13 Cara Menghilangkan Kutu Rambut yang Ampuh!

Cara Menghilangkan Kutu Rambut yang Ampuh Punya masalah kutu rambut tentu sangat menjengkelkan. Meski biasanya hal ini lebih sering dialami anak kecil, orang dewasa juga bisa ‘tertular’ kutu rambut. Selain memengaruhi kesehatan kulit kepala, rasa gatal akibat kutu juga bisa menyebabkan iritasi dan infeksi. Karena itu, simak deretan cara menghilangkan kutu rambut yang sudah kami rangkum. Baca juga efek buruk yang dihasilkan kutu rambut di artikel ini.
13 Cara Menghilangkan Kutu Rambut yang Ampuh!

Apa itu Kutu Rambut?

Kutu rambut adalah serangga atau parasit yang biasa ditemukan di kulit kepala dan bisa berkembang biak dengan cepat. Kutu rambut yang punya nama ‘resmi’ Pediculus humanus capitis ini akan menghasilkan telur-telur yang akan menempel pada batang rambut. Parasit yang menghisap darah di kulit kepala ini juga bisa bertahan hidup selama beberapa minggu.

Apakah Kutu Rambut Berbahaya?

Cara Menghilangkan Kutu Rambut yang Ampuh Meski umumnya dialami anak-anak, orang dewasa juga bisa terkena kutu rambut karena penularan. Jadi, bukan berarti orang yang mengalami masalah kutu rambut adalah orang yang jorok dan jarang keramas!

Jangan hanya didiamkan dan berharap kutu rambut hilang dengan sendirinya. Ada beberapa bahaya kutu rambut yang perlu kamu waspadai.

  1. Bisa menyebar ke orang lain. Seperti halnya penyakit menular, kutu rambut bisa berpindah dari kepala ke kepala lainnya dengan kontak fisik. Misalnya, kamu yang tidur di kasur yang sama dengan orang yang terkena kutu rambut.
  2. Tidur menjadi terganggu. Ternyata kutu rambut sangat aktif bergerak di malam hari! Kutu rambut bisa mengganggu kualitas tidurmu jika terus dibiarkan.
  3. Kulit kepala gatal. Bahaya kutu rambut yang perlu diwaspadai lainnya adalah rasa gatal pada kulit kepala. Hal ini karena kemampuan kutu rambut dalam menghisap darah di kulit kepalamu.
  4. Infeksi kulit kepala. Jika kutu rambut semakin menjadi-jadi dan berkembang biak di kepalamu, maka kemungkinan akan terjadi infeksi. Rasa gatal yang terus-menerus dirasakan akan memicu tangan untuk menggaruk kulit kepala, sehingga kulit kepala mengelupas, luka dan infeksi.

Ciri-Ciri Terkena Kutu Rambut.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut yang Ampuh Kepala terasa gatal tapi tak ada serpihan ketombe? Jangan keburu parno, bukan berarti ada kutu rambut di kepalamu. Simak dulu ciri-ciri kalau seseorang terkena kutu rambut berikut.

  • Ada rasa gatal berlebih pada kulit kepala.
  • Muncul telur kutu yang menempel di bagian batang rambut (biasanya bentuknya seperti biji strawberry).
  • Sering merasa ada sesuatu yang menjalar atau bergerak di permukaan kulit kepala.

Munculnya kemerahan dan benjolan kecil berwarna merah pada kulit kepala dan leher.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut yang Ampuh Menemukan kutu di kepalamu atau anggota keluargamu? Berikut cara menghilangkan kutu rambut yang bisa kamu coba. Baca terus sampai habis, ya!

1. Pakai Sisir Kutu.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut yang Ampuh Yes, cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kutu rambut membandel adalah menggunakan sisir kutu atau sisir serit. Jenis sisir bergigi rapat, tipis, dan keras yang satu ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko online atau toko yang menjual aksesori rambut wanita.

Cara pakainya tak jauh beda dari sisir biasa. Basahi dulu rambutmu dan rapikan dengan sisir agar rambutmu tidak kusut. Gunakan sisir sedekat mungkin dengan kulit kepala, karena biasanya banyak kutu rambut yang baru berkembang di dekat akar.

Sisir dari akar hingga ke ujung rambut dengan teliti. Bersihkan sisir kutu, dan lanjutkan ke helaian bagian rambut lainnya.

2. Gunakan Shampoo Khusus.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut yang Ampuh Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan shampoo khusus kutu rambut yang mengandung Permethrin. Nah, buat kamu yang belum tahu, permethrin merupakan bahan pestisida aktif pembasmi kutu rambut yang umumnya dijual bebas. Zat ini dipercaya mampu menghilangkan kutu rambut yang baru menetas dalam waktu beberapa hari setelah penggunaan.

Untuk shampoo khusus kutu rambut, saran dari kami, gunakan sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam aturan pemakaian yang terdapat dalam kemasan ya.

3. Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Garam.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut yang Ampuh Cara alami lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kutu adalah dengan garam dapur. Pasalnya, garam dapur dapat menjadi antiseptik alami untuk membasmi kutu kepala.

Kamu juga bisa mencampurkannya dengan cuka untuk mengurangi kelembapan di kulit kepala sebagai cara mengusir kutu rambut. Cara menghilangkan kutu rambut dengan garam cukup mudah, berikut caranya;

  • Siapkan 3 sdm garam, 2 sdm cuka, dan 100ml air, lalu campurkan ke dalam wadah.
  • Masukkan larutan tersebut ke dalam botol spray dan semprot ke rambut.
  • Bungkus dengan shower cap. Biarkan larutan meresap selama 2 jam, lalu bilas bersih.

4. Manfaatkan Alkohol.
13 Cara Menghilangkan Kutu Rambut yang Ampuh!

Cara Menghilangkan Kutu Rambut yang Ampuh Tahukah kamu kalau ternyata alkohol juga bisa menjadi cara mengatasi kutu rambut yang cepat dan ampuh. Kamu bisa menggunakan benzyl alcohol dengan kandungan 5% untuk menghilangkan kutu rambut. Namun, karena alkohol sifatnya keras, sebaiknya kamu tidak menggunakannya untuk anak-anak dan orang dengan usia di atas 60 tahun.

Cara membuatnya;

  • Kamu bisa mencampurkan 5-6 sdm alkohol dengan baby oil atau cuka sebanyak 3 sdm.
  • Aplikasikan ke kulit kepala dan batang rambut hingga merata.
  • Bungkus kepala dengan shower cap.
  • Diamkan selama 1,5 jam, lalu bilas dengan air dan shampoo.

Jangan lupa juga saat membilasnya dengan shampoo, imbangi dengan pemakaian conditioner yang sifatnya melembutkan dan menutrisi rambut

 

By Admin