adalah kondisi yang memerlukan perawatan dan pemantauan rutin.

Itulah beberapa gangguan kesehatan yang rentan dialami orang dengan sindrom Down. Tidak semua orang dengan sindrom Down akan memiliki masalah kesehatan tersebut, tetapi mereka lebih mungkin mengalaminya daripada orang tanpa sindrom Down. Jadi, yang terbaik adalah melakukan pemeriksaan rutin untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

By Admin