12 Cara Mengatasi HP Android yang Lemot dengan Mudah

BERITA MILLENIAL Cara Mengatasi HP Android yang Lemot Smartphone Android yang sudah berusia lama tak jarang mengalami penurunan performa sehingga terkadang ponsel menjadi lemot saat digunakan. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena artikel ini memuat cara mengatasi HP Android yang lemot dengan mudah.
12 Cara Mengatasi HP Android yang Lemot dengan Mudah

1. Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Dipakai

Cara Mengatasi HP Android yang Lemot Bloatware atau aplikasi bawaan sering kali hanya memenuhi memori penyimpanan HP saja, sedangkan kita tidak pernah menggunakannya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menonaktifkan aplikasi bawaan yang dirasa tidak pernah digunakan sehari-hari.

Oleh karena bloatware tidak bisa di-uninstall, maka Anda hanya bisa menonaktifkan atau disable app. Cara untuk melakukannya cukup mudah, masuk ke halaman Settings atau Pengaturan > Apps atau Aplikasi, lalu pilih nonaktifkan atau disable aplikasi bawaan yang dimaksud.

2. Bersihkan Cache

Cara Mengatasi HP Android yang Lemot Membersihkan cache adalah salah satu cara mengatasi HP Android yang lemot. Penyebab HP lemot itu sendiri dikarenakan jumlah cache yang menumpuk. Maka dari itu, bersihkanlah cache secara berkala.

Jika ingin menghapus cache pada ponsel Android, Anda bisa menggunakan fitur Files dari shoppingmode Google, yang mana aplikasi itu dapat dimanfaatkan untuk menghapus cache, file, atau aplikasi yang jarang digunakan.

3. Restart HP secara Berkala

Cara Mengatasi HP Android yang Lemot Cara yang ketiga yaitu dengan me-restart ponsel Anda. Lakukanlah cara ini sebanyak satu kali dalam seminggu. Metode ini dapat menghapus beberapa cache dan me-refresh HP Android Anda.

4. Jangan Gunakan Live Wallpaper
12 Cara Mengatasi HP Android yang Lemot dengan Mudah

Cara Mengatasi HP Android yang Lemot Fitur live wallpaper akan menguras performa ponsel Anda karena aplikasi ini terus berjalan meskipun ponsel dalam keadaan sedang tidak dioperasikan. Untuk itu, hindarilah penggunaan fitur ini agar HP tidak berjalan lamban.

5. Hapus Fitur Widgets

Cara Mengatasi HP Android yang Lemot Fitur widgets yang aktif akan menguras RAM dan CPU sehingga ponsel akan menjadi lemot. Jika HP Anda melamban, hapus widgets yang sedang aktif.

6. Jangan Aktifkan Fitur ‘always-on display’

Cara Mengatasi HP Android yang Lemot Fitur always-on display dapat memakan kapasitas baterai yang ada karena fungsinya itu sendiri adalah untuk menampilkan segala informasi hingga notifikasi yang masuk ke HP Anda. Nonaktifkan fitur ini guna mengurangi penggunaan baterai dan mencegah ponsel melamban.

7. Matikan Bluetooth

Cara Mengatasi HP Android yang Lemot Matikan fitur Bluetooth jika sedang tidak digunakan untuk kepentingan yang krusial. Jika fitur ini dibiarkan tetap menyala, akan menguras baterai dan membuat performa ponsel jadi lambat.

8. Optimalkan Kinerja Baterai Ponsel

Cara Mengatasi HP Android yang Lemot Ponsel yang menyala dengan berbagai aplikasi yang aktif akan menguras penggunaan baterai dan CPU terus bekerja keras. Untuk itu, nonaktifkan aplikasi yang tidak atau jarang digunakan dengan mengubah ke mode Force Stop pada aplikasi yang dimaksud.

9. Pasang Custom ROM

Cara Mengatasi HP Android yang Lemot Dengan memasang ROM yang di-customize, ponsel Anda akan menerima update software. Cara ini akan sangat bermanfaat terutama untuk HP yang sudah lawas.

10. Update HP secara Berkala

Cara Mengatasi HP Android yang Lemot Cara yang satu ini cukup esensial mengingat pembaruan pada sistem operasi secara berkala dapat mengatasi ponsel yang melamban. Anda dapat melakukan update OS dengan cara pilih menu Settings > About Phone > System Update, kemudian ikuti langkah-langkahnya hingga ponsel berhasil di-update.

11. Gunakan Aplikasi dengan Versi Lite

Cara Mengatasi HP Android yang Lemot Aplikasi versi lite memiliki kapasitas dan memakan memori lebih sedikit, sehingga akan mengurangi kinerja mesin atau CPU pada ponsel. Meskipun tidak semua aplikasi menyediakan versi ini, alangkah lebih baiknya dengan memanfaatkan yang ada untuk menggunakan versi lite.

12. Factory Reset
12 Cara Mengatasi HP Android yang Lemot dengan Mudah

Cara Mengatasi HP Android yang Lemot Langkah atau cara mengatasi HP Android yang lemot paling terakhir yaitu dengan melakukan factory reset. Factory reset adalah pengaturan ulang pabrik yang diartikan sebagai cara untuk mengembalikan ponsel ke kondisi awal saat pertama kali dibeli. Namun, dengan melakukan langkah ini, semua data dan aplikasi yang terpasang akan hilang.

By Admin