Makin Cinta Diri Sendiri dengan 12 Cara Ini

Makin Cinta Diri Sendiri Artikel ini akan membantumu memahami lebih jauh tentang tips, afirmasi positif, dan cara mencintai diri sendiri. Bagaimana self-love bisa memberikan cara pandang baru untuk mencintai dan dicintai.

Hal terpenting, kamu pada akhirnya percaya dengan diri sendiri saat merasa dunia memberitahu hal yang sebaliknya.
Makin Cinta Diri Sendiri dengan 12 Cara Ini

12 Tips Mencintai Diri Sendiri

1.Beri perhatian pada inner self-mu

Makin Cinta Diri Sendiri Kamu perlu lebih perhatian menjalani self-care. Memperhatikan diri sendiri dengan refleksi diri, kontemplasi, dan merenungi hal-hal yang kamu alami dalam sunyi.

Lakukan setidaknya setiap beberapa menit setiap hari untuk menjalin hubungan dengan inner-self. Kamu akan belajar untuk mengapresiasi dan menikmatinya.

2.Hadapi rintangan dan pertentangan dengan tenang

Makin Cinta Diri Sendiri Kebanyakan orang tidak menyukai jika berhadapan dengan kelemahan dan ketidaksempurnaan. Mereka ingin melawan semua kelemahan yang bisa mengancam dan membuatnya tampak tidak berdaya.

Faktanya sebagai manusia, kamu bisa saja mengalami insecure dan cemas. Ini bisa saja akibat masa lalu yang belum sepenuhnya sembuh. Kamu perlu membebaskan diri dari perasaan negatif itu jika mau. Misalnya melalui metode terapi, support group, hingga olahraga, pemijatan, atau mind-body program.

3.Menyembuhkan “luka lama”

Makin Cinta Diri Sendiri dengan 12 Cara Ini

Makin Cinta Diri Sendiri Kamu juga perlu menyembuhkan luka lama agar tidak lagi tenggelam dalam kesedihan atau kekecewaan masa lalu. Carilah bantuan jika perlu. Pilih terapis yang ahli dan kamu percaya ia akan membantumu.

Kamu juga bisa berbagi cerita pada orang yang peduli dan mau bersimpati sepenuhnya dengan kondisimu. Apa pun sarannya, mulailah melakukan perubahan dan perbaikan diri agar luka segera hilang berganti dengan ketenangan.

4.Memaafkan yang terjadi di masa lalu

Makin Cinta Diri Sendiri Terimalah dirimu sendiri meski mengalami kesalahan yang membuatmu merasa sakit setiap kali mengingatnya. Sebaliknya, jangan terburu-buru memaafkan diri hanya karena ingin lari dari rasa sakit, terutama jika kamu sering bersikap abusive pada orang lain.

Jalani hidupmu dengan dasar yang tepat. Memaafkan masa lalu harus dimulai dengan penyesalan. Mengingat segala sakit dan dampak buruk dari kesalahan. Serta janji untuk tidak mengulanginya dan menjadi diri yang lebih baik. Bukan memaafkan diri atas kesalahan hanya karena ingin lari dari penyesalan dan derita orang lain.

5.Menerima keadaanmu saat ini

Makin Cinta Diri Sendiri Keadaan diri saat ini harus hadir dengan penuh kesadaran. Cintai keadaan saat ini dan terimalah bahwa kamu bukanlah orang yang sama seperti dulu.

Jadikan pengalaman dan kejadian buruk di masa lalu telah berakhir. Kini saatnya kamu move on dan menikmati keadaan saat sekarang sebaik mungkin.

6.Jalin hubungan yang membuatmu merasa dicintai dan diapresiasi

Makin Cinta Diri Sendiri Kamu harus memilih untuk bersama dengan orang-orang yang mencintai dengan cara yang sama denganmu. Kelilingi dirimu dengan mereka yang sejalan denganmu, meski mereka bukan keluarga atau teman dekat.

Kamu pun akan merasa lebih mengapresiasi dirimu. Serta menghargai jika ada perbedaan pandangan dengan orang lain.

7.Mencintai sesuai dengan cinta yang ingin kamu dapat

Makin Cinta Diri Sendiri Semakin kamu mencintai orang lain dengan cara ideal yang kamu ingin dapatkan, semakin mudah kamu menarik perhatian orang yang setipe denganmu.

8.Tak perlu perfeksionis

Makin Cinta Diri Sendiri Memahami bahwa tidak memaafkan diri adalah sikap yang terlalu keras pada diri sendiri. Segera peluk dirimu sendiri. Terimalah fakta bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Segala standar kesempurnaan yang kamu bangun itu tidak realistis.

9.Tidak membandingkan diri dengan orang lain

Makin Cinta Diri Sendiri Memahami bahwa bukanlah berat badanmu, warna rambutmu, bukan pula pakaian atau caramu berjalan yang membuatmu kurang menarik dibanding orang lain. Jalan menjadi cantik tak pernah satu arah.

Ada beragam pilihan untuk tetap cantik dan berkepribadian menarik. Cintai dirimu dengan merawat apa yang kamu miliki. Berhentilah membandingkan dengan orang lain, terutama seperti model kecantikan di majalah atau internet.

10.Bertanggung jawab dengan pilihanmu

Makin Cinta Diri Sendiri Kamu memiliki pilihan untuk melakukan apa yang kamu suka atau melanjutkan hidup di bawah angan-angan tinggi yang tidak realistis. Mencintai diri sendiri artinya kamu membuat hatimu bahagia dan melakukan hal-hal yang membahagiakan itu sesering mungkin. Lakukan apa yang kamu suka dan bertanggung jawab untuk melakukannya dengan kesadaran.

11.Tidak semua orang mencintaimu dan memang tidak harus begitu

Makin Cinta Diri Sendiri dengan 12 Cara Ini

Makin Cinta Diri Sendiri Jika kamu mencintai diri sendiri dan seseorang tidak menyukainya, itu adalah masalah mereka, bukan masalahmu. Jangan sampai perasaan negatif yang mereka miliki memberi dampak padamu. Terima setiap saran dan kritik orang lain, tapi tetaplah percaya diri bahwa kamu mampu.

12.Cintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain

Makin Cinta Diri Sendiri Kamu perlu merasa mampu mencintai dan pantas dicintai orang lain. Namun sebelumnya, lakukan hal itu terlebih dahulu pada diri sendiri.

By Admin